4
21123

Cara Mengganti Pelampung Honda SupraX 125 dan Karisma

GILAMOTOR.com. – Bro en Sis penunggang Honda SupraX 125 dan Karisma mungkin pernah mengalami indicator bensin di panel instrument menghilang atau tak berfungsi. Hal ini jelas membuah bingung untuk memprediksi apakan bensin di tangki motor masih cukup banyak atau sedikit.

Hal itu dialami oleh Anto,seorang pengguna Honda Karisma yang terlihat bingung saat indikator bensinnya menghilang. “Heran banget,indikator bensin doang yang mati tapi spidometer, odometer, sama indikator lampu nyala semua, padahal bensin masih penuh,” katanya. Setelah dibawa ke bengkel, ternyata sensor di pelampung bensinnya divonis bermasalah (gbr.1).

“Untuk memastikan, coba sambung ujung kedua kabel yang menuju soket pelampung bensin. Kalau indikator bensin terisi penuh, berarti sensor pelampung bensinnya sudah rusak,” kata Sugiarto dari Angkasa Jaya Motor.

“Sensor di pelampung bensin mulai bermasalah karena usia pakai,” tambah pria yang bermarkas di Jl. Sumur Batu Raya No. 46, Kemayoran-Jakarta Pusat ini.

Sayangnya sensor pelampung tersebut enggak bisa diperbaiki, mau enggak mau harus ganti satu set berikut pelampungnya. Harga part ini di dealer resmi dibanderol sekitar Rp 74 ribu.

Tapi tenang, bisa kok dikerjakan sendiri dirumah dan cukup mudah. Lumayan juga kan, bisa menghemat biaya jasa pemasangan. Yuk intip caranya…

Langkah pertama harus melepas bagasi terlebih dulu dengan melepaskan empat baut menggunakan kunci T8 untuk menggapai soket pelampung bensin yang terletak di balik bagasi(gbr.2). Dua baut didekat tangki dan dua baut lagi ada di dalam bagasi.

Selanjutnya lepaskan cincin pengunci pelampung bensin dengan obeng minus berukuran agak besar yang diketok dengan palu berlawanan arah jarum jam (gbr.3). Ingat, mengetoknya jangan terlalu keras ya!!

Setelah terlepas,keluarkan pelampung dari tangki dan lepaskan juga soketnya (gbr.4). Selanjutnya tinggal sambungkan soket pelampung yang baru. Jangan lupa juga memasang kembali cincin pelampung tadi ke pelampung yang baru (gbr.5).

Nah, tinggal rapikan kembali parts yang sudah dibongkar dengan urutan kebalikan saat membongkar.

Tuh dia, nongol lagi deh indikator bensinnya.

4 COMMENTS

  1. Bro, mw tnya donk. Khan gw ud ganti pelampung tuh dan bener indikatornya muncul lg tp full bar terus mau tangki full atw hampir kosong. Solusinya kira2 bagaimana y?

    Thanks

  2. bro… mow tanya nich,. klo spedometer honda kharisma X punya saya koq ordo meternya ga jalan..yah padahal indikator gigi nyala,lampu netral juga nyala, ampere bensin juga nyala.. tapi pada saat starter jarum km mentok ke kanan dan balik lagi ke kiri..kira kira apanya yang rusak yah,.. ?