0
1581

Free Your Soul Yamaha Angkat Budaya Yogyakarta

GILAMOTOR.com, Yogyakarta. – Semekain mendekatkan diri dengan kaum muda, program Free Your Soul Yamaha yang biasanya hanya melalui high school band competition, tahun ini Yamaha menambah konten program tersebut dengan lomba indie comic, indie clothing dan indie poster.

Yang istimewa, tahun ini Yamaha akan mengirim pemenang high school band competition ke Korea Selatan untuk mengukuti Asian Beat Band Competition. Perhelatan ini terselenggara atas kerjasama Yamaha Motor dengan Yamaha Music yang digelar di Yogyakarta pada 18 September dan Jakarta pada 25 September serta Bandung pada 2 Oktober mendatang.

Di Yogyakarta sendiri, acara digelar di Universitas Pembangunan Nasional Veteran yang dihadiri sekitar 4 ribuan pengunjung yang sebagian besar merupakan kaum muda dan komunitas indie musik, grafiti, distro dan clothing.

Dalam perhelatan ini khususnya pada lomba indie clothing, sarat dengan budaya Yogya di mana para peserta menggambarkan karyanya dalam bahasa Yogya dengan kombinasi landmark “Kota Gudeg” itu, alat-alat musik daerah dan batik Yogya. Tak hanya itu, peserta high school competition band pun membawakan lagu-lagu aransemen daerah Yogya sehingga makin menunjukkan ciri khas daerah itu. Puncak acara diisi band indie, Captain Jack, yang menyedot perhatian besar dari pengunjung.

Konsep event Free Your Soul ini diusung Yamaha Motor sebagai penyelenggara sedangkan Yamaha Music menyeleksi peserta yang tampil di high school band competition dan menjadi juri penilai. Final akan digelar di Bandung dan jawaranya akan dikirim ke Asian Beat Band Competition.

Untuk lomba indie clothing aktivitasnya diisi dengan kompetisi desain t-shirt mengambil tema high school band competition. Tema yang sama untuk kompetisi indie comic dengan membuat comic strip. Sedangkan untuk indie poster menggabungkan tema high school band competition dan free your soul. Kegiatan lainnya juga digelar seperti lomba graffiti, body painting, fotografi, bmx dan stunt rider.

”Musik sangat dekat dengan anak muda. Begitu pula dengan kegiatan seni lainnya dengan media komik, clothing dan poster. Melalui Free Your Soul mereka bisa menyalurkan bakat dan kreatifitasnya. Apalagi ada reward di tahun ini dari Yamaha dengan mengirimkan juara kompetisi band ke Korea Selatan. Ini memotivasi mereka untuk semakin berkarya lebih baik lagi,” ungkap Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Kegiatan Free Your Soul yang dekat dengan anak-anak muda ikut mempertegas imej Mio. Sangat terlihat dari Mio Soul baru yang nama lima warnanya disesuaikan dengan tagline-nya “The Spirit of Indie” yakni Black Progressive Red, Funky Red, Techno Blue, Disco Green dan Rockin White. Mio dan Mio Soul terbaru menonjolkan grafis artistik yang sesuai dengan selera konsumen muda. Mio menyasar kaum muda perempuan sedangkan Mio Soul sesuai untuk laki-laki muda.

Penulis/Foto : @Jayadi72/Yamaha