0
711

MotoGP Qatar: Kemenangan Memukau Marquez di Losail

GILAMOTOR.com – Dalam upaya mempertahankan gelar juara dunianya, Marc Marquez berhasil memenangkan balapan seri pembuka MotoGP 2014 di Losail, Qatar, pada Minggu (23/3) atau Senin (34/3) dini hari waktu Indonesia.

Meski sempat melorot ke posisi 4 saat balapan baru saja dimulai, Marquez berhasil menjadi juara setelah melewati pertarungan sengit melawan Valentino Rossi sejak pertengahan lomba. Pertarungan pebalap beda generasi ini semakin sengit di lap-lap akhir dimana keduanya saling overtake.

Di lap akhir, Marquez berhasil melewati garis finish 0.259 detik lebih cepat dari Rossi yang ada di posisi kedua. Di sisi lain, rekan satu tim Marquez, Dani Pedrosa, berhasil melengkapi podium dengan finish di posisi 3.

Kemenangan ini jadi langkah awal yang sangat positif bagi juara dunia MotoGP termuda asal Spanyol itu, meski sesungguhnya Marquez belum 100% pulih dari cedera patah kaki kanannya.

Sementara rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo, harus menelan pil pahit akibat ban depannya kehilangan grip di awal balapan. Belum genap 1 putaran berlangsung, Lorenzo yang menggunakan strategi melesat di awal dan sempat memimpin balapan harus meninggalkan trek setelah terjatuh dan motornya berguling-guling di gravel hingga hancur.

Di seri pembuka ini Marquez tampil luar biasa. Meski sempat tergusur ke posisi 4 saat balapan baru saja dimulai, Marc berhasil menempati kembali posisi terdepan setelah melewati pebalap-pebalap yang ada di depannya, Bardley Smith dan Alvaro Bautista. Sementara Stefan Bradl mengalami nasib serupa dengan Lorenzo, dia terjatuh di lap 14.

Di seri pembuka ini, Valentino Rossi membayar janjinya untuk tampil apik di 6 seri pertama yang dianggapnya sangat krusial sebagai jembatan menuju gelar juara dunia musim ini.

Memulai balapan dari posisi 10, perlahan tapi pasti Rossi terus melesat ke baris terdepan. Berkat start bagus, satu lap setelah balapan dimulai Rossi berhasil mengisi posisi 5. Sayangnya, rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo, yang sebenarnya diunggulkan di seri pembuka ini gagal finish setelah terjatuh saat balapan baru saja dimulai.

Hal menarik ditunjukkan oleh pebalap open class Aleix Espargaro. Pebalap tim NGM Forward Racing (Forward Yamaha) ini berhasil menyelesaikan balapan di posisi 4 setelah mendapat keuntungan dari jatuhnya pebalap Tech 3 Bradley Smith.

Hasil Balapan MotoGP Qatar 2014

1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V)
2. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1)
3. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V)
4. Aleix Espargaro ESP NGM Forward Racing (Forward Yamaha)
5. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici)
6. Cal Crutchlow GBR Ducati Team (Desmosedici)
7. Scott Redding GBR Go&Fun Honda Gresini (RCV1000R)
8. Nicky Hayden USA Drive M7 Aspar (RCV1000R)
9. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (Forward Yamaha)
10. Andrea Iannone ITA Pramac Racing (Desmosedici)
11. Hiroshi Aoyama JPN Drive M7 Aspar (RCV1000R)
12. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici)
13. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (RCV1000R)
14. Danilo Petrucci ITA IodaRacing Project (ART)
15. Broc Parkes AUS Paul Bird Motorsport (PBM-ART)
16. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART)
17. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Avintia)

Pebalap Tak Finish

Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) DNF
Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) DNF
Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) DNF
Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) DNF
Hector Barbera ESP Avintia Racing (Avintia) DNF
Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) DNF