[Gilmot Tips] Cara Mudah Membedakan Jenis Ban - Forum Gila Motor

Go Back   Forum Gila Motor > Gila Motor Lounge > Smart Biker

Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Old 12-15-2010, 11:23 PM   #1
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Lightbulb [Gilmot Tips] Cara Mudah Membedakan Jenis Ban

Hi, salam Gila Motor...!!!

Masbro Array mau ngebahas tentang ban lagi nich, yup siapa yang gak tau karet bundar ini yang tak lain dan tak bukan sahabatnya pelek sama aspal, he..he..

Qlo dulu saya ngebahas tentang Ban Radial & Ban Bias, maka disini saya mau ngebahas tentang cara mudah membedakan Ban antara Compound Hard, Medium & Soft serta cara mudah membedakan Ban Full Dry (Kering), Ban Intermediate (Bisa dipakai Basah dan Kering) dan Ban Wet (Hujan/Basah)

Yuk langsung aja....

Oke Pertama-tama kita coba mencari tahu cara membedakan Ban dari compoundnya, caranya tidaklah sulit, cukup menggunakan organ tubuh kita yaitu kuku jari tangan....
Caranya dengan menekan atau mencolok permukaan ban dengan sekuat tenaga dengan menggunakan kuku, awas hati-hati kuku masbro patah, he..he.. Nah setelah ditekan langsung lepaskan, tentunya akan meninggalkan bekas, rabalah bekasnya.....

Jika bekasnya dalam dan bekasnya tidak mau hilang ataupun lama hilangnya bisa dipastikan Ban tersebut memiliki compound lunak. (Soft)

Jika bekasnya tidak terlalu dalam dan hilangnya bekas sedikit lebih cepat berarti ban tersebut bercompound medium.

Jika tidak meninggalkan bekas atau bekasnya dangkal dan cepat sekali hilang maka bisa dipastikan ban tersebut memiliki compound hard (Keras).

Cara tersebut cuma bisa diaplikasikan di Ban yang baru, kalau diaplikasikan ke Ban yang sudah lama tentu saja hasilnya tidak akan tepat karena rata-rata ban memiliki "kadaluarsa" atau akan mengeras dalam jangka waktu tertentu.

Lalu merek-merek Ban apa yang Bertype Soft, Medium dan Hard?

Saya sudah mensurvey sendiri ke lapangan dengan menggunakan metode diatas...

Untuk Ban Soft kebanyakan diaplikasikan pada ban untuk balap seperti FDR MP Series, IRC Razzo Series, dan Beberapa Bridgestone Battlax.

FDR MP SERIES


IRC RAZZO SERIES 221 & 166


BRIDGESTONE BATTLAX

BT-39


BT-090


BT-002


Untuk Ban Medium Compound biasanya diaplikasi ke Ban-ban orisinil sepeda motor alias bawaan motornya.... Contohnya yaitu IRC RX01 (Ban Orisinil Ninja 250 & Yamaha Byson) & IRC NR72 (Ban Orisinil Satria FU dan CBR 150 lama), Bridgestone Battlax BT-45 ternyata Medium juga loch....



Nah untuk yang Hard Compound mohon maaf ternyata hanya 1 merek yang berhasil saya deteksi yaitu Dunlop TT900.

DUNLOP TT900


Selanjutnya ialah membedakan mana yang ban kering (Full Dry) mana yang Intermediate (Bisa Basah dan Kering) dan Ban Basah (Full Wet)

Ciri-ciri Ban Full Dry yang paling menonjol ialah tidak memiliki garis tengah sama sekali atau pattern (Got atau alur yang ada di ban) sama sekali alias botak (Wah semua juga pasti dah pada tau yawh....) namun ada lagi, ban dengan karakteristik ini tidak punya pattern diagonal mengarah ke belakang yang melintang hingga menembus bibir ban serta memiliki pattern yang jarang.
Salah satu Contoh Ban type ini ialah FDR MP 27 dan MP 57 serta IRC Razzo 221.

Untuk Ban Intermediate memang agak sulit mengenalinya karena rata-rata Ban Intermediate memiliki pola pattern yang acak, namun untuk mencari Ban type begini tidak sulit, karena hampir seluruh ban orisinil sepeda motor ialah bertype intermediate karena memang dirancang oleh pabrikan ban untuk segala medan.... Oh iya menurut Saya IRC Razzo 166 bisa dibilang ban intermediate alasannya pembalap2 indoprix ketika hujan maupun kering memakai ban ini.

