26
2610

Sap7aranu : Project Ambisius Berbasis Realitas Dari Kacamata Pengendara Motor

GILAMOTOR.com. – Sumatera, bahasa Sansekerta menyebutnya sebagai Suwarnadwipa yang berarti ‘emas’. Dan karena arti itulah perjalanan ini bagai kesempatan emas bagi tim Sap7aranu (dibaca: Saptaranu) untuk memulai impian besar mengelilingi bumi Nusantara Indonesia. Lirik mata empat pemotor yang doyan touring terhenti pada sosok pulau yang jadi pulau ke 6 terbesar di dunia dan mereka akan menjelajahinya di atas sepeda motor.

Tak hanya berhenti di Sumatra, di petualangan bermotor berikutnya rombongan Sap7aranu yang terdiri dari Bro Reza yang punya ide awal Sap7aranu, Bro Andre asal Lampung, Bro Rere dan Bro Andry yang profilnya sudah pernah diangkat Gilamotor.com,  akan menyusuri bumi hijau Borneo Kalimantan, pulau yang terus berkembang Celebes Sulawesi hingga ke jantung timur bumi pertiwi Papua sebelum mereka bertolak kembali ke barat menyusuri Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, menyisir elok Bali hingga ‘pulang’ kembali ke tanah Jawa.

Lepas Jakarta, Kalianda menjadi pemberhentian pertama sebelum bergerak lebih dekat dengan danau-danau seperti Ranau, Kerinci, Gunung Tujuh, Diateh-Di bawah,  Singkarak, Maninjau, Laut Tawar hingga eksotisme Toba. Tak berhenti di sana, tim singgah di geliat Ombak Bono hingga merasakan petualangan kuliner Palembang.

Mengapa banyak destinasi wisata air seperti danau? “Kami melihatnya bahwa destinasi-destinasi tersebut butuh perhatian khusus hingga nantinya tak kalah dengan wisata pantai dan pegunungan, sebuah usaha yang  baru sebatas itu yang bisa kami lakukan. Pengembangan potensi lokal yang dibarengi dengan jabat tangan erat bernama diskusi humanis,” jelas tim Sap7aranu.

Andalas – begitu sapaan alias nya – begitu besar, luasan 443.065,8 km2 nya memang tak akan mereka susuri tiap jengkalnya. Tapi dengan perjalanan 7700 kilometer, orang-orang yang sebelumnya bertemu di hajatan Bikers di Nusantaride 2012 lalu yakin sudah memberi yang terbaik untuk Negeri ini.

Sebuah ‘motorcycle-traveling’ , aksi nyata cinta Indonesia dan keinginan ikut serta dalam pengembangan pariwisata serta jabat erat budaya lokal tertuang dalam puluhan halaman catatan perjalanan yang akan diabadikan dalam buku dan video. Sebuah rekam jejak bagi siapapun yang melihat keindahannya. Sumatra. Semua untuk Indonesia kita.

Sap7aranu sendiri tercetus pada tengah tahun 2012 sebagai penamaan agenda eksplorasi dan ekspedisi bermotor (motorcycle expedition) dengan titik tujuan utama yaitu danau-danau, target awal pada bulan Mei 2013 adalah menjalani perjalanan di pulau Sumatra. Dengan visi besar sebagai penyedia informasi wisata alternatif Indonesia di mata dunia dan misi mengangkat potensi wisata lokal yang belum banyak tersentuh, membuat project Sap7aranu menjadi project ambisius berbasis realitas sekaligus menunjukan sikap cinta Tanah Air kepada alam megah Nusantara Indonesia dari kacamata pengendara sepeda motor.

26 COMMENTS

  1. Sayang ya TVS dipake ekspedisi para plagiator. lucu jadinya, mau ngangkat brand tapi nyolong ide orang… tapi bukan salah TVS juga sih, disodorin ide menarik ya TVS tertarik. udah dibuatin semua planning perjalananya, e eh yg ngasih ide yang membuat sponsor pada tertarik sekaligus buat perencanaan detail malah didepak. Orang2 ga tau malu tuh… biker culun ga punya semangat brotherhood..
    Ini link ke dokumen yang dibuat orang lain dan dipake/dijiplak mentah2 sama sap7aranu dan TVS… kalo gak salah nama fb pencetus idenya Andre Prayhard, liat aja di wall ybs tgl 27 April
    https://docs.google.com/spreadsheet/ccc?key=0AhRYcWenCHPhdHQydVBrX1NlcnI5WENfOFo0UkJUUnc&usp=sharing

  2. 4fmCCY I was suggested this blog by way of my cousin. I’m not positive whether this put up is written via him as no one else recognise such exact approximately my problem. You are wonderful! Thank you!