0
734

Honda Kembangkan PGM-FI Menuju Euro3

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Seiring dengan teknologi sepeda motor yang berkembang pesat dan persaingan yang semakin kompetitif demi kepuasan konsumen, membuat pabrikan motor Honda terus mengembangkan teknologi PGM-FI atau Program Fuel Injection.

Dalam hal ini, Honda juga sedang mencoba melakukan perubahan teknologi dari teknologi euro 2 ke euro 3 dengan konsekuensi peningkatan mutu dan kualitas.

Fenomena harmonisasi terhadap teknologi euro sangat cepat, regulasi standar euro banyak digunakan sebagai acuan tata kelola kualitas udara.

“Saat ini Honda berusaha dan ingin memperkenalkan teknologi PGM-FI karena teknologi ini ramah linggkungan dan mudah perawatannya” ujar Ir. Hendy Hariko selaku Manager Technikal Training Dept Honda Astra.

Honda sendiri sebenarnya sudah sejak tahun 1982 menerapkan teknologi PGM-FI, tetapi baru diperuntukan pada kendaraan dengan cc besar seperti pada motor CX500Turbo. Pada motor dengan kapasitas cc yang kecil, Honda pertama kali dipasangkan pada Honda Supra X pada pertengahan tahun 2003, itu juga masih dalam tahap belum sempurna. Puncaknya pada tahun 2005 Honda resmi menerapkan teknologi PGM-FI pada motor Supra X 125cc dan di ikuti Revo AT, PCX, CBR, Spacy dan Vario 125.

Dari segi garansi, teknologi PGM-FI ini memiliki jangka waktu garansi yang cukup panjang yaitu 5 tahun. Di sisi lain, Subhan selaku Manager Servis Publicartion menjelaskan bahwa teknologi PGM-FI ini sangat mudah perawatannya segingga tak perlu sering-sering ke bengkel untuk melakukan pengecekn, terkecuali servis rutin.

Banyak yang membedakan teknologi ini dengan teknologi karburator, salah satunya adalah pengolahan dalam bahan bakar. Pada karburator, partikel bahan bakar lebih besar sedangkan tingkat homogennya dengan udara kecil, begitu juga sebaliknya. Pada injeksi homogeny yang dihasilkan lebih kecil dan homogeny dapat terbakar dengan sempurna.

Keuntungn lain ada 5 poin. irit bbm, irit emisi atau performa lebih baik, mesin mudah dihidupkan meskipun daalam keadaan dingin atau tidak terpakai selama 1 bulan lamanya, ramah lingkungan dan terakhir mudah perawatannya. Dengan katalain, satu teknologi dengan ekstra manfaat.

Penulis: D3ns | Editor: @Jayadi72 | Foto: @Jayadi72