Modifikasi setting korek harian satria 150 buat pelajar - Forum Gila Motor

Go Back   Forum Gila Motor > Topik motor by Merek > Suzuki > Satria FU 150

Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Old 07-17-2010, 06:32 PM   #1
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 254
admin punya aura yang spekta!admin punya aura yang spekta!admin punya aura yang spekta!
Thumbs up Modifikasi setting korek harian satria 150 buat pelajar

Riset ini didedikasikan untuk para pengguna FU yang masih berstatus pelajar. Mengapa? Karena sekarang ini aku sering liat dijalan semakin banyak anak sekolahan menggunakan FU sebagai sarana transportasi ke sekolah, beberapa tampak masih standar, dan beberapa telah di upgrade sedikit, seperti misalnya pasang knalpot free flow tapi tanpa diikuti langkah lain, jadinya hanya suaranya saja yang kenceng tapi larinya kalah dengan motor standar. Atau ada juga yang fokus ke tampilan saja dengan mengganti pelek dengan tipe jari-jari dan memasang ban super tipis (ban khusus drag maksudnya..), ini menurutku juga kurang baik karena klo mesin motor sehat dan bisa kenceng tapi trus gara-gara pake ban tipis jadi ga bisa belok saat digeber kan malah bahaya, Bro….coba banyangin, pas lagi kebut-kebutan ma Supra x (hehehe…) dan FU berhasil melibas dengan mudanya…tapi trus tau-tau nyungsep di tikungan karena traksi buat menikung kurang…kan tengsin jadinya.

Bertolak dari hal-hal tersebut aku mengadakan riset up-grade performa FU yang dapat dicontoh oleh para pelajar pemakai FU…intinya siy up-grade performa tapi dengan biaya terjangkau oleh para pelajar..hehehe…gitu loh maksudnya khusus pelajar tuh!

Dari hasil pengamatanku beberapa bengkel top dalam melakukan modifikasi up-grade terhadap FU selalu mengandalkan penggantian part dengan merek-merek terkenal yang jelas harganya mahal. Menurutku siy semua orang juga bisa ngencengin FU klo duitnya banyak…..tinggal tebus part-part racing yang mahal trus dipasang… jadi deh FU kenceng! Cuman masalahnya bagaimana nasib adik-adik pelajar yang pengen FU-nya juga kenceng tapi uang saku terbatas…hehe..maksudnya belum tentu juga uang sakunya benar-benar terbatas, tapi mereka kan punya pos pengeluaran lainnya juga kaya misalnya biaya nraktir gebetan, biaya merias diri biar cepet laku.. hhe..

Nah, buat adik-adik pelajar penggenjot FU…yang tua-tua juga boleh nyonto ding, berikut adalah tip up-grade yang (sebagian besar) dah dipraktekin langsung di motorku…yang jelas aku jamin dengan melakukan upgrade seperti ini tidak akan membuat TTM kalian terlantar,,,piss

1. Langkah pertama yg paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5, bisa pake punya shogun lama. Harga palingan 30rb. Klo mau lebih murah pake merek Kitaco harnganya 17,5ribuan

2. Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4. Langkah ini siy ke bengkel aja, misalnya sekalian pas servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba mekanik jogja dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli. Langkah lepas paking blok bawah ini pengen aku cobain tapi blum sempet, ntar pas servis besar lagi aja kayanya.

3. Porting lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.

4. Ganti karbu (berarti langkah nomor 1 ga perlu), saran pake punya RX King (karena murah, dan cocok dan bisa langsung pasang ke intake manifold dan filter udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 150, setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor bisa beda2), posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas. Alternatif lain bisa juga pake punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang Thailand (Awas barang palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga pasang keran bensin model kompresor buat gantiin aslinya yang model vakum…biar aliran bensin lancar

5. majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi…hehehe…bingung, bingung deh….), hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya. Yang ini siy jelas mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya juga harus yang jago

6. lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi). Bisa dilakuin sendiri

7. potong kabel koil 2 cm (=ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat

8. ganti pake busi Iridium (saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm

9. oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40

10. ganti knalpot free flow, saran yang murah dan cukup ampuh pake bikinan Edi Sawangan (yang pelat pernis cuman 250 rb)…yang jelas tampilan jadi lebih sangar bin bengis karena bahan knalpot dari pelat yang di pernis doing plus coklat-coklat kaya karatan …jauh dari kesan klimis yang sering ditimbulkan bila pake knalpot aluminium atau krom…hehehe…no offense ya buat yang pake knalpot mahal 2)

11. Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun

12. Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling (bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15 ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang sering dipakai di rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling agar baliknya cepet. Hasilnya kopling jadi cepet baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas….yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi….per kopling standar terutama yang CBU kayanya lebih durable dan dengan diganjel, kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet

13. Pulser digeser 1 ampe 2 mili…yang ini aku ga tau kenapa bisa bikim motor makin melesat, tapi aku praktekin hasilnya memang berasa kok. Suruh orang bengkel aja yang mundurin.

