Tips

Kenali Gejala Kerusakan Fuel Pump V-Ixion

August 3, 2012
Kenali Gejala Kerusakan Fuel Pump V-Ixion

GILAMOTOR.com. – Kerusakan pompa bensin Yamaha V-Ixion kadang bisa bikin pusing. Pasalnya, gejala awalnya bisa membuat pemilik motor mengira bahwa kerusakan ada pada komponen kelistrikan, padahal bukan..

“Saya pernah ngalamain hal ini. Bahkan saya sudah bongkar semua bagian, sampe sempat mengganti beberapa item, ehh ternyata permasalahan terletak pada pompa bensin,” ujar Angga Bawono, mahasiswa PTS di Semarang yang juga pengguna Yamaha V-Ixion.

“Gelagat awal memang tidak terdeteksi, ditandai dengan redupnya head lamp. Karena head lamp tiba-tiba redup, pastinya semua orang akan mengira masalahnya bermuara dari accu,” tambah Angga.

Selain redupnya head lamp, biasanya akan diikuti dengan kurang optimalnya beberapa perangkat yang membutuhkan aliran listrik seperti klakson, lampu sein dan lainnya. Akibat gejala ini, akan memperkuat dugaan setiap orang bahwa biang keroknya adalah accu. Alhasil, meski telah mengganti accu tetapi masalah tetap ada. Nah, hal ini pasti bakal bikin Bro en Sis stress.

Malah ada yang langsung mengganti kiprok, padahal penyakitnya masih nempel di bodi motor.

Keisengan berbuah manis manakala ide untuk mengecek pompa bensin muncul. “Baru inget, kalau bagian ini juga memerlukan aliran listrik,” ujar cowok yang emang hobby maenan prangkat listrik.

Dengan dibantu oleh Ayahnya yang juga karyawan di PT. PLN, Angga mendapati arus yang dibutuhkan oleh pompa bensin motornya mencapai 6 ampere.

“Jelas saja ngedrop, normalnya pompa bensin hanya membutuhkan daya kerja 1,2 ampere,” papar Angga setelah konsultasi dengan Yanto mekanik bengkel Kencana Motor Jl. Raya Bukit Kencana Jaya, Semarang.

Saking penasaran pengen memastikan bahwa masalah benar-benar ada pada pompa bensin, Angga sempat meminjam tangki beserta pompa bensin temannya, alhasil gejala redup hilang seketika.

“Solusinya adalah harus diganti dengan pompa bensin yang baru, paling tidak dengan pengalaman itu, pengeluaran bisa diminimalisir. Dan tentunya komponen itu harus mendapat perhatian dan perawatan khusus,” tutup Angga.

Penulis: D3ns | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: Istimewa





4 Responses to “Kenali Gejala Kerusakan Fuel Pump V-Ixion”

  1. oji says:

    thank,s infonya frend

  2. doni says:

    kurang ajar emang ini gan..mana mahal…jaga” dech yang punya vixion

  3. lon says:

    makasih infonya

  4. ajanxlas says:

    oke sangat membantu artikelnya gan !!






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Angga via Twitter

Karena Lomba Makan Kerupuk Sudah Terlalu Mainstream

Moto Sport

Redding Terancam Gagal Tunggangi Honda RC213V Tahun Depan
Redding Terancam Gagal Tunggangi Honda RC213V Tahun Depan
September 2, 2014

Sebagai rookie dikelas MotoGP, Scott Redding menjadi salah satu rider yang memiliki penampilan cukup bagus. Untuk itu, ia ingin bisa tampil lebih kompetitif tahun depan.

Tim MotoGP Jajal Ban Baru Michelin di Sepang
Tim MotoGP Jajal Ban Baru Michelin di Sepang

Setelah memenangkan tender untuk penggunaan ban tunggal di MotoGP musim 2016 mendatang, kini giliran para tim dan rider yang akan menjajal ban terbaru dari Michelin.

Video News

KTM RC390, Rasakan Aura Balap Setiap Hari
KTM RC390, Rasakan Aura Balap Setiap Hari
September 1, 2014

KTM RC390 mengambil basis mesin Duke 390. KTM mengembangan RC390 untuk memberikan pengalaman berkendara yang luar bisa dan merasakan aura motor balap sepanjang hari.

Facebook

Twitter

Tips

Tambah Pencahayaan, Pasang LED

Sebenarnya bisa saja mengganti bohlam bawaan dengan watt yang lebih besar atau mengganti dengan produk HID. Tapi penggunaan watt yang lebih besar atau menggunakan HID yang tidak tepat malah akan menimbulkan masalah lain bagi reflektor.