3
1560

Honda Produsen Motor Injeksi No 1 Di Indonesia dan Dunia

GILAMOTOR.com. – Dulu, selamat tinggal motor era dua tak dan selamat datang motor era empat tak. Sekarang, meski belum mengucapkan selamat tinggal pada motor karburator, tapi keberadaannya perlahan mulai digeser ke pinggiran oleh mesin yang pembakarannya diatur otak a.k.a injeksi. Bukan otak macam di kepala manusia, tapi otak berbentuk kotak buatan manusia, ECU.

Kemarin, bersamaan dengan peluncuran Honda Vario 125 CBS with Idling Stop system (ISS), PT Astra Honda Motor (AHM) mendeklarasikan bahwa mereka adalah leader motor injeksi. Nggak cuma di Indonesia, tapi juga di dunia. Acaranya dikemas dalam bentuk theatrical music yang dibawakan oleh para remaja hingga anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka mengenakan kostum berwarna merah dan putih. Di tengah-tangah panggung yang megah di The Hall Senayan City Lt. 8 Jakrta Selatan, ada angka 1 yang gede banget diberi cincin bertuliskan PGM-FI. Artinya, Honda adalah produsen motor nomer wahid yang menggunakan teknologi injeksi.

Honda menjelaskan, posisi Nomor 1 Honda di pasar sepeda motor injeksi di Indonesia ini sejalan dengan catatan sejarah yang pernah diukir Honda di industri sepeda motor global maupun domestik. Di tingkat global, Honda, tercatat sebagai produsen motor pertama yang menggunakan teknologi injeksi yaitu pada tahun 1981 melalui produk Honda CX500TURBO. Pada sepeda motor berkapasitas mesin kecil, Honda juga merupakan produsen motor pertama yang mengimplementasikan teknologi injeksi yaitu melalui Honda Wave 125i pada 2003 di Thailand. Di Indonesia, Honda juga tercatat sebagai pelopor teknologi injeksi pada tahun 2005 melalui produk legendarisnya, Honda Supra X 125 PGM-FI.

Pada tahun ini, selain mencatatkan diri sebagai produsen dengan angka penjualan produk injeksi tertinggi, AHM juga memiliki lini produk yang terbanyak di pasar domestik. Hingga bulan Februari 2013, AHM saat ini memasarkan 10 line up produk motor injeksi, yaitu Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda CB150R StreetFire, Honda PCX150, Honda Verza 150, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Vario 125 PGM-FI, Honda Spacy FI, All New Honda BeAT FI, dan New Honda Scoopy FI.

3 COMMENTS

  1. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ
    absen dl baru baca
    Sent from my BerryBerry® via Bolo Konco Network

  2. ksgYxh Hey there! I’ve been reading your web site for a long time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Houston Tx! Just wanted to tell you keep up the great work!