2
4893

Skutik X-Ride Mantap Di Medan Off Road, Ini Rahasianya

GILAMOTOR.com. – Mungkin cuma orang ‘gila’ yang mau membawa skutiknya melintasi jalur yang nggak pernah dilewati skutik kebanyakan. Bahkan jalur yang nggak pernah dilewatin motor sekalipun. Tapi Yamaha membuktikan kalau X-Ride yang cuma punya mesin 115cc, bisa diajak bersenang-senang melibas jalan tanah dan bebatuan di kaki gunung. “Filosofi desain X-Ride itu kesenangan dan kebahagiaan itu tidak selalu dicari, tapi dibuat. X-Ride adalah salah satu cara untuk mentranslate kesenangan ke dalam sebuah motor,” beber M. Abidin, GM Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di sela-sela perkenalan X-Ride di Yogyakarta (27/3).

Saat tes ride X-Ride pada Kamis (28/3) kemarin di lereng Gunung Merapi, semua tester dari kalangan jurnalis dan dealer bilang kalau suspensi X-Ride jempolan. Walau melewati medan yang rusak parah, blusukan ke kampung-kampung dan perkebunan, X-Ride tetap nyaman dikendalikan.

Ada beberapa kunci suksesnya X-Ride dibawa blusukan ketampat-tempat ekstrim. Ukuran rim dan diameter ban belakang yang lebih besar, bikin X-Ride mantap menapak jalan rusak. Ukuran bannya depannya 90/70 dan belakangnya 100/70. Lumayan gede untuk ukuran motor matik.

Pendukung lainnya yang bikin X-Ride joss diajak blusukan adalah stroke up suspensi depan dan belakang. Masing-masing bertambah panjang 20mm. Untuk mendukung penambahan panjang suspensi belakangnya, sudut pemasangan mesin bertambah 1.34 drajad dibanding mesin yang terpasang pada Soul GT.

Dan yang paling jempolan adalah pengaplikasian twin tube di suspensi belakangnya. Penggunaan twin tube itu mengakibatkan inner rod-nya jadi lebih gede, 12.5 mm. Dengan suspensi macam ini, makin banyak oli dan udara yang ada di dalamnya. Lalu ada two stage spring. Spring yang rapat pada bagian atas dan lebih renggang pada bagian bawah. Dan itu semua yang bikin X-Ride nyaman banget melibas jalan rusak. “Jarak main atau travel suspensinya juga lebih panjang dibanding suspensi pada skutik kebanyakan,” tambah Abidin.

“Selain itu, motor ini punya ground clearance yang tinggi. Jadi aman melibas banjir,” ucap Eko Prabowo, GM Marketing Communication and Community PT YIMM. Ground clearance nya lebih tinggi 22mm dibanding Soul GT. Maknya X-Ride aman buat jumpang-jamping di area aliran lahar dingin Merapi. Nggak khawatir bodi bawahnya nyangkut di batu.

Tapi jangan turu adegan itu yah.. Itu dilakukan oleh orang-orang yang sudah professional, bukan pemula. Walau bagaimana pun, motor itu tetap sebuah matik yang punya keterbatasan, bukan pure motor trail atau supermoto yang memang di situ habitatnya. Apa lagi engine brake skutik hampir nggak ada, jadi hati-hati itu wajib hukumnya. Pengetesan itu hanya untuk membuktikan kalau X-Ride mampu hidup di dua alam. Jadi kalau Jakarta kebanjiran lagi, jalan raya rusak dan berlubang lagi, X-Ride siap mempermudah perjalanan bro en sis. Safety first, Safety riding…

2 COMMENTS

  1. VDidPG Hmm is anyone else encountering problems with the images on this blog loading? I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s the blog. Any suggestions would be greatly appreciated.