Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot - Forum Gila Motor

Go Back   Forum Gila Motor > Gila Motor Lounge > Smart Biker

Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Old 07-14-2010, 05:58 PM   #1
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 254
admin punya aura yang spekta!admin punya aura yang spekta!admin punya aura yang spekta!
Red face Setting Karburator Setelah Ganti Knalpot



Dari beberapa email yang kami terima, banyak yang mengeluh lari motor mulai gak enak, muncul gejala aneh seperti knalpot nembak, larinya di putaran atas ngedrop setelah mengaplikasi knalpot free flow dan sebagainya.

Nah, biasanya yang kerap jadi sumber permasalahan dari problem-problem tadi adalah di komponen pengabut bahan bakar. “Kalau lari motor mulai enggak enak, bisa jadi settingan karburator berubah. Untuk motor standar, coba setel ulang sekrup udaranya (gbr.1),” kata Nuri Fatoni, mekanik general work shop AHRS di Depok, Jabar.

Caranya gampang kok. Yaitu setelah mesin dipanaskan kurang lebih 5 menit, lalu coba pelintir gas sedikit sampai putaran mesin mencapai 4.000–5.000 rpm dan tahan sembari sekrup udara atau pilot air screw diputar mentok ke kanan (searah jarum jam). Bila sudah mentok, langsung putar kembali sekrup udara tadi berlawanan arah jarum jam (ke kiri) sambil mendengarkan perubahan putaran mesin.



“Sampai pada titik putaran tertinggi, tandanya setelan udara sudah pas,” ujar Rere, mekanik Ahau Motor di kawasan Jl. Akses UI, Kelapa Dua, Depok. Untuk memastikannya, coba blayer gas dengan cara diurut sampai putaran tinggi sekitar 2-3 kali. Lalu lepas grip gas tiba-tiba. Sembari mendengarkan apakah ada gejala mbrebet, knalpot nembak atau putaran mesin seperti tersendat.

“Kalau mbrebet, artinya setelan udara masih terlalu menutup. Sedang kalau knalpot nembak, suplai udara kebanyakan alias setelan udara terlampau membuka. Sebaliknya kalau tersendat, ada beberapa kemungkinan. Setelan udara belum tepat atau posisi jarum skep terlampau turun,” tukas Nuri. Bila kejadiannya begitu, coba turunkan 1 ulir posisi klip jarum skepnya (gbr.2), lalu coba jajal putaran mesinnya lagi.

Oh iya, pada motor yang karburatornya mengusung jarum skep tanpa ulir kayak di Honda Tiger Revo, Kawasaki ZX130 atau motor berkarburator model vakum pada umumnya, untuk menaikkan posisi jarum skepnya bisa diakali dengan menambah ring kecil setebal 1–1,5 mm ke dalam batang jarum (gbr.3).

“Trik ini cukup ampuh mengatasi problem Tiger Revo yang mesinnya suka terserang overheat atau susah hidup kala dingin,” beber M. Irwan, juragan bengkel modifikasi SMS di Bekasi yang juga mantan mekanik Honda beberapa waktu lalu pada OTOMOTIF.

Selain itu, setelan ketinggian pelampung (gbr,4) yang tidak tepat juga dapat menimbulkan hal yang sama. “Di samping bisa bikin tarikan di putaran menengah tersendat (kalau terlalu tinggi), juga bisa mengakibatkan knalpot nembak,” timpal Puguh Nuryanto, tunner bengkel racing Overtune di Cimanggis, Depok. Kejadian ini pernah ditemuinya pada Yamaha Scorpio Z.

Menurut Puguh, hal tersebut lantaran volume bensin dalam mangkuk kurang bisa memenuhi kebutuhan saat terisap. Nah, dengan menurunkan ketinggian pelampung pada karbu Scorpio sekitar 1-2 mm, kendala nembak bisa teratasi lantaran suplai bensin tercukupi. Namun bila semua langkah itu tidak membuahkan hasil, baru deh lakukan penggantian pilot jet (gbr.5).

