1
1244

Pabrikan Bikin Motor Ramah Lingkungan, Apa Kita Sudah Ramah Pada Lingkungan?

GILAMOTOR.com. – Pabrikan berlomba-lomba menghadirkan motor ramah lingkungan salah satunya dengan menghadirkan motor injeksi. Ingat, berlomba-lomba di sini bukan untuk mencari siapa yang terbaik atau siapa yang bakal menjadi juara nya, tapi berlomba demi kepentingan bersama untuk menghijaukan bumi kita yang semakin tua dan usang.

Sebagai apresiasi kepada pabrikan yang sudah membuat motor ramah lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memberikan penghargaan kepada motor yang punya emisi gas buang paling ramah lingkungan. Penghargaan itu diberikan kepada motor Honda yang diperoleh dari Hasil Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Tahun 2012. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Prof. DR. Balthasar Kambuaya, MBA kepada Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Margono Tanuwijaya dalam acara Public Expose Program Langit Biru 2012 di Hotel Borobudur, Jakarta (17/12). Selamat yah, Pak.

Cara nemuin motor yang paling ramah lingkungan, gimana.? Begini caranya, KLH menganalisis kandungan polusi dengan standar emisi ECE R-47 dengan parameter jumlah karbon monoksida (CO), karbon dioksisa (CO2), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx), dan konsumsi bahan bakarnya. Nah, dari hasil uji itu kelak bisa ditemukan motor mana yang emisi gas buangnya paling ramah lingkungan.

Dari hasil uji motor tipe baru tahun 2012, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI berada di peringkat pertama motor dengan emisi gas buang terendah dibanding 10 unit motor baru dari 5 pabrikan lain yang ikut uji emisi ini. Supra X 125 Helm in PGM-FI mendapatkan nilai dengan parameter CO sebesar 0,103 gram/km, HC sebesar 0.035 gram/km, dan NOx 0.032 gram/km. Pengujiannya sendiri dilakukan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) – Kementerian Perhubungan.

“Sejalan dengan peraturan pemerintah yang akan menerapkan standar emisi EURO 3 terhitung sejak 1 Agustus 2013, AHM telah mendeklarasikan komitmennya untuk mengimplementasikan teknologi injeksi atau PGM-Fi system di semua line up produk Honda hingga akhir 2013. Langkah ini sebagai salah satu upaya perusahaan berkontribusi dalam menciptakan ‘Langit Biru di Indonesia’,” kata Head of Corporate Communication AHM Kristanto.

Ya, sudah saatnya motor-motor yang ada di bumi ini punya kadar emisi gas buang yang ramah lingkungan. Liat aja akibat pencemaran udara yang udah terasa banget dampaknya macam panas yang makin menyengat, pergantian musim yang nggak jelas dan bencana alam yang banyak menyantap korban jiwa dan harta.

Pabrikan sudah berusaha bikin motor yang ramah lingkungan, kita sebagai pengendara juga kudu ikut mendukung terciptanya lingkungan yang hijau. Gimana caranya..? Ente browsing deh di Internet, buanyak banget tuh ulasan tentang aksi peduli lingkungan.

Yuks kita hijaukan bumi kita.