[TIPS] Menghindari Pencurian Motor - Forum Gila Motor

Go Back   Forum Gila Motor > Gila Motor Lounge > Smart Biker

Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Old 02-22-2010, 06:08 PM   #1
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Default

Sebelumnya saya mengucapkan turut prihatin kepada brader2 kita yang motornya dicuri oleh maling dan saya sangat mengutuk kejadian tersebut, sebagai sesama bikers tentunya kita semua wajib prihatin dengan maraknya pencurian motor belakangan ini, karena bagi kita semua sesama bikers, motor bukan hanya sekadar alat transportasi melainkan bisa disebut Sahabat yang kita sayangi bahkan bisa disejajarkan dengan sebutan Istri kedua atau pacar kedua yang selalu menemani kita kemanapun kita pergi, bahkan tak sedikit dari kita yang menggantungkan hidupnya pada motor sebagai alat untuk mengais rejeki.

Beberapa bulan yang lalu tepatnya sekitar bulan Januari 2010 sayapun menjadi korban tindakan maling bejat tersebut, namun saya masih beruntung karena seorang teman berhasil memergoki sehingga usaha maling tersebut untuk membawa kabur motor saya gagal total padahal jika telat beberapa menit saja motor saya pasti sudah raib karena kemudi (stang) sudah bebas alias berhasil dibuka...

Berikut sisa-sisa kebejatan maling tersebut :

Spoiler For : sisa kebejatan maling


SUNGGUH KEJAM SEKALI DASAR AMATIR !!!!


Setelah kejadian tersebut saya semakin waspada dalam memarkir atau meninggalkan “Pacar Kedua” saya ini... lalu kemudian saya menceritakan kejadian ini kepada teman saya yang kebetulan seorang polisi, lalu saya diajak ke kantor polisi untuk sosialisasi menghindari curanmor, banyak hal yg bermanfaat dapat saya ambil dari situ, saya juga dengan ikhlas akan membagikan tips nya kepada para brader2 semua:

Pertama kita harus memahami apa yang dimau oleh maling, kata bang napi sich: KEJAHATAN TERJADI BUKAN HANYA KARENA ADA NIAT TETAPI JUGA KESEMPATAN, nah inilah dasar atau inti dari semua tindak kriminal termasuk pencurian.

Ingat! jangan beri kesempatan bagi maling untuk mengambil motor anda dengan mudah karena jika maling hanya berniat tapi tak ada kesempatan dia akan mengurungkan niatnya untuk mencuri karena beresiko ketahuan, namun jika tidak berniat tapi ada kesempatan maka niat tersebut akan muncul, cara yang terbaik untuk menghindari atau setidaknya menghambat kerja maling ialah memberi kunci tambahan pada sepeda motor anda seperti gembok, kunci cakram, alarm, rantai, dll. Pilihlah yang berkualitas bagus, dan bagus tidak selalu harus mahal.

Tahukah brader2 semua bahwa semua maling motor ternyata berpikiran sama (ini menurut pengakuan mantan maling motor profesional) yaitu mencuri motor yang gampang dicuri seperti: motor tanpa secure key shutter, motor yang tidak dikunci,motor yg diparkir di tempat sepi, minim cahaya, minim aktivitas dan minim suara. Berikut tempat2 yang rawan pencurian: Warnet, Tempat kost cewek, Yang tidak ada tukang parkir berseragam orange (resmi), komplek perumahan tanpa security, masjid dan tempat hiburan seperti bilyar atau karaoke, tidak menutup kemungkinan tempat-tempat yang lain. Tempat kost cewek dianggap mudah, karena brader tau sendirilah yang punya cewek pasti bakalan lama nongkrong di tempat ceweknya,he..he.. (Pengalaman pribadi) malingpun lebih leluasa.