Umumnya, ukuran pilot jet (pj) dinaikkan 1 step. Langkah ini juga biasa diterapkan mekanik saat knalpot diganti pakai jenis free flow. “Sedang main jet tak perlu bila mesin masih standar. Kecuali bila hasil pembakaran di busi menunjukkan pasokan gas terlalu kering di atas (busi berwarna putih). Tandanya main jet minta dinaikkan,” terang Rere.

Tapi pada beberapa kasus, terutama di motor berkarburator vakum yang knalpotnya masih standar, “Bila knalpotnya nembak, pilot jet malah minta dikecilin 1 step. Itu gue temui di beberapa Suzuki Satria FU150,” aku Puguh. Sebab dari beberapa kali uji coba, kendala nembak pada ayam jago berlambang S tersebut langsung hilang kala ukuran pilot jet diturunkan 1 step.



Source : Otomotifnet
admin is offline   Reply With Quote
Old 07-14-2010, 06:03 PM   #2
cesar
GiLMot Geek
 
cesar's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 420
cesar akan menjadi terkenalcesar akan menjadi terkenal
Thumbs up

mantep min..

cesar is offline   Reply With Quote
Old 07-14-2010, 11:56 PM   #3
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Thumbs up

Om Mimin mantaplah.... nais inpoh...

Ngeeeeeeeeeengg...
Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Old 07-15-2010, 12:03 AM   #4
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 254
admin punya aura yang spekta!admin punya aura yang spekta!admin punya aura yang spekta!
Thumbs up

Quote:
Originally Posted by cesar View Post
mantep min..

Quote:
Originally Posted by array_nikung_50_drajat View Post
Om Mimin mantaplah.... nais inpoh...

Ngeeeeeeeeeengg...
monggo loh kalo ada tambahan..
admin is offline   Reply With Quote
Old 07-15-2010, 12:04 AM   #5
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Thumbs up

Om Mimin mantaplah.... nais inpoh...

Ngeeeeeeeeeengg...
Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Old 09-20-2010, 05:48 AM   #6
angel eyes
GiLMoters
 
angel eyes's Avatar
 
Join Date: Aug 2010
Location: Jogja...Jogja....
Posts: 59
angel eyes sedang di jalan yang benar
Default

nais inpoh gan.....^^
angel eyes is offline   Reply With Quote
Old 04-29-2011, 10:55 PM   #7
pym_steak&cook
GiLMoters
 
pym_steak&cook's Avatar
 
Join Date: Apr 2011
Location: Daerah Istimewa Yogyakarta
Posts: 14
pym_steak&cook sedang di jalan yang benar
Default

wah...nice info min
pantes dulu waktu ganti knalpot meledak-ledak
tapi knalpot yang sekarang gak meledak-ledak, emang sih agak mbrebet. oh. .jadi harus setting karbu juga toh.



----------------------------------------------->
PYM_Steak&Cook
pym_steak&cook is offline   Reply With Quote
Old 04-30-2011, 12:15 PM   #8
kentangjahat
Aktivis GiLMot
 
kentangjahat's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: prambanan, klaten
Posts: 175
kentangjahat sedang di jalan yang benar
Default

klo dah di stel pas...tp masih meletup2 gt knapa ya???
kentangjahat is offline   Reply With Quote
Old 07-14-2011, 07:49 PM   #9
hajar wahid
GiLMoters
 
hajar wahid's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Posts: 21
hajar wahid sedang di jalan yang benar
Question

ini dia yg gue cari
tapi nanya dulu bro..
yg dimaksud naik sati step itu gimana sih
ukuran/skala i step itu berapa.

misalkan PJ standar 50 kalo naek 1 step jadi berapa?
hajar wahid is offline   Reply With Quote
Reply

Tags
setting karburator, tips motor, tips setting karbu

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 11:54 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.5
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.