[TIPS] Memilih Oli Untuk Sepeda Motor 4 Tak - Forum Gila Motor

Go Back   Forum Gila Motor > Gila Motor Lounge > Smart Biker

Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Old 02-20-2010, 03:57 PM   #1
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Default

Salam Gila Motor...!!!

Mendengar kata Oli pastinya tidak asing lagi di telinga brader semua, Ya benda ini adalah “Darah” Motor kita, fungsi oli seringkali hanya dianggap sebagai pelumas mesin padahal oli juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting, seperti sebagai pendingin, pelindung dari karat, pembersih dan penutup celah pada dinding mesin.





Sebagai pelumas, oli membuat gesekan antar komponen dalam mesin menjadi lebih halus dan memudahkan mesin mencapai suhu kerja yang ideal. Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar ke bagian lain dari mesin yang lebih dingin.

Melihat fungsi penting dari oli, maka perlulah kita mengetahui bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk mesin sepeda motor kita agar mesin sepeda motor bekerja secara optimal dan lebih awet tentunya.

Memilih Oli untuk motor kita tidaklah sulit, perhatikan langkah - langkah berikut ini:

Pertama, kenali dulu bahan dasarnya, ada 3 jenis oli dilihat dari bahan dasarnya yaitu:

1.Mineral

2.Synthetic blend (Semi Sintetik)

3. Full Synthetic

Secara kasat mata sulit untuk membedakannya namun yang pasti tiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing oli mineral lebih tahan terhadap penguapan namun viskositas (kekentalannya) mudah berubah karena tidak tahan suhu tinggi dan kondisi ekstrim sedangkan oli sintetik lebih mudah menguap tapi viskositasnya lebih stabil dan tahan dalam kondisi ekstrim panas maupun dingin.

Oli mineral cocok untuk motor keluaran tahun lama karena clearance atau celah-celah mesinnya lebih renggang, lain halnya dengan oli semi sintetik yang lebih cocok untuk motor-motor keluaran tahun terbaru, sedangkan oli full sintetik lebih cocok pada motor high performance, multi silinder, multi klep dan berkompresi tinggi atau motor yang digunakan untuk keperluan kompetisi (balap), sebenarnya motor harian tidak haram menggunakan oli full sintetik hanya saja akan menjadi mubazir karena dari segi ekonomis oli yang benar-benar full sintetik harga per liternya bisa bikin nangis mencapai 100 sd 150rb bahkan lebih, mending beli bensin dapet berliter-liter he..he.. bisa jalan sampe jauuuuuhhhhh..



Contoh merk oli yang benar-benar full synthetic:





Kedua, kenali kode - kode dan sertifikasi pada kemasan Oli.

Kalau kita baca dan perhatikan pada kemasan Oli ada tulisan kode huruf dan angka misalnya seperti ini : (10W-40 API service SL / JASO MA2). Kalau brader baca tulisan tersebut gak usah bingung apa maksudnya, kode - kode tersebut merupakan "sertifikat" dan keterangan yang diberikan oleh perusahaan pembuat oli tersebut, Sertifikat terhadap kualitas oli secara internasional beragam, namun yang umumnya sering dipakai sebagai standar oli di dunia adalah API dan JASO. Lalu apakah API dan JASO itu?

API yang ini bukan buat masak locah melainkan American Petroleum Institute, adalah lembaga yang mengetes dan memeriksa kualitas oli yang dipakai di negara-negara eropa dan amerika dan umumnya standar API sudah dimiliki oleh hampir seluruh merek oli.

API Service biasanya menggunakan inisial S = untuk bensin dan C = untuk solar. Adapun huruf yang mengikuti di belakangnya merupakan tingkatan (grade) dari oli tersebut. Contoh: SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL (bensin) CA, CB, CF, CH, CH4 (solar).

Semakin jauh abjad yang mengikutinya, semakin bagus kualitas oli tersebut dan telah memenuhi syarat oli sebelumnya. Dengan kata lain kendaraan yang dianjurkan menggunakan oli dengan grade SH dapat menggunakan oli grade SL. Tetapi tidak sebaliknya karena akan ada efek samping seperti mudah oli menguap, terlalu cepat minta diganti, mudah berubah warna dll. Berikut grade yang ada di pasaran (untuk bensin):


API Service SL: untuk kendaraan tahun 2001
API Service SJ: untuk kendaraan tahun 1996
API Service SH: untuk kendaraan tahun 1996
API Service SG: untuk kendaraan tahun 1993

Sedangkan JASO (Japanese Automotive Standar Association) adalah lembaga di jepang yang mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan di negaranya (timbul pertanyaan kok jepang ngeluarin standar oli sendiri?) itu karena karakteristik mesin dan kendaraan buatan eropa dengan kendaraan buatan jepang berbeda. Motor-motor buatan jepang umumnya menggunakan kopling basah sedangkan kendaraan buatan eropa menganut sistem kopling kering yang artinya tidak terendam oli sehingga kendaraan buatan eropa cukup dengan sertifikasi API sedangkan kendaraan buatan jepang selain sertifikasi API wajib memiliki sertifikasi JASO.

