0
2315

Sakura Siapkan Knalpot Racing Jupiter Z1 dan YZF-R15

GILAMOTOR.com – PT Sakura Java Indonesia (SJI) secara resmi hadir di Indonesia pada tahun 1995.

Setahun kemudian, pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri EJIP Plot 5E Sukaresmi Cikarang Bekasi Selatan mulai memproduksi knalpot khusus untuk seluruh produk Yamaha Indonesia.

Setelah lebih dari 18 tahun menjadi supplier tetap knalpot motor Yamaha melalui produk SMF (Sakura Manufacturing Factory), Sakura mulai aktif terlibat di dunia balap seperti Yamaha Cup Race dan Indoprix. Puncaknya, pada 2014 Sakura masuk ke balap internasional di MotoGP dengan menjadi knalpot resmi YZR-M1 tim Tech 3.

“Tahun ini Sakura mulai go internasional dengan hadir di MotoGP sebagai knalpot resmi tim Tech 3 di motor YZR-M1 tunggangan Pol Espargaro dan Bradley Smith,” papar Mustakim, Marketing SJI di Cikarang (17/4).

Bersamaan dengan masuknya brand Sakura di MotoGP, SJI mulai memproduksi knalpot after market untuk pasar Indonesia. Langkah awal, SJI meluncurkan knalpot after market untuk Yamaha V-Ixion. Dengan knalpot Sakura, tenaga V-Ixion diklaim mampu meningkat hingga 17%.

SJI memproduksi knalpot after market Sakura dari material berkualitas seperti stainless steel, carbon Kevlar dan titanium. Seluruh proses produksi knalpot Sakura di Indonesia menerapkan standar operasional dan standar kualitas Jepang. Karena pengembangan knalpotnya dilakukan di Jepang dan produksinya di Indonesia.

Dalam waktu dekat, Sakura akan menghadirkan knalpot after market untuk Jupiter Z1 dan YZF-R15. “Pertengahan tahun ini rencananya akan meluncurkan knalpot after market untuk Jupiter Z1 dan pada akhir tahun untuk YZF-R15,” cetus Mustakim.

“Untuk harga knalpot R15, kemungkinan besar akan sama dengan knalpot after market V-Ixion,” pungkasnya.