Selanjutnya, maling bisanya beraksi tidak sendirian bisa 2 orang atau lebih, sistem kerjanya yang satu disebut pemetik yang satu lagi memberikan isyarat kepada pemetik untuk bertindak dan memberitahu jika ada orang yang datang/lewat, bahkan ada satu lagi yg bisa disebut pengalih perhatian orang ini biasanya ber akting pura2 berkelahi adu mulut dengan temannya sehingga kita tidak sadar memperhatikan mereka atau bahkan melerai mereka. Pada saat itulah anda lengah, pemetik pun lebih leluasa mengambil motor anda, so brader2 waspadalah keep your bike on eye.

Waktu favorit maling dalam beraksi ialah malam hari namun tidak terlalu larut malam kira2 sekitar jam 9 atau jam 10 malam, shubuh sekitar jam 3 sd jam 4, dan siang pada saat jam makan siang atau istirahat kantor jam 12 sd jam 1 atau pada waktu shalat jumat. Diluar jam-jam tersebut jarang terjadi dan malingpun jarang beraksi.

Satu lagi, maling biasanya beraksi tidak lama setelah kita meninggalkan motor kemudian memasuki sebuah tempat yang kita tuju.. biasanya maling menunggu 5 atau 10 menit, jika kita tidak keluar-keluar maka maling tersebut berasumsi kita pasti lama di dalam sehingga mereka lebih tenang dalam memetik sepeda motor kita, namun semua itu tergantung keadaan dan kondisi di lapangan kata sang mantan maling menceritakan semua itu.

Nah kemudian saya melihat simulasi pencurian kendaraan bermotor, diambil satu motor tanpa secure key shutter yaitu Honda Supra X tahun 2002, dengan menggunakan kunci khusus handmade (T) maling tersebut dapat membuka dan membebaskan stang kemudi hanya dalam waktu 1 menit dan menyalakan mesin hanya dalam waktu 2 menit, jadi total 3 menit.

Kemudian simulasi berikutnya adalah mencuri motor yg dilengkapi Secure Key shutter yaitu Honda Tiger Revo 2007 (Motor gw neh, gw bilang dalam hati...) ternyata secure key shutter dapat diakali dengan mudah, pertama-tama maling merusak bulatan untuk membuka atau menggeser besi yg menutupi lubang kunci (Di Tiger revo yg sebelah kiri) dengan cara diketok dengan kunci khusus (seperti pahat kayu tetapi pendek) sehingga rompal dan berlubang, kemudain digeser menggunkan obeng setelah lubang kunci terbuka dia menggunakan kunci model T lagi, hanya saja bentuknya lebih panjang dari yang sebelumnya, Total membutuhkan waktu 8 menit untuk untuk membebaskan kemudi stang namun dia tidak dapat menghidupkan mesin, jadi khusus untuk motor sport dibawa dengan cara dituntun kemudian dinaikkan ke mobil bak terbuka, digulingkan, kemudian ditutupi kain biar tidak ketahuan. Untuk motor sport tanpa secure key shutter dia dapat menghidupkannya seperti motor bebek, langsung ngaciiiirrrrr..

Lalu kemudian diteruskan dengan simulasi membuka kunci roda bawaan pabrik dan gembok, ternyata pemasangan gembok cukup efektif menghambat kerja maling, terbukti untuk membuka satu gembok saja maling tersebut kesulitan membukanya, untuk gembok menggunkan tang potong besar baru bisa rusak sedangkan kunci roda malah lebih gampang, menggunakan kunci model 3 sudut dia berhasil membukanya hanya dalam waktu 3 menit walaupun harus mengeluarkan tenaga ekstra karena pakai kaki.

Ternyata gembok yang dapat dibuka dengan mudah justru gembok modern, menurut anda manakah gembok yang tidak dapat dibuka atau sulit diakali oleh maling:

Spoiler For : gbr 1



Ayoooo.... tebaaaakkk...


Jika jawaban anda adalah gembok yang sebelah kanan maka anda salah besar, justru gembok yang kirilah yang sulit dibuka karena memiliki lubang kunci yang kecil dan tidak memiliki 2 lubang kecil kiri dan kanan di bagian dasar, inilah yang menyulitkan maling.

Spoiler For : gbr 2


Saya juga gak nyangka gembok ini ternyata lemah....


