Bengkel

BOW Spesialis Body Custom : Dari Byson Sampai CB1000R

January 12, 2012
BOW Spesialis Body Custom : Dari Byson Sampai CB1000R

GILAMOTOR.com. – Muda belum tentu miskin pengalaman, karena pengalaman enggak bisa dilihat dari usia. Seperti halnya dalam dunia modifikasi, kendati belum lama memulai usaha tapi sudah tumbuh cukup besar dan konsumennya pun sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Andika Kairuliawan, juragan Balu Oto Work (BOW)yang bermarkas di Yogyakarta, merupakan satu dari sekian banyak contoh cerita sukses anak muda Indonesia.

Meski baru memulai usaha bengkel modifikasinya pada April 2011 lalu, tapi kini sudah memiliki 15 orang karyawan dan 2 orang freelancer.

Keberadaan BOW hadir untuk melayani modifikasi semua jenis motor, khususnya body custom yang dibuat dari bahan fiber berkualitas.

“Awalnya aku cuma buka jasa pengecatan dengan 1 orang karyawan, lalu mulai main bodi fiber awal Juni 2011 terus nambah 2 karyawan,” ungkapnya dengan logat Jawa.

Dan usahanya terus berkembang, hingga memiliki 15 orang karyawan dan 2 orang freelancer.

Usahanya makin menanjak kala dirinya membeli Yamaha Byson dan bergabung dengan klub Byson Yamaha Owner Indonesia Club (Byonic) Yogyakarta. Untuk memenuhi keinginan penunggang Byson, Andika memulai dengan membuat cover headlamp dengan berbagai model, seperti model Suzuki GSX, Yamaha FZ8, model Transformer sampai alien khusus Yamaha Byson.

Pria yang juga dosen ini pun akhirnya mulai membuka diri untuk menerima pesanan untuk motor selain Byson. Enggak heran kalau akhirnya ada juga Honda CB1000R yang mampir dibengkelnya.

“Honda PCX, Megapro, V-ixion juga sudah pernah ta’ (baca:aku) kerjakan,” ungkapnya.

Dalam menjalankan usahanya, Andika tak membedakan konsumennya, karena dia mengutamakan kepuasan konsumen. Dan menariknya, dia mematok biaya yang lebih terjangkau. Yang juga tak kalah penting menurut pak dosen ini, konsumen yang pesan banyak dan pesan satuan enggak dibedakan karena menyangkut kelangsungan perkembangan usaha bengkelnya.

Saking ingin memuaskan konsumennya, pernah ada konsumennya yang pakai bodi custom buatan BOW mengalami kecelakaan, diganti secara cuma-cuma oleh Andika. Katanya sebagai bonus karena sudah jadi konsumennya.

“Yang penting konsumen puas,” ujarnya singkat.

Dalam mendesain bodi, Andika selalu menggunakan tanah liat sebagai master cetakan yang dibentuk sesuai pesanan.

“Tapi kalau yang pesanan khusus, master tadi akan dihancurkan begitu bodi selesai, biar enggak ada yang menyamakan,” yakinnya.

Pria ramah ini juga kasih garansi produknya loh. “Pokoknya sampe kepasang dimotor, kalau pas dipasang ada yang retak, ta’ ganti,” katanya.

Produk-produknya berharga mulai dari seratus ribuan hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitan dan banyaknya material yang digunakan.

Selain pembuatan bodi, BOW juga menerima pengecatan dan airbrush untuk motor.  “Rencana mau tambah krom dan watertransfer,” ungkap Andika.

Mau tau berapa luas area bengkelnya? 1000 m2 bro. manteps kan..?

Mau dong bikinin body custom buat motor saya.!!

Balu Oto Work

Jl. Pramuka no.53, Giwangan, Yogyakarta.

Telp: 08562921254





8 Responses to “BOW Spesialis Body Custom : Dari Byson Sampai CB1000R”

  1. niko says:

    haha..
    masuk GilaMotor juga agan neh..
    aq salah satu konsumennya agan andika..
    dan diatas ada d tulis ada konsumen yg kecelakaan trus d ganti scara cuma2.. ITU AKUUUUUU.. :D
    ga nyangka ajj d kasii gratis ama agan andika..
    haha..
    thnks berat lah untuk agan yg satu neh..
    smuga semakin sukses slalu agan ANDIKA :D

  2. ipanase says:

    kameren pas ultah BYONIC jogja, ketemu BALU juha, looo,,,BOW,,,RACUN BUAT BYSON,,,ckckck
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/08/happy-1st-anniversary-byonic-jogjakarta/

  3. Wahyu Setiawan says:

    Bro klo bkin batok kepala model ky contoh tp buat TVS apache nyampe berapa ya n berapa mggu penggarapan ,.,. Suwun
    Wahyu dari Tegal

  4. thx to all agan2, niko :siph bro, ati2 ye bro, @wahyu, bisa bro, langsung ke fanpage balu oto work atau ke baluotowork.com aja bro :) , @ipanase & @fuad, siph bro, thx bro :)

  5. kentangjahat says:

    Jl. Pramuka no.53, Giwangan, Yogyakarta.
    Telp: 08562921254 ternyata deket kampusnya adeku di UAD. Ma smk muhamadiyahnya deket ga?

  6. Single Fighter Byson says:

    gw tau ini BALU.
    koq bisa masuk gilmot sih? padahal nih BALU kemaren2 ngehina Tauco Costum.
    blum lagi jiplak Cover Headlamp karya Neo Concept Jogja dan juga Part Byson kayak cover spakbor Dex Arto. belum lagi jiplak kalung leher byson dari modifikator Bali.

    koq bisa sih masuk gilmot? kecewa gw sebagai pemerhati modifikasi di indonesia :(

  7. arga says:

    bang andika itu kalo order bs dikirim ato hanya utk lokal jgja saja? buat CP hnya no hp diatas saja ato ada pin or email? tnks






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Fuad Arsyadi Gendut via Facebook Fan Page

Banyak Pelanggar Lalu-lintas, Batman Turun Ke Jalan

Moto Sport

Pedrosa Pindah Ke Suzuki?
Pedrosa Pindah Ke Suzuki?
April 24, 2014

Pedrosa masih mepriotitaskan tawaran dari Honda. Jika Honda memberi penawaran untuk tetap di HRC dua tahun ke depan, tentunya Pedrosa akan memilih bersama Honda. Namun jika Honda sudah tidak menginginkannya, bukan tak mungkin Pedrosa akan memilih mesin XRH-1 milik Suzuki.

Argentina Jadi Tantangan Baru Buat Marquez dan Pedrosa
Argentina Jadi Tantangan Baru Buat Marquez dan Pedrosa

Sirkuit ini sudah 15 tahun tak menggelar balapan motor paling bergengsi sejagad ini. Dengan kata lain, ini akan jadi tanda tanya besar bagi setiap pebalap karena mereka tak mengenal baik sirkuit ini.

Video News

Jebak Pebalapnya, Aprilia Luncurkan RSV4 Baru
Jebak Pebalapnya, Aprilia Luncurkan RSV4 Baru
April 3, 2014

Di lokasi acara dihadiri oleh para pekerja pabrik dan beberapa orang yang terlibat di tim balap WSBK dengan dua unit motor yang ditutupi kain berwarna merah. Marco dan Sylvain yang didapuk untuk membuka selubung kain merah.

Facebook

Twitter

Tips

Pasang Lampu HID, Kenali Macam dan Hukumnya

Penggunaan lampu HID (High Intesity Discharge) pada sepeda motor kini semakin marak. Tujuannya, untuk menambah penerangan khususnya saat perjalanan malam hari.