JASO MA adalah kode untuk menunjukkan bahwa oli tersebut sangat cocok untuk motor berkopling basah (terendam oli) dan umumnya semua motor yang masuk ke indonesia menganut sistem kopling basah jadi saya sarankan pilih oli HARUS punya sertifikasi ini, kalau gak ada kode ini mendingan jangan pilih oli tersebut, karena akan beresiko kanvas kopling motor sobat cepat aus dan selip bahkan gosong. Sedangkan kode di belakang JASO menunjukkan kualitas sertifikat. Yang paling tinggi adalah JASO MA2 jadi klo bisa pilih yang kode MA nya paling tinggi. Khusus untuk motor matic pilih yang ada kode JASO MB karena tipe mesinnya berbeda.

Terus kode angkanya (misal 20w-50 atau 10w-40) artinya apa tuh? ini artinya oli memiliki tingkat viskositas atau kekentalan dengan indeks (10) pada keadaan dingin (Winter) dan akan berubah menjadi kekentalan dengan indeks (40) pada suhu 100 derajat celcius.



Banyak sobat kita diluar sana masih kurang paham dalam memilih oli untuk sepeda motor bahkan ada yang menggunakan oli mobil untuk motor mereka atau bahkan ada yang salah beli karena sama sekali gak ngeh bedanya oli motor ama oli mobil (mungkin pas beli di tokonya mati lampu sehingga gelap dan salah ngambil, xixixixi...), timbul pertanyaan sebenarnya boleh gak sich pake oli mobil di motor kita?

Jawabannya bukan tidak boleh, hanya saja tidak direkomendasikan, alasannya bahan yang digunakan untuk membuat oli motor dan mobil jauh berbeda, oli mobil lazim dilengkapi bahan yang masuk kategori friction modifier. Maksudnya, sejenis aditif yang bikin pelumasan makin lama makin licin dan makin licin makin asik.(Itu lain lagi kalee yaa...ha..ha..) Untuk kebutuhan hindari gesekan material dalam mesin, memang bahan itu memberi efek bagus. Meski memakai oli yg termasuk katagori encer, tapi tidak khawatir gesekannya akan merusak material. Tapi ingat! Oli tersebut tidak cocok untuk motor dengan kopling basah. Soalnya akan terjadi slip kopling, kanvas kopling gampang aus atau bahkan gosong. Itu sebabnya oli mobil tidak direkomendasikan untuk motor.

Lalu bagaimana dengan motor matic bisakah pakai oli mobil? Kan sistem transmisinya terpisah dari mesin tuch. Jawabannya sama yaitu tidak direkomendasikan, alasannya meskipun mesinnya mirip-mirip dengan mobil tapi faktanya mesin motor baik itu matic atau motor apapun lebih stress daripada mesin mobil, bisa dilihat dari RPM nya. Putaran mesin motor bisa sampai 9000 RPM (belum red line) bahakan lebih, sedangkan mobil pada umumnya hanya 6000 RPM (lebih dari itu masuk red line), sehingga motor lebih memerlukan oli yang tahan banting dan tahan stress karena melumasi tiga bagian penting yaitu mesin ( piston, klep, kem, kruk as brikut teman2 nya), kopling, dan gearbox. Jika dipaksakan pake oli mobil yang hanya diformulasikan untuk mesin saja dikhawatirkan olinya lebih cepat minta ganti, performanya cepat menurun lalu kekentalannya mudah berubah sehingga tidak mampu bekerja maksimal melindungi mesin, ujung - ujungnya bisa merusak mesin.



Untuk membedakan mana oli buat motor dan mana yang buat mobil sebenarnya mudah, bisa dilihat dari kemasannya. Oli motor umumnya ada gambar motor bukan yang ada gambar cewek seksinya loch, kalau oli yang itu beda lagi kegunaannya walaupun sama-sama bikin licin. : p ( kok nyasar kesitu terus jadinya, he..he..) dan biasanya ada tulisan 4T atau kalau gak ada tanda tersebut cukup baca kodenya saja kalau ada kode JASO MA itu tandanya untuk motor kopling basah, kalau JASO MB untuk motor matic.

Jadi dari penjabaran diatas rasanya kita para biker jangan lagi salah dan bingung memilih oli untuk cewek... waduh... maksud saya motor kesayangannya, walaupun sebenarnya oli yang paling aman untuk motor kita adalah oli rekomendasi pabrikan namun kita sebagai konsumenlah yang memiliki hak dalam memilih oli apa yang digunakan untuk motornya, dimanapun konsumen adalah raja! so.... apapun merek motor dan tipenya yang penting olinya harus tepat ya bro... Trus jangan sampe jadi korban iklan dan terpaku pada merek oli tertentu dengan jargon atau semboyan andalannya...

Semoga bermanfaat bagi para pembaca jika ada kekurangan atau kesalahan mohon diampuni, he..he..