Gembok ini sekilas terlihat modern namun memiliki kelemahan karena mempunyai 2 lubang kecil di dasarnya selain itu lubang untuk memasukan kuncinya pun lebih besar, nah lubang kecil inilah yang menjadi celah sehingga dapat dibuka, maling menggunakan alat sekecil paku terbuat dari baja yg kuat untuk merusak bagian dalam gembok melalui lubang tersebut gembok ini dapat dibuka dalam waktu 5 menit, so brader jangan salah pilih gembok ya...

Gembok sayapun tak luput dari aksi maling tersebut:

Spoiler For : gbr 3



Bisa dilihat terdapat bekas gergaji besi dan hantaman benda keras di permukaannya.

CK..CK..CK.. NAFSU BANGET NICH MALING AMA MOTOR GW..

Quote:
Dari tulisan diatas saya dapat memberikan sedikit tips bagi para brader yaitu:

  • Parkirlah di tempat yang aman kalau bisa resmi, tidak sepi, gelap, ada banyak motor2 lain.


  • Parkirlah diantara dua motor dengan sedikit rapat (jadi motor anda diapit 2 motor lain) sehingga maling pun sulit menjangkau dan ruang geraknya terbatas.


  • Parkirlah di tempat yang mudah terlihat oleh anda, orang lain, maupun petugas parkir.


  • Jika memungkinkan copotlah busi motor anda jika ingin parkir lama di tempat sepi, he..he..


  • Kuncilah motor anda walau hanya ditinggal sebentar, pakai tambahan gembok minimal lebih dari 2 untuk menghambat kerja maling, buat maling menjadi malas untuk mencuri motor anda.


  • Gunakan alarm model imobilizer yang tidak menguras aki, karena alarm ini bekerja setelah motor anda menyala jika switch nya belum di posisi off, motor dapat menyala namun beberapa detik kemudaian akan mati dan membunyikan klakson walaupun kunci kontak dikembalikan lagi ke posisi off


  • Khusus untuk motor sport, buat maling kebingungan dengan cara masukkan persneling pada top gear sehingga pada saat didorong maling bingung masuk gigi berapa dan kerjanya terhambat karena harus menetralkan, qlo malingnya cerdas dan ga panik ya tinggal tarik kopling aja, he..he


  • Bila perlu pasang alat GPS agar anda tahu posisi motor anda jika dicuri sehingga mudah diketahui


  • Untuk motor yang belum dilengkapi secure key shutter ganti saja kunci kontaknya dengan yang berbentuk bintang, berbentuk lambang nazi, bahkan bila perlu menggunakan sistem PIN atau sidik jari.


  • Untuk menghindari motor diangkat dan digotong maka pergunakanlah rantai, rantaikanlah motor anda pada tiang yang kokoh dan tinggi atau rantaikanlah pada besi yang ditanamkan di tanah.


  • Terakhir asuransikanlah motor anda, paling tidak jika hilang ga terlalu nyesek karena bakal ada penggantian.


Saran untuk ATPM:

Mohon secure key shutter atau kunci magnetik ini dibenahi karena masih dapat dibuka oleh maling, maling sekarang semakin pintar dan selalu selangkah lebih maju, harga sedikit lebih mahal tidak apa-apa yang penting konsumen merasa aman dan tentram hatinya kerena bebas dari resiko pencurian, terima ksih. Semoga bermanfaat bagi para brader semua... Waspadalah....Waspadalah..


Semoga Membantu....


Salam dari saya D 5892 FE, qlo ketemu klakson yawh, he..he..

Last edited by admin; 11-09-2010 at 11:50 AM.
Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Old 02-23-2010, 06:25 AM   #2
Momod
Super Moderator
 
Momod's Avatar
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 549
Momod punya aura yang spekta!Momod punya aura yang spekta!Momod punya aura yang spekta!
Default

wah tips nya oke banget nih Bro Array..

keep posting Bro..