Yang Terakhir ialah Ban Basah atau Full Wet, ban ini unik karena bisa dipakai hujan dan dipakai kering, namun tidak maksimal saat kering dan sangat maksimal performanya pada saat hujan... Ban ini tidak maksimal performanya pada saat kering karena cepat panas, hal ini dikarenakan patternnya banyak dan agak rapat...
Contoh ban full wet adalah FDR seri XR

Semoga bisa bermanfaat bagi Gilmoters semua dalam memilih Ban Motor.... Jika ada sanggahan, kritik atau mau menambahkan, silahkan saja he..he..

Salam Gila Motor....



Dari berbagai macam sumber.
Attached Thumbnails
Click image for larger version

Name:	FDR MP Series.jpg
Views:	24647
Size:	21.3 KB
ID:	606   Click image for larger version

Name:	IRC RAzzo.jpg
Views:	21072
Size:	52.2 KB
ID:	607   Click image for larger version

Name:	IRC RX 01.jpg
Views:	14523
Size:	7.8 KB
ID:	608   Click image for larger version

Name:	IRC NR 72.jpg
Views:	14057
Size:	58.5 KB
ID:	609   Click image for larger version

Name:	BT39.JPG
Views:	14300
Size:	14.4 KB
ID:	610  

Click image for larger version

Name:	BT090.jpg
Views:	13520
Size:	11.2 KB
ID:	611   Click image for larger version

Name:	BT002.JPG
Views:	14121
Size:	9.2 KB
ID:	612   Click image for larger version

Name:	TT900.JPG
Views:	18012
Size:	25.5 KB
ID:	613  
__________________
Dan tanyakanlah pada jalan yg aku lewati, roda yang berputar, piston yang bergerak dan knalpot yang menderu.... apakah aku berbohong tentang siapa diriku? (Arie aka Array - bikers)

CORNERING IS PLAYING

KEEP SAFETY & RIDE RESPONSIBLY

Liat thread saya yang lain yawh....:

Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Old 12-16-2010, 02:54 AM   #2
vanz21fashion
GiLMot Addict
 
Join Date: Jun 2010
Location: Current location: Singapore, tapi aseli Bandung
Posts: 590
vanz21fashion akan menjadi terkenalvanz21fashion akan menjadi terkenal
Default

mangstab euy masbro array :-) akhir2 ini lagi demen soal ban ya :-)
__________________

"If you're not wearing the right gear, you may as well be wearing nothing" -Doohan-

"Riding skill is not how brave you pull the throttle, it's how you love the bike and ride it safely" -Ivan Tanujaya-

"A good motorbike is a bike that represents your character" -Ivan Tanujaya-


-BackStagE-
Ideas, Hobbies, Respect

-BackStagE- on Facebook
vanz21fashion is offline   Reply With Quote
Old 12-16-2010, 05:44 PM   #3
BLindBandits
GiLMoters
 
BLindBandits's Avatar
 
Join Date: Aug 2010
Posts: 61
BLindBandits sedang di jalan yang benar
Default

mantabsss..
nice info kakak
__________________
B 3455 BDQ
BLindBandits is offline   Reply With Quote
Old 12-16-2010, 09:47 PM   #4
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Arrow

Quote:
Originally Posted by vanz21fashion View Post
mangstab euy masbro array :-) akhir2 ini lagi demen soal ban ya :-)
Iya nich, coz saya ada hsrat untuk ganti ban lagi, he..he..
__________________
Dan tanyakanlah pada jalan yg aku lewati, roda yang berputar, piston yang bergerak dan knalpot yang menderu.... apakah aku berbohong tentang siapa diriku? (Arie aka Array - bikers)

CORNERING IS PLAYING

KEEP SAFETY & RIDE RESPONSIBLY

Liat thread saya yang lain yawh....:

Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Old 12-17-2010, 01:35 PM   #5
tuhunugraha
Aktivis GiLMot
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 180
tuhunugraha sedang di jalan yang benar
Default

Nice inpohhhh Broooo
tuhunugraha is offline   Reply With Quote
Old 12-17-2010, 02:00 PM   #6
Momod
Super Moderator
 
Momod's Avatar
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 549
Momod punya aura yang spekta!Momod punya aura yang spekta!Momod punya aura yang spekta!
Default