Salam Gila Motor....!!!

Source: Dari berbagai media otomotif, konsultasi langsung ke mekanik, dan browsing.

Last edited by admin; 08-13-2010 at 01:44 PM.
Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Old 02-21-2010, 02:51 AM   #2
tuhunugraha
Aktivis GiLMot
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 180
tuhunugraha sedang di jalan yang benar
Default

Makasih Bro buat sharing tipsnya, paling demen baca-baca tips

Last edited by admin; 08-13-2010 at 01:41 PM.
tuhunugraha is offline   Reply With Quote
Old 02-22-2010, 04:05 AM   #3
cesar
GiLMot Geek
 
cesar's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 420
cesar akan menjadi terkenalcesar akan menjadi terkenal
Default

mantafff brooo..




cesar is offline   Reply With Quote
Old 08-12-2010, 09:31 PM   #4
blackvoltage
GiLMot HoLic
 
blackvoltage's Avatar
 
Join Date: Jul 2010
Location: Gubuk deket pos satpam
Posts: 305
blackvoltage sedang di jalan yang benar
Default

Keep posting bro....
__________________
RED BULLET #220 CBRCLUBINDONESIA
blackvoltage is offline   Reply With Quote
Old 08-12-2010, 10:15 PM   #5
harryblackshogun
GiLMoters
 
harryblackshogun's Avatar
 
Join Date: Aug 2010
Posts: 42
harryblackshogun sedang di jalan yang benar
Default

numpang tanya
kl bwt motor tuwir shogun 110R 02 cocoknya jenis oli yg mana y bro?
kl pake enduro yg racing atw standar cocokan mana wat harian?
tengkyu...
harryblackshogun is offline   Reply With Quote
Old 08-12-2010, 10:28 PM   #6
Array Akrapovic
GiLMot Geek
 
Array Akrapovic's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Every Cornering
Posts: 489
Array Akrapovic akan menjadi terkenalArray Akrapovic akan menjadi terkenal
Arrow

Quote:
Originally Posted by harryblackshogun View Post
numpang tanya
kl bwt motor tuwir shogun 110R 02 cocoknya jenis oli yg mana y bro?
kl pake enduro yg racing atw standar cocokan mana wat harian?
tengkyu...
Untuk Motor masbro shogun 110 tahun 2002 yawh bro? sudah turun mesin atau belum? jika misalnya belum turun mesin sebaiknya masbro pilih oli yang kekentalannya 20w-50 atau 15w-50 untuk merk sich gimana budget aja, yang penting pilih yang berkualitas.
__________________
Dan tanyakanlah pada jalan yg aku lewati, roda yang berputar, piston yang bergerak dan knalpot yang menderu.... apakah aku berbohong tentang siapa diriku? (Arie aka Array - bikers)

CORNERING IS PLAYING

KEEP SAFETY & RIDE RESPONSIBLY

Liat thread saya yang lain yawh....:

Array Akrapovic is offline   Reply With Quote
Old 08-13-2010, 02:45 PM   #7
agresif
GiLMoters
 
Join Date: Feb 2010
Location: Bandung
Posts: 80
agresif sedang di jalan yang benar
Default

klo ane buat mesin make oli Elf SAE 5-30
wlau buat mobil, tapi gak masalah sama motor ane (Suzuki Satria R '04)
kopling masih gigit kok, malah tarikan enteng banget...... cuman ya itu dia....harganya bro

klo oli samping, (hasil pemakaian ane sendiri)
*Evalube 2T pro (harian),
+harga cukup terjangkau,
+kualitas bagus,
-gak kuat klo konstan rpm tinggi

*Gasoli (touring),
+pelumasan rpm tinggi bagus
-kerak (jelaga) di ruang bakar banyak banget (makanya bagusan d rpm tinggi)

*Motul 510 (buat geber"an),
+para joki 2tak udah pada tau kan performa oli ini,
-harganya amat mahal
agresif is offline   Reply With Quote
Old 08-13-2010, 03:23 PM   #8
BIKERS
GiLMot HoLic
 
BIKERS's Avatar
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 208
BIKERS sedang di jalan yang benar
Thumbs up


wow, nais inpoh masbro agresif.. up dulu ahh..
BIKERS is offline   Reply With Quote
Old 10-23-2010, 05:46 AM   #9
verstandig
GiLMoters
 
Join Date: Oct 2010
Location: Spark
Posts: 38
verstandig sedang di jalan yang benar
Default

nice inpo...
verstandig is offline   Reply With Quote
Old 11-01-2010, 03:25 PM   #10
chandzmenk
GiLMoters
 
chandzmenk's Avatar
 
Join Date: Sep 2010
Location: jakarta dan sekitarnya
Posts: 20
chandzmenk sedang di jalan yang benar
Default

mantep nih gan..
nice inpo banget..
jadi tau harusnya pake oli apa yang bagus..
chandzmenk is offline   Reply With Quote
Reply

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +7. The time now is 09:22 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.5
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.