0
882

Suzuki Luncurkan Nex Injeksi Akhir Pekan Depan

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Yamaha Mio J tak lama lagi akan kedatangan rival barunya, dia adalah Suzuki Nex FI.

Dijadwalkan, Suzuki Nex FI akan diluncurkan di Bandung dilanjutkan dengan touring dari Bandung menuju Jakarta. Selain touring, Suzuki juga mengadakan acara seru dangan beragam hiburan termasuk test ride New Suzuki Nex FI di kawasan Mega Mall Bekasi.

Saat ini, Suzuki Nex versi karburator dipasarkan dengan harga Rp 12.3 juta on the road Jakarta. Dipastikan akan ada sedikit perbedaan harga antara Nex versi kaburator dan versi injeksi.

Belum ada keterang lebih detik dari Suzuki tentang spesifikasi Nex FI. Tapi bisa jadi tidak akan ada perbedaan jauh dengan versi karburatornya.

Suzuki Nex versi karburator, dibekali mesin 113 cc, 4 langkah, 1 silinder, berpendingin udara, SOHC 2 katup. Mesinnya diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga sebesar 9,4 PS pada 8.800 rpm. Sementara torsinya mencapai 8.7 Nm pada 6.500 rpm.

Suzuki menjelaskan, ada beberapa aspek yang membuat skutik Nex jadi lebih irit bensin.

1. Roller rocker arm. nex telah mengaplikasi roller rocker arm pertama di Asean yang mampu mengurangi hambatan friksional.

2. Motor starter. Motor starter dengan tipe recoil mampu mengurangi hambatan mekanis dan meningkatkan penghematan bbm.

3. Diameter kruk as. Pemangkasan diameter poros engkol mesin atau kruk as yang sebalumnya 28 mm menjadi 25,1 mm, mampu mengurangi hambatan mekanis yang signifikan. Pemangkasan diameter ini menjadikan kruk as lebih kompak dan ringan.

4. Perubahan sirip silinder dan konfigurasi fan. Perubahan ini mampu meningkatkan efisiensi pendingin mesin. Fan penyuplai udara lebih kecil dan ringan sehingga hambatan mekanis juga berkurang.

5. Bobot piston. Bobot piston dikurangi hingga 8.8% dibanding Suzuki Smash yang memiliki bore sama (51 mm). Mengubah diameter pin piston dari 14 mm menjadi 13 mm sehingga lebih ringan dan mengurangi hambatan mekanis. Ukuran H1 (lebar) ring ke-2 sebesar 0.8 mm untuk mengurangi tensi dan mampu menjaga konsumsi bahan bakar yang rendah.

6. Rem depan dan belakang yang kompak. Rumah rem tromol belakang dikurangi dari 130 mm menjadi 120 mm dengan gaya pengereman sama namun bobotnya jadi lebih ringan.

7. Desain rangka. Desain rangka menggunakan pipa besi kotak yang lebih ringan namun memiliki kekuatan yang sama. Dengan desain rangka yang sama dengan Spin, nex memiliki rangka yang lebih ringan 1.7 kg dibanding Spin.

8. Bobot velg yang ringan. Velg mempunya rongga tengah untuk mengurangi bobotnya. Selain itu tromol rem belakang yang kompak membuat dudukan poros roda jadi lebih kecil. Selain mengurangi konsumsi bahan bakar, cara ini juga membuat gerakan jadi lebih baik sehingga berkendara jadi lebih mudah.

9. Tinggi jok. Perubahan desain dimulai dari rangka agar bisa memaksimalkan bentuk jok, luas bagasi di bawahnya dan aspek lain sehingga tinggi joknya hanya 735 mm (10 mm lebih rendah dari BeAT).

Itulah beberapa aspek yang membuat Suzuki nex jadi lebih ringan dan lebih irit bahan bakar. Mesin berkapasitas 113 cc, 4 langkah, 1 silinder, berpendingin udara, SOHC 2 katup, diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga sebesar 9,4 PS pada 8.800 rpm. Sementara torsinya mencapai 8.7 Nm pada 6.500 rpm.

Penulis: @Jayadi72 | Teks Editor: @Jayadi72 | Foto: @Jayadi72