Last edited by admin; 11-09-2010 at 11:30 AM.
Momod is offline   Reply With Quote
Old 02-24-2010, 04:31 AM   #3
cesar
GiLMot Geek
 
cesar's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 420
cesar akan menjadi terkenalcesar akan menjadi terkenal
Default

beuhhh.. mangstafff brooo..




cesar is offline   Reply With Quote
Old 11-09-2010, 01:11 AM   #4
JeksOnly
GiLMoters
 
Join Date: Jul 2010
Posts: 11
JeksOnly sedang di jalan yang benar
Default

wah manteb nih tipsnya...
bro ane mohon izin copas ye..

JeksOnly is offline   Reply With Quote
Old 11-09-2010, 11:51 AM   #5
si_poetro
GiLMot Addict
 
si_poetro's Avatar
 
Join Date: Sep 2010
Location: NKRI
Posts: 259
si_poetro sedang di jalan yang benar
Default

rate aaaaaahh
si_poetro is offline   Reply With Quote
Old 11-09-2010, 07:56 PM   #6
blackvoltage
GiLMot HoLic
 
blackvoltage's Avatar
 
Join Date: Jul 2010
Location: Gubuk deket pos satpam
Posts: 305
blackvoltage sedang di jalan yang benar
Default

Berguna bangads om tips nya
__________________
RED BULLET #220 CBRCLUBINDONESIA
blackvoltage is offline   Reply With Quote
Old 11-10-2010, 03:37 PM   #7
tuhunugraha
Aktivis GiLMot
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 180
tuhunugraha sedang di jalan yang benar
Default

Kerennnn neh tipsnya
tuhunugraha is offline   Reply With Quote
Old 11-10-2010, 04:42 PM   #8
si_poetro
GiLMot Addict
 
si_poetro's Avatar
 
Join Date: Sep 2010
Location: NKRI
Posts: 259
si_poetro sedang di jalan yang benar
Default

Spoiler For : niat
kalo ngeliat dari "luka" di gembok ini gw jadi curiga, ini maling emang niat mau maling motor bro array, ato niat mau jadi limbad
pake acara matahin gembok skalian

Last edited by si_poetro; 11-10-2010 at 04:49 PM.
si_poetro is offline   Reply With Quote
Old 01-10-2011, 11:19 AM   #9
freema
Newbie
 
Join Date: Dec 2010
Posts: 2
freema sedang di jalan yang benar
Default

manccap broo . .

tapi gw juga ada tips tambahan bro, yang gw pake di motor gw.

1.di master rem depan gw ada tambahan tombol t, itu handmade, jadi klo ga di lepas itu pencetan, ga bakalan jalan t motor, bakalan ngerem trus. haha
2. motor gw, pake kran minyak yang gw sambungin ke panel rahasia, cuman gw ma cewe gw yang tau dimana, sekalipun bisa dipaksa jalan motor gw, paling sekitar 2 menit kemudian bakalan mati karena tidak adanya minyak di karbunya.

itu bro tips tambahan gw, soalnya pernah mtor gw hampir kemalingan juga, jadi yah mulai jaga" lah . .
freema is offline   Reply With Quote
Old 01-10-2011, 02:34 PM   #10
Gaston Castano
GiLMot Geek
 
Gaston Castano's Avatar
 
Join Date: Mar 2010
Posts: 423
Gaston Castano akan menjadi terkenalGaston Castano akan menjadi terkenal
Default

Quote:
Originally Posted by freema View Post
manccap broo . .

tapi gw juga ada tips tambahan bro, yang gw pake di motor gw.

1.di master rem depan gw ada tambahan tombol t, itu handmade, jadi klo ga di lepas itu pencetan, ga bakalan jalan t motor, bakalan ngerem trus. haha
2. motor gw, pake kran minyak yang gw sambungin ke panel rahasia, cuman gw ma cewe gw yang tau dimana, sekalipun bisa dipaksa jalan motor gw, paling sekitar 2 menit kemudian bakalan mati karena tidak adanya minyak di karbunya.

itu bro tips tambahan gw, soalnya pernah mtor gw hampir kemalingan juga, jadi yah mulai jaga" lah . .
wah kalo boleh di share donk bro cara bikinnya tombol t itu gimana dan kran minyak panel rahasianya
Gaston Castano is offline   Reply With Quote
Reply

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 07:53 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.5
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.