Perlakukan Motor di Masa Inreyen - Forum Gila Motor

Go Back   Forum Gila Motor > Gila Motor Lounge > Smart Biker

Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Old 12-21-2010, 11:45 AM   #1
cesar
GiLMot Geek
 
cesar's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 420
cesar akan menjadi terkenalcesar akan menjadi terkenal
Thumbs up Perlakukan Motor di Masa Inreyen

Motor baru memang lekat dengan masa Inreyen, atau istilah bahasa bule nye Break-in. Nah, pengertian inreyen atau break-in itu sendiri adalah masa awal pemakaian kendaraan yang masih sangat baru.

Pada masa inreyen dijelaskan pabrikan agar memperlakukan kendaraan dengan batasan-batasan tertentu alias nggak boleh langsung ngebut. Karena inreyen bertujuan agar mesin kendaraan mendapatkan proses penyesuaian sehingga gesekan komponen dalam mesin terhindar dari keausan karena gesekan, terutama pada bagian piston dan silindernya karena serbuk-sebuk logam sisa produksi.

Sekarang memang banyak yang mengatakan bahwa masalah inreyen tak perlu se-kaku yang diterapkan pabrikan, karena mesin jaman sekarang sudah dibuat jauh lebih presisi dibanding mesin-mesin jaman dulu.
Nah.. karena itu ada yang mengatakan bahwa dalam masa inreyen motor tak perlu takut lagi untuk langsung mengajak motornya berlari kencang tanpa perhitungan mesin di rpm tertentu.

Melihat hal itu, ada dua cara yang dilakukan pengendara dalam memperlakukan motor yang masih dalam masa inreyen. Proses pertama adalah yang mengikuti anjuran pabrikan.

Quote:
Dalam buku petunjuk penggunaan motor bagi pemilik, dijelaskan bahwa :

- Dalam rentang pemakaian 500 km pertama sebaiknya jangan menjalankan motor lebih dari 5000 rpm

- Jangan melaju dengan kecepatan konstan dalam jangka waktu yang lama, baik kecepatan tinggi maupun kecepatan rendah. Tujuannya, agar dalam pengendaraan kita melakukan perpindahan gigi sehingga seluruh transmisi terlumasi. Jika konstan, kecenderungannya satu posisi transmisi bekerja lebih keras dibandingkan yang lain.

- Hindari memutar pedal gas secara penuh secara dan mendadak, putarlah secara perlahan.

- Setelah melewati masa 500-1000 km, jalankan mesin jangan melebihi 7500 rpm hingga pemakaian diatas 1000 km.
Nah, kalau cara kedua yang yang ane comot dari cafemotor.com menjelaskan :

Pada masa-masa inreyen ini, motor baru memang tetap saja tidak boleh diberi beban berat. Misalkan saja, anda tidak boleh berboncengan dulu. Jangan pula bawa barang berat apalagi jika memang tidak perlu. Tapi urusan bawa motor, silahkan geber. Rem lalu geber lagi. Akselerasi-deselerasi-akselerasi. Demikian seterusnya.

Kebiasaan lama untuk mempertahankan motor pada kecepatan konstan sekian lama tidak diperlukan lagi. Tidak perlu memainkan gigi satu di putaran 20-30 km per jam, gigi 2 di 30-40, lalu gigi 3 di 40-50. Tidak perlu pula step-step dan jaga kecepatan semacam itu. Malah membahayakan kesehatan mesin karena bisa memicu over heating dan merontokkan mesin.
Para tuner masa kini malah menyarankan langsung geber. Gunakan kecepatan untuk memaksimalkan proses pembersihan mesin dari serbuk metal sebelumnya. Lagi pula jangan khawatir, kali ini serbuknya jauh lebih halus.

Di samping itu jangan ragu untuk menggunakan engine brake. Engine brake adalah proses di mana pengendara menutup gas dengan cepat sehingga mesin ikut membantu deselerasi. Ini akan membantu proses “belah” duren alias melicinkan proses inreyen. Jadi bertentangan dengan sikap sejumlah biker yang menghindari engine brake karena takut mesin rusak, di sini malah dianjurkan.

Para tuner memberi petunjuk teknis lebih jauh tentang break-in. Break-in bisa dilakukan bukan hanya di jalan. Bisa juga dilakukan di atas mesin dyno dengan teknik-tekniknya sendiri. Dengan kecepatan mesin tertentu dan permainan gas pada step-step tertentu. Begitu pula di sirkuit. Pembalap biasa menggeber, mengerem, dan meliuk lalu geber lagi. Tak ada masalah di sana dan sejauh ini motor-motor mereka jauh lebih handa.

Namun demikian, ada sedikit catatan sebelum geber.

