0
1909

Perhatikan Busi Vespa Anda

GILAMOTOR.com. – Busi masih menjadi masalah utama para pengguna Vespa, khususnya Vespa yang sudah berumur.

Tak sedikit orang yang mengenal Vespa, beranggapan bahwa motor ini merupakan motor yang paling sering ganti busi. Wajar, pasalnya sejak dulu para pemilik Vespa sering membawa busi cadangan di bagasinya. Khawatir kalau-kalau si lebah besi nya ngadat di tengah perjalanan.

“Biasanya kalau motor sudah tidak enak diajak jalan, mesin seperti mbrebet atau seperti mau mati, komponen utama yang biasa dicek adalah busi. Bisa jadi businya sudah kotor karena kerak proses pembakaran di ruang bakar,” terang Deni Setiawansyah punggawa bengkel Bogor Scooter Fashion.

Lebih jauh Deni menjelaskan, cukup bersihkan ujung busi secara rutin. Atau setidaknya seminggu sekali dan itu bisa memperpanjang usia pemakaian busi.

Jika busi sudah dibersihkan tapi indikasi motor mulai tidak enak itu masih ada, Deni menyarankan untuk memeriksa platina dan karburator. Dua komponen ini juga perlu diperhatikan. Rutin-rutin lah membersihkan karburator agar suplai bahan bakar bisa berjalan baik.

Masalah yang sering terjadi pada karburator Vespa, biasanya ada pengendapan debu dan uap air. “Setidaknya sebulan sekali bersihkan karburatornya. Kalau tiga komponen ini selalu dalam kondisi baik, Vespa pun akan tetap prima,” tutup Deni.

Penulis/Foto : @jayadi72

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”