0
966

YRA 3 : Setting Sprocket Melatih Feeling Pada Perubahannya

GILAMOTOR.com – Yamaha Riding Academy (YRA) Step 3 kembali memandu para pembalap Yamaha dalam rangkaian edukasi pembentukan profesionalisme mereka di dalam dan luar trek. Edisi terakhir YRA lokal di tahun ini menjadi persiapan pemantapan YRA internasional di Okayama, Jepang, Oktober mendatang.

“Saat ini kami mengevaluasi hasil YRA sebelumnya dan evaluasi hasil balapan di beberapa kejuaraan seperti Suzuka 4 Hours. Di Suzuka tim Yamaha Indonesia berhasil meraih podium 1 dan 2. Itu sangat bagus dan positif, tapi kami masih harus memberi bekal kepada para pembalap muda kami,” ujar Supriyanto Manager Motorsport Yamaha Indonesia di Sentul, Kamis 28 Agustus 2014.

Teori dan praktek teknik membalap diajarkan di YRA Step 3 ini di Sentul International Circuit seperti dua step sebelumnya. Sembilan rider Yamaha di bawah bimbingan instruktur asal Jepang Yoshiyaki Kato selama dua hari 28-29 Agustus, menimba ilmu lagi yang kaya manfaat bagi pengembangan di jenjang balap.

”Yamaha Riding Academy lokal terakhir di tahun ini masih fokus pada penyempurnaan teknik balap. Kami ingin agar para pembalap semakin memahami pembelajaran profesionalisme menuju tingkat lebih tinggi lagi di level dunia,” lanjut Supriyanto.

“Dengan kerap mendidik mereka juga di Jepang, hasilnya sudah terlihat dengan gelar juara dan runner up 2014 Suzuka 4 Hours, rekor fastest time dan rider non Jepang pertama pole position (Sudarmono). Di Okayama nanti, rider diberikan kesempatan lagi untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman berharga dalam perjalanan panjang ke tujuan tertinggi (MotoGP 2018).”

“Di YRA kali ini, selain evaluasi kami juga mengajarkan para rider menemukan seting tentang penggantian sprocket gear. Mereka akan merasakan perbedaan setiap ukuran gear yang digunakan. Missal, gir besar akan membuat tarikan lebih enteng atau pakai gir kecil yang akan membuat tarikan awal lebih berat, dan mereka harus menemukan gir mana yang cokok digukan sesuai karakter sirkuit dan haya balap mereka,” tambahnya.

Semuanya adalah bekal ke depanya untuk YRA di Okayama. Setting sprocket melatih feeling rider terhadap perubahannya agar bisa optimal dengan menggunakan R6.

Teknik-teknik membalap yang perlu disempurnakan masih seputar racing line, braking, setingan motor dan juga fisik pembalap yang akan berhadapan dengan suhu dingin di Okayama saat YRA internasional nanti.

Untuk YRA Step 3, enam mekanik tim Yamaha Racing Indonesia yang mendampingi pembalap di Suzuka 4 Hours Endurance Race Juli lalu. Enam mekanik itu Selamet Suhendra, Panuntun Masadiono, Bowo Raharjo, Emanuel Tafui, Bawa Wijayanto, Ari Pristiawan. Mereka turut mengantarkan kemenangan dan runner up Yamaha Racing Indonesia Team yang diwakili Sudarmono, Sigit PD, Imanuel Pratna, Shigeru Ibaraki.

9 pembalap peserta YRA Step 3 – 2014 :

1.Tamy Pratama – SND
2.Fitriansyah Kete – TJM
3.Sudarmono – DS Moto
4.Imanuel Pratna – Indoprom
5.M Fadhil – Bkms
6.M Zaky – Ridlatama
7.Sigit PD – Yonk Jaya
8.Yoga Adi Pratama – Ridlatama
9.Ricky Ananda – HRVRT