14. nah klo semua langkah diatas…atau beberapa aja deh…udah dilakukan pasti performa motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di Jakarta ato daerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR…beli aja yang buatan aspira atau indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan (lagian kan disaranin buat yang sering kena macet jadi ga pernah nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed.

Bila dana masih ada
Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, untuk teman2 di jawa tengah ma timur lebih suka pake CDI Rextor. Untuk CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsennya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar…klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.



Bila CDI telah diganti racing maka sebaiknya per klep juga diganti yang lebih keras, bisa pake merek2 racing seperti WRD, CLD, TK, dll…atao bisa juga pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini lebih recommended karena kasusnya sama dengna per kopling, yang racing kadang jadi lembek lama-lama…

Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa (850 – 1 jutaan…ato NMF yang hampir 2jutaan)…ato apalah terserah…soalnya aku sendiri blum nyobain klo yang ini. Klo dah ganti chamshaft pake yang racing berarti langkah No. 5 tidak perlu dilakukan.

Semoga berguna.



Porting Polish
Lepas packing, pake 1 aja yang tengah
Busi Sindengen Iridium
Karbu RX-King, PJ 20 MJ 150
PAIR dinon-aktifkan
Kabel koil potong 2 cm
Pulser dimundurin 2 mm
Per kopling di ganjal 1 mm
Semi open filter
Celah klep in 0,07 mm out 0,1 mm
Klep in maju 1 mata, out mundur 1 mata
Gear 13/43

Performa: gigi 4 120 kpj (mentok limiter)..gigi 5 135 kpj…gigi 6..blum pernah ketemu jalan yg cukup sepi buat full throttle…

Denah bengkel langganan ane COIL Speed…!

namanya rada aneh mungkin kepanjangan dari dua mekanik gokilnya yaitu Si KOEK dan Si ULIL…hehe..jadinya disingkat COIL..



Spoiler For : koil bocor.. timbul loncatan api




Source : http://bintorowisnu.wordpress.com/
admin is offline   Reply With Quote
Old 07-17-2010, 06:36 PM   #2
gojaylicious
GiLMot HoLic
 
gojaylicious's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Posts: 229
gojaylicious akan menjadi terkenalgojaylicious akan menjadi terkenal
Talking

woww.. kereeenn min..

gojaylicious is offline   Reply With Quote
Old 07-19-2010, 05:15 PM   #3
BIKERSHOLIX
GiLMot HoLic
 
BIKERSHOLIX's Avatar
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 247
BIKERSHOLIX akan menjadi terkenal
Default

oke juga nih bro
BIKERSHOLIX is offline   Reply With Quote
Old 07-20-2010, 11:10 AM   #4
MBS86
GiLMot HoLic
 
MBS86's Avatar
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 132
MBS86 sedang di jalan yang benar
Default

infonya boleh juga nih bos,

MBS86 is offline   Reply With Quote
Old 07-21-2010, 12:11 PM   #5
justyudha
GiLMoters
 
Join Date: Jul 2010
Posts: 15
justyudha sedang di jalan yang benar
Default

nice info nih bro hehe.. coba dulu deh
justyudha is offline   Reply With Quote
Old 08-11-2010, 11:38 AM   #6
angel eyes
GiLMoters
 
angel eyes's Avatar
 
Join Date: Aug 2010
Location: Jogja...Jogja....
Posts: 59
angel eyes sedang di jalan yang benar
Default

sebenere hampir sama untuk mtr2 laen jga ya gan...hehehe
tp te2p
angel eyes is offline   Reply With Quote
Old 11-18-2010, 09:22 PM   #7
botakitem
GiLMoters
 
Join Date: Sep 2010
Location: Dihatimuuuuu n_n
Posts: 17
botakitem sedang di jalan yang benar
Default

bos . ane mau tanya nih !

ane kan punya mtr F juga nih .
tapi ane pake CDI BRT DUAL BAND tpi itu bekas Shogun SP[masang CDInya diakalin sama Bengkel] + KOIL BLUETHUNDER , kira2 bahaya ngga ?

tolong di balas ia !

botakitem is offline   Reply With Quote
Old 11-18-2010, 09:29 PM   #8
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Arrow

Quote:
Originally Posted by botakitem View Post
bos . ane mau tanya nih !

ane kan punya mtr F juga nih .
tapi ane pake CDI BRT DUAL BAND tpi itu bekas Shogun SP[masang CDInya diakalin sama Bengkel] + KOIL BLUETHUNDER , kira2 bahaya ngga ?

tolong di balas ia !