Pertama, hati-hati dan jangan asal geber. Siapkan diri anda untuk jalan di antara lalu lintas sekitar. Pilih saja jalan yang anda hafal dan lebih sepi. Jika anda baru saja mampu mengendarai motor, sebaiknya inreyen diserahkan ke kerabat yang lebih mahir. Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menabrak orang, terjatuh, atau motor rusak karena salah geber.

Kedua, setiap hendak melakukan break-in, jangan lupa memanaskan mesin secukupnya. Tanpa pemanasan yang cukup break-in tidak akan maksimal dan membahayakan mesin. Dengan melakukan break-in yang benar, kekurangan pada sisi manufacturing barang dan perakitan akan terungkap. Cacat produk tidak akan tersembunyi. Karena cacat produksi bagaikan kanker. Semakin disembunyikan semakin membahayakan. Anda tidak ingin memelihara penyakit bukan?

semoga membantu bro

Last edited by cesar; 12-21-2010 at 11:49 AM.
cesar is offline   Reply With Quote
Old 12-21-2010, 12:16 PM   #2
Gaston Castano
GiLMot Geek
 
Gaston Castano's Avatar
 
Join Date: Mar 2010
Posts: 423
Gaston Castano akan menjadi terkenalGaston Castano akan menjadi terkenal
Talking

POLE POSITION!!!

hehehe, udah lama kaga nge- POLE

baidewei eniwei baswei masbro cesar

ane lempar yee bro

Last edited by Gaston Castano; 12-21-2010 at 12:20 PM.
Gaston Castano is offline   Reply With Quote
Old 12-21-2010, 02:21 PM   #3
BLindBandits
GiLMoters
 
BLindBandits's Avatar
 
Join Date: Aug 2010
Posts: 61
BLindBandits sedang di jalan yang benar
Default

nice infoo..
hahao gara2 pake cara itu saya sempet di omelin ortu tuh ^^
dia tau nya ga bole di bawa knceng2 pas masi inreyen
__________________
B 3455 BDQ
BLindBandits is offline   Reply With Quote
Old 12-21-2010, 02:32 PM   #4
cesar
GiLMot Geek
 
cesar's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 420
cesar akan menjadi terkenalcesar akan menjadi terkenal
Talking

Quote:
Originally Posted by Gaston Castano View Post
POLE POSITION!!!

hehehe, udah lama kaga nge- POLE

baidewei eniwei baswei masbro cesar

ane lempar yee bro
wah tengkiu masbro gaston.. nanti ane lempar balik deh trus kita main lempar-lemparan yg seger-seger deh *halah*

Quote:
Originally Posted by BLindBandits View Post
nice infoo..
hahao gara2 pake cara itu saya sempet di omelin ortu tuh ^^
dia tau nya ga bole di bawa knceng2 pas masi inreyen
hahahahaahhaa, iya kebanyakan orang taunya begitu bro..
cesar is offline   Reply With Quote
Old 12-21-2010, 05:20 PM   #5
dilvindie
GiLMoters
 
dilvindie's Avatar
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 27
dilvindie sedang di jalan yang benar
Default

MANTAP BROOOOOO !!

nice info nih gan ..
dilvindie is offline   Reply With Quote
Old 01-18-2011, 04:46 PM   #6
YonkQ
GiLMoters
 
Join Date: Jan 2011
Posts: 13
YonkQ sedang di jalan yang benar
Thumbs up



Mantab infonya bro
YonkQ is offline   Reply With Quote
Old 01-19-2011, 02:28 PM   #7
MerzyOwner
Newbie
 
Join Date: Jan 2011
Location: Depok-Pesing
Posts: 5
MerzyOwner sedang di jalan yang benar
Cool

Okeh banget ni infonya, buat persiapan beli motor baru, btw kapan yah???
MerzyOwner is offline   Reply With Quote
Old 01-30-2011, 07:49 PM   #8
Toes
GiLMoters
 
Toes's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: Surabaya
Posts: 25
Toes sedang di jalan yang benar
Thumbs up

klo qta mah..... tunggu PLAT NOMOR dtang ........

stelah itu bwa tuh motor naek gunung turun gunung .......... ... ..........

bru deh gnti olinya ......... ( dngan gitu qta tau nih mtor bsa d ajak bwat jlan2 ga' ........ )



Toes is offline   Reply With Quote
Old 04-29-2011, 12:04 AM   #9
kentangjahat
Aktivis GiLMot
 
kentangjahat's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: prambanan, klaten
Posts: 175
kentangjahat sedang di jalan yang benar
Default

nice info gan....
kentangjahat is offline   Reply With Quote
Reply

Tags
inreyen 2 tak, inreyen 4 tak, motor inreyen

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 05:57 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.5
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.