Tips

Cara Mengganti Pelampung Honda SupraX 125 dan Karisma

November 17, 2011
Cara Mengganti Pelampung Honda SupraX 125 dan Karisma

GILAMOTOR.com. – Bro en Sis penunggang Honda SupraX 125 dan Karisma mungkin pernah mengalami indicator bensin di panel instrument menghilang atau tak berfungsi. Hal ini jelas membuah bingung untuk memprediksi apakan bensin di tangki motor masih cukup banyak atau sedikit.

Hal itu dialami oleh Anto,seorang pengguna Honda Karisma yang terlihat bingung saat indikator bensinnya menghilang. “Heran banget,indikator bensin doang yang mati tapi spidometer, odometer, sama indikator lampu nyala semua, padahal bensin masih penuh,” katanya. Setelah dibawa ke bengkel, ternyata sensor di pelampung bensinnya divonis bermasalah (gbr.1).

“Untuk memastikan, coba sambung ujung kedua kabel yang menuju soket pelampung bensin. Kalau indikator bensin terisi penuh, berarti sensor pelampung bensinnya sudah rusak,” kata Sugiarto dari Angkasa Jaya Motor.

“Sensor di pelampung bensin mulai bermasalah karena usia pakai,” tambah pria yang bermarkas di Jl. Sumur Batu Raya No. 46, Kemayoran-Jakarta Pusat ini.

Sayangnya sensor pelampung tersebut enggak bisa diperbaiki, mau enggak mau harus ganti satu set berikut pelampungnya. Harga part ini di dealer resmi dibanderol sekitar Rp 74 ribu.

Tapi tenang, bisa kok dikerjakan sendiri dirumah dan cukup mudah. Lumayan juga kan, bisa menghemat biaya jasa pemasangan. Yuk intip caranya…

Langkah pertama harus melepas bagasi terlebih dulu dengan melepaskan empat baut menggunakan kunci T8 untuk menggapai soket pelampung bensin yang terletak di balik bagasi(gbr.2). Dua baut didekat tangki dan dua baut lagi ada di dalam bagasi.

Selanjutnya lepaskan cincin pengunci pelampung bensin dengan obeng minus berukuran agak besar yang diketok dengan palu berlawanan arah jarum jam (gbr.3). Ingat, mengetoknya jangan terlalu keras ya!!

Setelah terlepas,keluarkan pelampung dari tangki dan lepaskan juga soketnya (gbr.4). Selanjutnya tinggal sambungkan soket pelampung yang baru. Jangan lupa juga memasang kembali cincin pelampung tadi ke pelampung yang baru (gbr.5).

Nah, tinggal rapikan kembali parts yang sudah dibongkar dengan urutan kebalikan saat membongkar.

Tuh dia, nongol lagi deh indikator bensinnya.





4 Responses to “Cara Mengganti Pelampung Honda SupraX 125 dan Karisma”

  1. endra says:

    Bro mo tanya nih kl spedometer digital karisma ga bisa balik ke nol lg ya, apa cuma sampe 9999999

  2. hendra says:

    Bro, mw tnya donk. Khan gw ud ganti pelampung tuh dan bener indikatornya muncul lg tp full bar terus mau tangki full atw hampir kosong. Solusinya kira2 bagaimana y?

    Thanks

  3. kuswendo says:

    bro… mow tanya nich,. klo spedometer honda kharisma X punya saya koq ordo meternya ga jalan..yah padahal indikator gigi nyala,lampu netral juga nyala, ampere bensin juga nyala.. tapi pada saat starter jarum km mentok ke kanan dan balik lagi ke kiri..kira kira apanya yang rusak yah,.. ?

  4. sugiarto says:

    Bisa balik ke nol lagi bawa saja ke angkasa jaya motor






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Angga via Twitter

Karena Lomba Makan Kerupuk Sudah Terlalu Mainstream

Moto Sport

Redding Terancam Gagal Tunggangi Honda RC213V Tahun Depan
Redding Terancam Gagal Tunggangi Honda RC213V Tahun Depan
September 2, 2014

Sebagai rookie dikelas MotoGP, Scott Redding menjadi salah satu rider yang memiliki penampilan cukup bagus. Untuk itu, ia ingin bisa tampil lebih kompetitif tahun depan.

Tim MotoGP Jajal Ban Baru Michelin di Sepang
Tim MotoGP Jajal Ban Baru Michelin di Sepang

Setelah memenangkan tender untuk penggunaan ban tunggal di MotoGP musim 2016 mendatang, kini giliran para tim dan rider yang akan menjajal ban terbaru dari Michelin.

Video News

KTM RC390, Rasakan Aura Balap Setiap Hari
KTM RC390, Rasakan Aura Balap Setiap Hari
September 1, 2014

KTM RC390 mengambil basis mesin Duke 390. KTM mengembangan RC390 untuk memberikan pengalaman berkendara yang luar bisa dan merasakan aura motor balap sepanjang hari.

Facebook

Twitter

Tips

Tambah Pencahayaan, Pasang LED

Sebenarnya bisa saja mengganti bohlam bawaan dengan watt yang lebih besar atau mengganti dengan produk HID. Tapi penggunaan watt yang lebih besar atau menggunakan HID yang tidak tepat malah akan menimbulkan masalah lain bagi reflektor.