36
2724

Marquez Tercepat, Yang Menolak ECU Magneti Marelli Harus Pikir Ulang

GILAMOTOR.com – Nama Magneti Marelli mulai musim depan akan semakin santer terdengar. Tahun ini saja sudah santer karena kontra dari tim pabrikan ikhwal penyeragaman penggunaan ECU Magneti Marelli. Musim depan, ini barang akan digunakan sebagai ECU standar semua tim di MotoGP.

Tim pabrikan menolak karena mereka punya misi sendiri-sendiri dari pengembangan perangkat lunak yang digunakan pada ECUnya. Dorna memberi izin penggunaan perangkat lunak pribadi masing-masing tim, tapi tetap dengan perangkat keras dari Magneti Marelli.

Magneti Marelli akan menurunkan sejumlah insinyurnya untuk mengontrol panggunaan hardware Mageti Marelli agar tak terjadi kecurangan. Bagi tim pabrikan dan satelit yang keukeuh menggunakan perangkat lunak ECU di luar Magneti, konsekuensinya pengurangan bbm 4 liter dari regulasi sekarang. Untuk tim privater semua pakai ECU dengan perangkat lunak yang sama.

Di tes resmi kemarin di sirkuit Misano, Marc Marquez jadi pembalap tercepat. Dikabarkan Marc geber RC213V 2014 yang sudah pakai perangkat keras ECU dari Magneti Marelli. Sayang, HRC tak mengeluarkan penyataan resmi tentang hal itu.

Dengan perangkat keras baru, Marc mencatatkan waktu tercepat di lap 70 dari 71 lap yang dia lakoni. Di belakang Marc ada Jorge Lorenzo. “Hari ini berjalan baik dan kami telah mencoba banyak hal dengan setup motor – di tas seluruh geometri – dan kami membuat kemajuan besar. Kami juga mengumpulkan beberapa data penting, jadi tes ini sangat berguna di sisa lima balapan,” papar Marc.

“Kami juga pakai motor prototype tahun depan, aku cukup merasa nyaman. Kami telah mengerjakannya dengan baik dan hal penting adalah kami punya pondasi yang bagus.”

Kalau hasil bagus yang dicatatkan pembalap rookie ini telah menggunakan perangkat keras dari Magneti Mareli, tim pabrikan lain layak untuk memikirkan ulang penolakannya.

36 COMMENTS

  1. 39pc1E Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your blog posts. In any case I will be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  2. Terrific post however I was wanting to know if you could write a litte more on this topic? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit more. Bless you!

  3. Hello my loved one! I wish to say that this post is awesome, great written and come with almost all vital infos. I’d like to see extra posts like this .

  4. Usually I don’t read post on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to try and do so! Your writing style has been amazed me. Thanks, very nice article.