__________________
Gabung juga di milis Gila Motor : http://groups.google.com/group/gila-motor-mailing-list

Follow Gila Motor juga di Twitter : @gilamotor

Momod is offline   Reply With Quote
Old 12-17-2010, 04:38 PM   #7
theoxcool
Newbie
 
Join Date: Jan 2010
Posts: 1
theoxcool sedang di jalan yang benar
Thumbs up

gan..kalo ban corsa s123 jenis apaan gan? keknya lebih keras ketimbang dunlop bawaan vixion yang baru setahun dah tipis banget

oh ya...soft compound bagi ane emang lengket di jalan, ga licin, gw aja kondisi ban gundul pas hujan lari 80 masih berani, skrg ganti corsa s123 rada ngeri...kenapa ya?

trus corsa s123 termasuk ban radial atau bias?

nice artikel nih gan..

kalo bisa jawaban di cc di PM ke ane juga ya selain dishare juga
theoxcool is offline   Reply With Quote
Old 12-17-2010, 05:24 PM   #8
dilvindie
GiLMoters
 
dilvindie's Avatar
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 27
dilvindie sedang di jalan yang benar
Default

ni baru mantaaaaaaaaaaaaap
nice inpoh deh gan !
dilvindie is offline   Reply With Quote
Old 12-17-2010, 10:55 PM   #9
Stealthman
GiLMot HoLic
 
Stealthman's Avatar
 
Join Date: Aug 2010
Location: Bogor
Posts: 209
Stealthman akan menjadi terkenal
Default

Quote:
Originally Posted by Array Akrapovic View Post
Hi, salam Gila Motor...!!!

Masbro Array mau ngebahas tentang ban lagi nich, yup siapa yang gak tau karet bundar ini yang tak lain dan tak bukan sahabatnya pelek sama aspal, he..he..

Qlo dulu saya ngebahas tentang Ban Radial & Ban Bias, maka disini saya mau ngebahas tentang cara mudah membedakan Ban antara Compound Hard, Medium & Soft serta cara mudah membedakan Ban Full Dry (Kering), Ban Intermediate (Bisa dipakai Basah dan Kering) dan Ban Wet (Hujan/Basah)

Yuk langsung aja....

Oke Pertama-tama kita coba mencari tahu cara membedakan Ban dari compoundnya, caranya tidaklah sulit, cukup menggunakan organ tubuh kita yaitu kuku jari tangan....
Caranya dengan menekan atau mencolok permukaan ban dengan sekuat tenaga dengan menggunakan kuku, awas hati-hati kuku masbro patah, he..he.. Nah setelah ditekan langsung lepaskan, tentunya akan meninggalkan bekas, rabalah bekasnya.....

Jika bekasnya dalam dan bekasnya tidak mau hilang ataupun lama hilangnya bisa dipastikan Ban tersebut memiliki compound lunak. (Soft)

Jika bekasnya tidak terlalu dalam dan hilangnya bekas sedikit lebih cepat berarti ban tersebut bercompound medium.

Jika tidak meninggalkan bekas atau bekasnya dangkal dan cepat sekali hilang maka bisa dipastikan ban tersebut memiliki compound hard (Keras).

Cara tersebut cuma bisa diaplikasikan di Ban yang baru, kalau diaplikasikan ke Ban yang sudah lama tentu saja hasilnya tidak akan tepat karena rata-rata ban memiliki "kadaluarsa" atau akan mengeras dalam jangka waktu tertentu.

Lalu merek-merek Ban apa yang Bertype Soft, Medium dan Hard?

Saya sudah mensurvey sendiri ke lapangan dengan menggunakan metode diatas...

Untuk Ban Soft kebanyakan diaplikasikan pada ban untuk balap seperti FDR MP Series, IRC Razzo Series, dan Beberapa Bridgestone Battlax.

FDR MP SERIES


IRC RAZZO SERIES 221 & 166


BRIDGESTONE BATTLAX

BT-39


BT-090


BT-002


Untuk Ban Medium Compound biasanya diaplikasi ke Ban-ban orisinil sepeda motor alias bawaan motornya.... Contohnya yaitu IRC RX01 (Ban Orisinil Ninja 250 & Yamaha Byson) & IRC NR72 (Ban Orisinil Satria FU dan CBR 150 lama), Bridgestone Battlax BT-45 ternyata Medium juga loch....



Nah untuk yang Hard Compound mohon maaf ternyata hanya 1 merek yang berhasil saya deteksi yaitu Dunlop TT900.

