5
2661

Kawasaki ER-6f, Shine Bright Like A Diamond

GILAMOTOR.com – Kecuali mesinnya, full body dicelupin ke bak krom. Usai dilapis krom semua bodi disemprot cat dengan spray gun oleh air brusher. Balutan catnya kadang redup kadang bikin silau apalagi kalau matahari lagi terang benderang, dijamin bro en sis bakal menyipitkan mata. Warnanya macem-macem, ada yang solid ada juga yang gradasi. Semua mengkilap seperti berlian, bikin nyolok mata. Kalau riding dengan ini motor di keramaian, dijamin bakal jadi pusat perhatian.

Ini motor keluaran Kawasaki bermesin 650cc yang punya aura sport turing kental. Kawasaki menamakannya ER-6f karena pakai fairing. Ada juga versi naked nya, namanya ER-6n. Tema seni air brush nya minimalis, tapi paduan warna-warna nya jadi bikin ngejreng. Mayoritas penyemprotannya dibikin gradasi, warna solidnya cuma sedikit. “Gw kasih pilihan berbeda ke pemilik motor ini. Soalnya kalau cuma airbrush saja kan sudah banyak yang pakai, makanya gw kasih masukan dilapis krom saja baru ditiban airbrush,” ucap Vinsen dari Vinsen Motor Sport [VMS] di Jl Raya Tajur No. 2 Bogor, Jawa Barat.

“Sebelum dikrom kita lapisi dulu dengan obat khusus supaya hasilnya bisa halus,” ucap Jaedun Muchtar alias JJ . “Kita kerjasama dengan VMS untuk mengerjakan projek itu,” lanjut JJ. Sebelum dieksekusi, motor dipretelin dan tinggalah mesin serta suspensi belakang. Selain dua komponen itu, yang lainnya direndam di dalam bak krom sebelum proses airbrush dilaksanakan. “Sebelum dikrom, bodi dipernis dulu, lalu dikrom dan ditiban pernis lagi. Setelah itu baru kita bikin pola-pola yang diinginkan. Menyesuaikan dengan catnya yang blink-blink, polanya dibikin diamond,” lanjut JJ.

Setelah dikrom dan dipernis, barulah pen brush menari-nari di atas bodi motor bermesin 650cc, DOHC, 4 Tak, dua silinder ini. Cat dari Spies Hecker dengan warna-warna transparan di dalam cup spray gun disemprotkan dengan dua nozzle berukuran 0.1mm dan 0.2mm. “Untuk mendapatkan gambar lebih detil dipakai mata gun ukuran 0.2 mm yang 0.1 untuk bikin shadow-nya.” “Ini temanya minimalis, makanya nggak terlalu banyak garis-garis tegas dan warna solid.” Yang dimaksud JJ adalah permainan warna pada bodi ER-6f yang nggak terlalu banyak warna solid tapi tetap ngejreng. Itu dihasilkan dari krom yang ditiban pernis kemudian dilabut cat dengan warna-warna yang transparan.

Pengerjaannya rapi jali bro.. Dari jauh mengkilap bagai berlian dari dekat terlihat pola-pola berlian bertebaran di sekujur bodi. Bisa jadi JJ atau Vinsen bos VMS terinspirasi dari lagunya Rihanna Shine bright like a diamond. Jadi nih Kawasaki makin berkilau macam berlian. Hehehee.

Secara keseluruhan, komponen bodi motor nggak ada yang dikorbankan oleh cara-cara keji perbengkelan modifikasi macam potong memotong rangka atau bodi. VMS cuma membangku cadangkan beberapa komponen ori dari Jepang macam foot step dan knalpot. Komponen-komponen itu digantikan dengan aksesoris berlebel Black Diamond [BD] dengan warna orange. Nggak hanya mengganti, tapi menambah beberapa komponen dari BD macam penutup kaliper rem, pelindung rear disc brake dan frame slider.

Bro en sis mau berliannya?

5 COMMENTS

  1. harmonisasi kata “Secara keseluruhan, komponen bodi motor nggak ada yang dikorbankan oleh cara-cara keji perbengkelan modifikasi macam potong memotong rangka atau bodi. VMS cuma membangku cadangkan beberapa komponen ori”

  2. saya boleh comment kan??

    keren?? kagak ah… punya uang banyak?? kenapa ga harley davidson aja di chrome?

    ninja di chrome? bodohnya naudzubillah mindzalik.. dari kelas sport menjadi kelas Alay

    AlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlayAlay itu alay.

  3. c1ND0K Hmm is anyone else experiencing problems with the images on this blog loading? I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s the blog. Any feedback would be greatly appreciated.