0
1318

Yamaha GT125, Diuji Selama 30 Hari Non Stop

GILAMOTOR.com – Masih ragu sama kekuatan mesin Yamaha GT125? Untuk menjawab keraguan bro en sis dan membuktikan kalau mesin GT125 itu kuat dan tahan lama, Yamaha menguji skutik 125cc bertampang macho itu di arena Jakarta Fair.

Pengujiannya dilakukan di booth Yamaha dengan menyalakan mesin GT125 selama 30 hari dengan kecepatan sekira 30 km per ajam atau sekira 4000 rpm.

Ada cctv yang terus me-record  dan mengawasi sebagai bukti bahwa motor dinyalakan selama 30 hari nonstop, kadang juga dikoneksikan ke big screen yang ada di booth Yamaha. Pembuktian ketahanan mesin ini dimulai pada pukul 12.00 tanggal 7 Juni sampai 6 Juli 2014.

Motor GT125 ditempatkan di dynotest sehingga roda belakang bisa berputar layaknya berkendara seperti biasa. GT125 ditahan dengan tali sehingga terdapat beban yang analoginya adalah beban si pengendara jika berkendara seperti biasa di jalanan.

”Uji ketahanan mesin GT125 30 hari nonstop dinyalakan ini merupakan pembuktian keunggulan teknologi DiAsil Cylinder & Forged Piston yang terbukti kuat, awet dan ringan. Hanya Yamaha yang bisa memberikan keunggulan ini bagi konsumen dan mereka pun sudah merasakan sendiri manfaatnya bahwa kualitas Yamaha memang nomor 1,” ujar M.Abidin, GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia.

Iritnya GT125 pun terbukti lewat uji ketahanan ini yaitu 63 km/liter. Dikatakan Yamaha, itu didapatkan dari hitungan dalam 24 jam (1 hari) dikali 30 km/jam (standar kecepatan berkendara sehari-hari) = 720 km/hari. Dengan uji ketahanan selama 30 hari dan kapasitas fuel tank GT125 3,8 liter dengan perkiraan reverse (sisa bahan bakar) 0,8 liter jadi sisanya sekitar 3 liter.

Dengan standar pengisian bensin 4 kali sehari artinya butuh 12 liter/hari (3 liter x 4). Jadi dalam satu hari dengan jarak tempuh 720 km dan bensin 12 liter/hari artinya GT125 sangat irit 60 km/liter. Bandingkan dengan hasil uji coba LAPI (lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri) Institut Teknologi Bandung 58 km/liter.

Saat bensin mulai habis, maka akan segera diisi dengan catatan mesin tetap menyala dan roda tetap berputar.

POPOW, Si Generator Yamaha

Generator Yamaha (2)

Selain menguji ketahanan mesin GT125, Yamaha juga memperkenalkan Generator. Setelah sukses mengadakan program “Ayo Namai Maskot Ini“ pada 2013 lalu, yang telah menarik 24.931 pengunjung website generator Yamaha serta 6.494 ide nama ditambah 1.000 lebih ide nama yang berasal dari kotak yang dipasang di dealer-dealer Yamaha. Pemenang pemberian nama maskot Generator atas nama Didik Sumantri yang memberikan nama POPOW maknanya Potential Power.

POPOW nama yang mudah diingat, kesan ceria, sesuai dengan generator Yamaha yang handal, compact, terjamin kualitasnya dan memiliki potensi untuk membangkitkan kekuatan energi daya listrik.

Didik berhak atas 1 unit Mio GT dan Generator Yamaha EF2600. Pemenang favorit Achmad Nurhadi yang memberikan nama Powli dan Gadis Larasati (Himana). Keduanya memperoleh hadiah unit Generator Yamaha EF2600 dan satu buah handphone. ”Kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dan mensukseskan program ini. Selamat kepada para pemenang,” ujar Sahrial, Manager Divisi Generator Yamaha.

Tahun ini Yamaha kembali mengadakan program nasional dengan tema “Bergaya Bersama Popow dan Yamaha Generator” berupa kontes foto dan testimoni. Alur proses dari kontes ini adalah pengunjung yang datang ke dealer generator dipersilahkan berfoto dengan boneka maskot Popow dan display unit generator. Setelah itu pengunjung mengupload foto tersebut ke www.generatoryamaha.com dan memberikan testimoni kesannya tentang Generator Yamaha. Testimoni pun bisa diisi di dealer.