Tips

Upgrade Performa V-Ixion, Perhatikan Seting Angin dan Bensin

September 9, 2011
Upgrade Performa V-Ixion, Perhatikan Seting Angin dan Bensin

GILAMOTOR.com. – Beberapa pemilik motor Yamaha V-Ixion masih merasa khawatir untuk meningkatkan performa motornya dengan melakukan perubahan atau penambahan kapasitas mesinnya. Sistem pengkabutan bahan bakar injeksi, menjadi salah satu alasannya.

Ada juga yang mengatakan bahwa komponen-komponen aftermarket khusus untuk V-Ixion seperti ECU dan Fuel Controller  masih sulit didapat di pasaran, sehingga langkah bore up akan sia-sia tanpa komponen itu. Atau mungkin akan berakibat buruk.

Namun demikian, Afandi dari Afandi Motor Sport (AFMoS) mengatakan tak perlu khawatir. Menurut punggawa AFMoS yang sudah banyak membedah mesin V-Ixion ini, kuncinya ada pada pengaturan bukaan angin dan suplai bahan bakar.

“Ada beberapa unit V-Ixion yang sudah saya bore up, mulai 160 sampai 200cc dan sampai sekarang tidak ada masalah, meski komponen pendukungnya masih standar bawaan V-Ixion,” tutur Afandi.

“Kuncinya ada pada pengaturan bukaan angin dan suplai bahan bakarnya. Dulu saya gunakan komponen Fuel Management Interface untuk memanipulasi setingan ECU agar suplai bahan bakar bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tapi berhubung sekarang harganya cukup mahal, saya atur suplai bahan bakarnya dengan alat FIDT (Fuel Injection Diagnostic Tool),” tambahnya.

Menurut pemilik bengkel yang juga anggota Yamaha V-Ixion Club Indonesia (YVCI), permasalahan sering timbul karena tak ada ubahan pengaturan bukaan angin pada throttle body dan asupan bahan bakar ke ruang bakar.

“Pernah ada masalah pada V-Ixion konsumen saya. Ternyata masalahnya karena dia mengganti knalpot tanpa mengatur ulang bukaan angin dan suplai bahan bakarnya. Tapi selebihnya gak ada masalah. Bahkan yang sudah 200cc pun sampai sekarang baik-baik saja,” pungkasnya.

Berbeda dengan AFMoS, Kepala Bengkel AHRS di bilangan Depok, Jawa Barat Asep Yusuf Hamdani mengatakan memang tidak menyarankan untuk upgrade mesin V-Ixion. Namun dia juga mengatakan, timnya punya cara jitu yang cukup ampuh untuk meningkatkan performa V-Ixion.

Menurutnya, langkah yang dilakukan bisa dengan porting polished dan ubah knalpot free flow.

AFMoS

Jl. Cileduk Raya No.58 B

Petukangan Utara, Jakarta Selatan

087880081119

Penulis/Foto : @jayadi72

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”





5 Responses to “Upgrade Performa V-Ixion, Perhatikan Seting Angin dan Bensin”

  1. masbonto says:

    vixion pake CDI? hah?

  2. gasspoll says:

    ga saluh tuh pake cdi di ganti karbu dulu kali ya hahaha

  3. Gilmot says:

    Iya, ada salah penulisan mas bro..
    Thanks sudah diingetin… Salam GilaMotor

    :)

  4. hermes website paris Upgrade Performa V-Ixion, Perhatikan Seting Angin dan Bensin | Gilamotor Evalube

  5. see by chloe says:

    美しさと多くのユーティリティの楽しいブレンド、すべて右の革ハンドバッグ ユーザーのいくつかの人格を向上させることができるはずです。適切な付属品を置くことによっておそらく彼を強化/ものを自分の何回も、それが見えるだけでなくまた良いファッション声明を行うことで着用者を美化します。女性、彼女のハンドバッグは最も影響を及ぼす最後の仕上げとしてみなされます。私たちの家族完了した衣類を検査して、我々 他手十代保護、女性のバッグに固執したり友人にそれらを引き渡す者 doesn メインお下がりのお店に移動します。
    [url=http://www.fortwhaley.com/style/chloe/index.html]see by chloe[/url]






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Facebook Fan

Box Motor Yang Super Multi Fungsi

Moto Sport

Immanuel, Sigit PD dan Sudarmono Siap Tarung Di Suzuka
Immanuel, Sigit PD dan Sudarmono Siap Tarung Di Suzuka
July 24, 2014

Setelah melewati edukasi cukup panjang, tiga pembalap Immanuel Pratna, Sigit PD dan Sudarmono bakal bekompetisi di Suzuka 4 Hours Endurance Race di sirkuit Suzuka pada 25-26 Juli mendatang.

Elektronik Di MotoGP, Menaikkan Kecepatan dan Menurunkan Tenaga
Elektronik Di MotoGP, Menaikkan Kecepatan dan Menurunkan Tenaga

14 tahun yang lalu, awal era 4-tak menggantikan 2-tak yang dianggap tidak ramah lingkungan. Mesin 500 cc 2-tak digantikan mesin 4-tak 990cc.

Video News

Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
July 17, 2014

Dalam video itu digambarkan bagaimana sepasang kekasih mengisi hari-harinya bersama CBR300R dan CB300F, mulai dari bersosialita hingga touring.

Facebook

Twitter

Tips

Pilih Ukuran Ban, Perhatikan Lebar Pelek Lo, Bro

Sayangnya, banyak pemotor yang nggak paham dalam memilih ban, khususnya soal ukuran. Misal, penggunaan ban besar tapi tak ditopang oleh pelek yang sesuai dan ubahan pada pembakaran dan gir nya.