Review / Modifikasi

Kawasaki Ninja RR 150: Khusus Buat OMR

January 24, 2012
Kawasaki Ninja RR 150: Khusus Buat OMR

GILAMOTOR.com. – Sebuah bengkel kebanyakan memiliki motor andalannya, entah itu modifikasi tampilan atau mesin. Contohnya Kawasaki Ninja 150 RR milik bengkel Banky Motor Sport (BMS) ini. Motor bermesin 2 tak ini menjadi andalan bengkel untuk turun di ajang balap kelas OMR 2 tak 150 cc.

Tentunya mesin sudah diupgrade, tapi pastinta enggak bisa bebas upgrade karena harus menyesuaikan regulasi yang ada.

“Sebenarnya speknya enggak ekstrim-ekstrim banget. Mau aplikasi ke motor harian juga bisa,” ungkap Maman, sang mekanik yang mengoprek Ninja ini.

Supaya bisa melaju cepat, ubahan utama motor tim BMS DFR Sinnob Racing Team ini terletak pada silinder head dan karburatornya. Seperti porting-polish dan papas head 0,5 mm supaya kompresi lebih padat. “Kalau karburator pakai copotan Honda RS yang berdiameter 39 mm,” ungkap Maman lagi.

Meski karburator sudah mumpuni, kalau saluran masuk alias intakenya masih standar tentu hasilnya enggak bakalan maksimal. Makanya Maman menggusur intake standar dengan intake V-Force 3.

“Part ini mudah ditemuin kok di speed shop-speed shop,” katanya.

Kalau piston sih standar-standar saja mengikuti regulasi yang ada.

Nah kualitas bagian head dan saluran masuk gas bakar sudah ditingkatkan, enggak ketinggalan saluran gas buang alias knalpot harus mengikuti ubahan dong. Untuk itu knalpot khusus Kawasaki Ninja RR 150 keluaran AHM disematkan. Jadi laju motor enggak ketahan di knalpot yang kurang mumpuni.

Berikutnya tinggal seting dan pasang bagian pendukung lainnya. Seperti gear Sinnob ukuran 16-41 yang dirasa pas untuk turun di Sirkuit Sentul. “Kalau gear sebenarnya menyesuaikan, tapi untuk Sentul ukuran segini udah pas,” tutur Maman dari markas BMS di jalan Juanda, Depok.

Berikutnya pemasangan gas spontan Kitaco supaya buka tutup gas lebih cepat.

Karena memang dibuat khusus untuk balapan, maka bodi motor dibuat ulang semuanya dari bahan fiberglass. Tentu bentuk bagian depan dibuat lebih streamline supaya mudah membelah angin. Untuk karet bundar pakai keluaran FDR.

Pretasi yang sudah ditorehkan motor pacuan Tomi Patria pada tahun lalu cukup lumayan. Tahun 2011 lalu masuk juara 3 kelas OMR 2 tak 150 cc. “Kalau tahun sebelumnya sempat pertama,” bangga Maman…

Spesifikasi

Bodi                             : Custom full fiber

Footstep                      : Nui

Gas spontan                : Kitaco

Ban depan                   : FDR Sport FR slick

Ban belakang              : FDR Sport XR





3 Responses to “Kawasaki Ninja RR 150: Khusus Buat OMR”

  1. Andra says:

    bro, kl mau pesen fairing depannya yg ky begitu dimana ya? trims..

  2. haryudh4 says:

    Mau tanya dong, itu velg ukuran lebar berapa?

  3. yusuf says:

    bos ukuran lingkar alloy nya brp tu






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Angga via Twitter

Karena Lomba Makan Kerupuk Sudah Terlalu Mainstream

Moto Sport

Pembalap YRA Berdoa Untuk Denny Triyugo
Pembalap YRA Berdoa Untuk Denny Triyugo
August 29, 2014

Sebelum YRA dimulai, instruktur YRA asal Jepang Yoshiyaki Kato, mengajak seluruh perserta YRA untuk mendoakan Denny Triyugo Laknono yang meninggal dunia akibat pendarahan otak setelah mengalami kecelakaan di latihan bebas Indoprix 2013 seri 3 di Sentul Kecil.

Ini Kebiasaan Stoner Yang Ditiru Marquez
Ini Kebiasaan Stoner Yang Ditiru Marquez
August 28, 2014

Nggak ada habisnya kalo bahas Marc Marquez. Rider MotoGP ini pasti punya banyak cerita dan hal-hal unik yang kadang gak lazim dilakukan. Salah satunya kebiasaan melibas kerb.

Video News

ICON ZX3-RR, Motor Balap Dengan Android Berbasis Ninja 300
ICON ZX3-RR, Motor Balap Dengan Android Berbasis Ninja 300
August 27, 2014

Produsen apparel terkemuka asal Amerika, ICON belum lama ini memperkenalkan sebuah motor konsep yang diberi nama ICON ZX3-RR. Motor ini dibangun hasil kerja sama dengan Kawasaki Amerika.

Facebook

Twitter

Tips

Bohlam Putus, Ini Pilihan Substitusinya

Bohlam. Komponen ini sebenarnya bukan termasuk komponen fast moving, namun masa pakainya tidak bisa diprediksi, ada yang cepat ada juga yang sangat lama.