DUNLOP TT900


Selanjutnya ialah membedakan mana yang ban kering (Full Dry) mana yang Intermediate (Bisa Basah dan Kering) dan Ban Basah (Full Wet)

Ciri-ciri Ban Full Dry yang paling menonjol ialah tidak memiliki garis tengah sama sekali atau pattern (Got atau alur yang ada di ban) sama sekali alias botak (Wah semua juga pasti dah pada tau yawh....) namun ada lagi, ban dengan karakteristik ini tidak punya pattern diagonal mengarah ke belakang yang melintang hingga menembus bibir ban serta memiliki pattern yang jarang.
Salah satu Contoh Ban type ini ialah FDR MP 27 dan MP 57 serta IRC Razzo 221.

Untuk Ban Intermediate memang agak sulit mengenalinya karena rata-rata Ban Intermediate memiliki pola pattern yang acak, namun untuk mencari Ban type begini tidak sulit, karena hampir seluruh ban orisinil sepeda motor ialah bertype intermediate karena memang dirancang oleh pabrikan ban untuk segala medan.... Oh iya menurut Saya IRC Razzo 166 bisa dibilang ban intermediate alasannya pembalap2 indoprix ketika hujan maupun kering memakai ban ini.

Yang Terakhir ialah Ban Basah atau Full Wet, ban ini unik karena bisa dipakai hujan dan dipakai kering, namun tidak maksimal saat kering dan sangat maksimal performanya pada saat hujan... Ban ini tidak maksimal performanya pada saat kering karena cepat panas, hal ini dikarenakan patternnya banyak dan agak rapat...
Contoh ban full wet adalah FDR seri XR

Semoga bisa bermanfaat bagi Gilmoters semua dalam memilih Ban Motor.... Jika ada sanggahan, kritik atau mau menambahkan, silahkan saja he..he..

Salam Gila Motor....



Dari berbagai macam sumber.
Nambahin ah....

Satu lagi yang perlu di perhatikan dalam pemilihan Ban ya itu Speed Index ( Kode Kecepatan ). dan load index ( Daya Angkut ). 2 indikator ini juga bisa mempengaruhi traksi pada ban ke permukaan jalan.
sebagai contoh:

ban IRC NR80 80/90 44P M/C
Kode 44= max load 160 Kg Artinya ban ini mampu menahan beban seberat 160 Kg.
Kode P= Max Speed 150 Kph, artinya ban ini masih aman di pakai pada kecepatan 150 kph.
Kode M/C= Medium Compound

lebih lengkap bisa lihat dibawah ini

load Index
30= 106, 31=109, 32=112,33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128,
38=132,39=136
40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175,
48=180, 49=185
50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230,
58=236, 59=243

Speed Index


Jika melihat Tabel diatas maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi speed index dan load index yang dimiliki oleh sebuah ban maka makin bagus traksi yang dimiliki ban tersebut.

satu lagi yang gk boleh di lupakan adalah pilih lah ban yang lebarnya sesuai dengan lebar pelek ( RIM) karena dapat mempengaruhi traksi dan handling berkendara. gk boleh terlalu kecil atau besar. Jika ingin merubah lebar ban, lebih baik naikan atau turun 1 level dari ban std.
Misal bro pakai pelek dengan lebar 1.60 maka ban yang cocok adalah ukuran 80/90 atau 2.75. jika ingin di rubah maka yang aman gunakan ban ukuran 70/90 atau 2.50 untuk uluran lebih kecil dan 90/80 atau 3.00 untuk ukuran lebih besar.
selebihnya bisa dilihat disini http://www.gilamotor.com/forums/showthread.php?t=538

Semoga membantu.....
Attached Thumbnails
Click image for larger version

Name:	1.jpg
Views:	12285
Size:	18.4 KB
ID:	619  
Stealthman is offline   Reply With Quote
Old 12-19-2010, 11:12 PM   #10
Momod
Super Moderator
 
Momod's Avatar
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 549
Momod punya aura yang spekta!Momod punya aura yang spekta!Momod punya aura yang spekta!
Thumbs up

thread nya bagus nih.. tambahan dari masbro stealthman bikin tambah bagus lagi tuh..

__________________
Gabung juga di milis Gila Motor : http://groups.google.com/group/gila-motor-mailing-list

Follow Gila Motor juga di Twitter : @gilamotor

Momod is offline   Reply With Quote
Reply

Tags
cara mudah membedakan jenis ban

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 02:02 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.5
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.