Tips

Upgrade Performa V-Ixion, Perhatikan Seting Angin dan Bensin

September 9, 2011
Upgrade Performa V-Ixion, Perhatikan Seting Angin dan Bensin

GILAMOTOR.com. – Beberapa pemilik motor Yamaha V-Ixion masih merasa khawatir untuk meningkatkan performa motornya dengan melakukan perubahan atau penambahan kapasitas mesinnya. Sistem pengkabutan bahan bakar injeksi, menjadi salah satu alasannya.

Ada juga yang mengatakan bahwa komponen-komponen aftermarket khusus untuk V-Ixion seperti ECU dan Fuel Controller  masih sulit didapat di pasaran, sehingga langkah bore up akan sia-sia tanpa komponen itu. Atau mungkin akan berakibat buruk.

Namun demikian, Afandi dari Afandi Motor Sport (AFMoS) mengatakan tak perlu khawatir. Menurut punggawa AFMoS yang sudah banyak membedah mesin V-Ixion ini, kuncinya ada pada pengaturan bukaan angin dan suplai bahan bakar.

“Ada beberapa unit V-Ixion yang sudah saya bore up, mulai 160 sampai 200cc dan sampai sekarang tidak ada masalah, meski komponen pendukungnya masih standar bawaan V-Ixion,” tutur Afandi.

“Kuncinya ada pada pengaturan bukaan angin dan suplai bahan bakarnya. Dulu saya gunakan komponen Fuel Management Interface untuk memanipulasi setingan ECU agar suplai bahan bakar bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tapi berhubung sekarang harganya cukup mahal, saya atur suplai bahan bakarnya dengan alat FIDT (Fuel Injection Diagnostic Tool),” tambahnya.

Menurut pemilik bengkel yang juga anggota Yamaha V-Ixion Club Indonesia (YVCI), permasalahan sering timbul karena tak ada ubahan pengaturan bukaan angin pada throttle body dan asupan bahan bakar ke ruang bakar.

“Pernah ada masalah pada V-Ixion konsumen saya. Ternyata masalahnya karena dia mengganti knalpot tanpa mengatur ulang bukaan angin dan suplai bahan bakarnya. Tapi selebihnya gak ada masalah. Bahkan yang sudah 200cc pun sampai sekarang baik-baik saja,” pungkasnya.

Berbeda dengan AFMoS, Kepala Bengkel AHRS di bilangan Depok, Jawa Barat Asep Yusuf Hamdani mengatakan memang tidak menyarankan untuk upgrade mesin V-Ixion. Namun dia juga mengatakan, timnya punya cara jitu yang cukup ampuh untuk meningkatkan performa V-Ixion.

Menurutnya, langkah yang dilakukan bisa dengan porting polished dan ubah knalpot free flow.

AFMoS

Jl. Cileduk Raya No.58 B

Petukangan Utara, Jakarta Selatan

087880081119

Penulis/Foto : @jayadi72

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”





4 Responses to “Upgrade Performa V-Ixion, Perhatikan Seting Angin dan Bensin”

  1. masbonto says:

    vixion pake CDI? hah?

  2. gasspoll says:

    ga saluh tuh pake cdi di ganti karbu dulu kali ya hahaha

  3. Gilmot says:

    Iya, ada salah penulisan mas bro..
    Thanks sudah diingetin… Salam GilaMotor

    :)

  4. hermes website paris Upgrade Performa V-Ixion, Perhatikan Seting Angin dan Bensin | Gilamotor Evalube






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Fuad Arsyadi Gendut via Facebook Fan Page

Banyak Pelanggar Lalu-lintas, Batman Turun Ke Jalan

Moto Sport

Kevin Schwantz : Motor MotoGP Suzuki Mirip GP250
Kevin Schwantz : Motor MotoGP Suzuki Mirip GP250
April 18, 2014

Umurnya sudah tak muda lagi, kelihatan dari kulit wajahnya yang berhias banyak kerutan, tapi Schwantz masih punyan tenaga untuk mengendalikan prototype Suzuki di sirkuit yang sangat teknikal dan menutut performa fisik itu.

Lorenzo : Ada Nyamuk Di Helm Ku
Lorenzo : Ada Nyamuk Di Helm Ku
April 14, 2014

Aneh memang melihat balapan MotoGP seri kedua di sirkuit Austin, Texas (13/4). Pebalap sekelas Jorge Lorenzo melakukan kesalahan besar yang harusnya tak pantas dilakukan oleh pebalap pemangang gelar dua kali juara dunia.

Video News

Jebak Pebalapnya, Aprilia Luncurkan RSV4 Baru
Jebak Pebalapnya, Aprilia Luncurkan RSV4 Baru
April 3, 2014

Di lokasi acara dihadiri oleh para pekerja pabrik dan beberapa orang yang terlibat di tim balap WSBK dengan dua unit motor yang ditutupi kain berwarna merah. Marco dan Sylvain yang didapuk untuk membuka selubung kain merah.

Facebook

Twitter

Tips

Pasang Lampu HID, Kenali Macam dan Hukumnya

Penggunaan lampu HID (High Intesity Discharge) pada sepeda motor kini semakin marak. Tujuannya, untuk menambah penerangan khususnya saat perjalanan malam hari.