2
947

Rafid Topan Start Dari Posisi 5, Hujan Bukan Masalah

GILAMOTOR.com – Rafid Topan Sucipto sukses menempatkan dirinya start dari posisi kelima untuk balapan Moto2 hari Minggu, 27 Oktober 2013, pagi ini. Untuk pertamakali dalam karirnya di balap Moto2, pembalap yang disponsori pelumas Evalube ini memulai balapan dari bari kedua.

Di awal sesi kualifikasi yang berjalan selama 45 menit itu, Topan ada di posisi 15 dan terus melorot ke posisi 18. Kemudian saat sesi menyisakan waktu sekitar 38 menit, Topan berhasil naik ke posisi 7 dan kemudian tergusur oleh Espargaro ke posisi 8 dan terus turun ke posisi 9. Dan saat waktu menyisakan 30 menit, Topan berhasil naik ke posisi 2 di belakang Mika Kalio yang menempati posisi pertama.

“Ini adalah tahun pertama ku balapan secara total di kelas 600cc empat tak dan bertarung di GP yang sangat sulit. Tapi sekarang aku mulai mengerti tentang apa itu balapan Moto2, di mana titik pengeraman yang benar, bagaimana menemukan racing line terbaik dan bagaimana berkompetisi di level ini,” papar Topan.

“Aku balapan cukup bagus di Australia pekan lalu, dimana untuk pertama kali aku mampu bertarung dengan dengan beberapa pembalap dan meningkatkan kepercayaan diriku untuk balapan seri ini di Jepang. Hujan bukanlah masalah untuk ku, jadi aku memacu sekencang mungkin sejak awal kualifikasi dan saat aku mulai kehilangan posisi lagi, aku mendorong lebih keras dank eras untuk bertarung kembali.”

“Hanya tikungan terakhir aku benar-benar mendapat kesulitan di trek dimana separuh treknya kering dan separuhnya bawah. Tapi aku mengaturnya untuk mendapatkan posisi grid yang bagus.”

“Target ku di balapan nanti adalah tetap berada bersama pembalap terdepan selama mungkin untuk belajar sebanyak mungkin sebagai persiapan ku untuk tahun depan,” tegas Topan.

Rekan satu tim Topan di QMMF, Anthony West akan memulai balapan dari posisi 18. Sementara rekan senegara Topan, Doni Tata Pradita akan memulai balapan dari posisi 32.