Selama pemasangan benar dan sesuai prosedur sich saya rasa aman2 aja masbro dalam artian pulser di magnetnya sudah disesuaikan sama panjang dengan punya shogun...., cuman saya kasih saran aja qlo CDI BRT kurang cocok ama Koil racing merek lain masbro... Koil ama CDI adalah satu kesatuan, qlo beda merek biasanya hasilnya tidak semaksimal yang satu merek, solusi lain bisa pake Koil Special Engine punya YZ125 atau RM80, owh iya btw knp pake CDI Shogun, bukannya CDI BRT Dual Band tersedia juga buat FU150?
__________________
Dan tanyakanlah pada jalan yg aku lewati, roda yang berputar, piston yang bergerak dan knalpot yang menderu.... apakah aku berbohong tentang siapa diriku? (Arie aka Array - bikers)

CORNERING IS PLAYING

KEEP SAFETY & RIDE RESPONSIBLY

Liat thread saya yang lain yawh....:

Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Old 11-24-2010, 06:42 PM   #9
botakitem
GiLMoters
 
Join Date: Sep 2010
Location: Dihatimuuuuu n_n
Posts: 17
botakitem sedang di jalan yang benar
Default

Quote:
Originally Posted by Array Akrapovic View Post
Selama pemasangan benar dan sesuai prosedur sich saya rasa aman2 aja masbro dalam artian pulser di magnetnya sudah disesuaikan sama panjang dengan punya shogun...., cuman saya kasih saran aja qlo CDI BRT kurang cocok ama Koil racing merek lain masbro... Koil ama CDI adalah satu kesatuan, qlo beda merek biasanya hasilnya tidak semaksimal yang satu merek, solusi lain bisa pake Koil Special Engine punya YZ125 atau RM80, owh iya btw knp pake CDI Shogun, bukannya CDI BRT Dual Band tersedia juga buat FU150?
soalnya dulu ane punya shogun sp , udh sering turun .
ehh mtr shogun ane rusak parah , akhirnya ane jual aja .
trus bli lagi satria f . nah ane bingung mau di apain CDI , koil , sma karbunya .
yah ane pikir ane pake aja di satria F .
gan ane mau tanya nih .
kan ane make CDI Dual band Shogun SP punya nih , masangnya juga insyaallah bener , cuma ane bingung nih dari kata kata agan yg "pulser dimagnetnya sudah disesuaikan sma panjang dengan punya shogun"
1 lagi gan .
Koil YZ125 / RM80 bisa dibeli dimana gan ?

mohon pencerahannya .
botakitem is offline   Reply With Quote
Old 11-24-2010, 10:13 PM   #10
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Arrow

Quote:
Originally Posted by botakitem View Post
soalnya dulu ane punya shogun sp , udh sering turun .
ehh mtr shogun ane rusak parah , akhirnya ane jual aja .
trus bli lagi satria f . nah ane bingung mau di apain CDI , koil , sma karbunya .
yah ane pikir ane pake aja di satria F .
gan ane mau tanya nih .
kan ane make CDI Dual band Shogun SP punya nih , masangnya juga insyaallah bener , cuma ane bingung nih dari kata kata agan yg "pulser dimagnetnya sudah disesuaikan sma panjang dengan punya shogun"
1 lagi gan .
Koil YZ125 / RM80 bisa dibeli dimana gan ?

mohon pencerahannya .
Owh.... jadi misalkan masbro ganti CDI dengan punya motor lain tentunya panjang pulser di magnet FU masbro harus sama dengan panjang pulser motor yang CDI nya masbro ambil (dalam hal ini shogun SP), semisal ternyata kebetulan panjangnya sama berarti tinggal plug n play saja... CMIIW, jika berbeda ditakutkan nanti terjadi pengapian yang tidak tepat karena perbedaan panjang pulser tersebut, seperti yang diketahui qlo pulser adalah "pengumpan" sinyal pengapian dari CDI, makanya harus sma panjangnya...

Untuk Koil YZ atau RM, silahkan masbro tanya ke Speed Shop terdekat di kota masbro, karena koil ini cukup terkenal di ajang balap resmi maupun liar, ada baiknya masbro tanya ke bengkel yang memiliki Tim Balap seperti contohnya qlo di Bandung ada Yonk Jaya atau Asia Motor, atau coba masbro beli Online aja, saya yakin banyak yang jual, bahkan di Gila Motorpun waktu itu ada yang jual lewat FB wall.

Semoga membantu masbro....

__________________
Dan tanyakanlah pada jalan yg aku lewati, roda yang berputar, piston yang bergerak dan knalpot yang menderu.... apakah aku berbohong tentang siapa diriku? (Arie aka Array - bikers)

CORNERING IS PLAYING

KEEP SAFETY & RIDE RESPONSIBLY

Liat thread saya yang lain yawh....:

Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Reply

Tags
modifikasi motor, modifikasi motor fu, modifikasi motor satria, modifikasi satria fu

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 09:07 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.5
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.