Profil Bengkel

Ponorogo Motor Sport : Spesialis Honda Tiger

August 15, 2011
Ponorogo Motor Sport : Spesialis Honda Tiger

GILAMOTOR.com, Jakarta. – PMS alias Ponorogo Motor Sport. Bagi sebagian penunggang Honda Tiger di wilayah Jakarta dan sekitarnya, nama bengkel ini mungkin sudah tak asing lagi. Pasalnya, bengkel yang di-nahkodai oleh Parno setiap harinya bisa melayani lebih dari 30 unit Honda Tiger. Terlebih saat memasuki akhir pekan, pasiennya bisa mencapai angka 50an unit motor Tiger.

Itu baru Honda Tiger, belum motor sport dari brand lain. Menurut punggawa bengkel yang bermarkas di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan ini, meski memposisikan bengkelnya sebagai spesialis Honda Tiger, PMS juga tak menutup diri untuk memberi pelayanan pada motor lain seperti MegaPro, Yamaha V-Ixion, Scorpio, Kawasaki Ninja dan bahkan motor bebek.

“Makin banyak pasien mekaniknya juga makin banyak. Sekarang sudah ada 11 tenaga mekanik di bengkel ini, semuanya masih ada hubungan saudara,” tutur Parno. “Alasannya biar gampang kalau diomongin atau diatur,” tambahnya.

Awal berdiri pada 23 April 2003, PMS hanya diperkuat oleh tiga tenaga mekanik termasuk dirinya. Seiring berjalannya waktu, kepercayaan dari para penunggang Honda Tiger terhadap hasil kerjanya mulai tumbuh. Tak pelak, penambahan pasukan pun dilakukan.

Sejak awal berdiri, bengkel yang dulu menyewa sebuah kontrakan bekas warteg ini memang memposisikan diri sebagai spesialis Honda Tiger. Namun seiring berjalannya waktu pula, pengguna motor lain mempercayakan penanganan motornya pada Parno dan awak bengkelnya. Khususnya pelanggan yang pernah jadi pengguna Honda Tiger dan telah beralih ke merek atau tipe lain.

Menurut lelaki yang pernah bekerja sebagai kepala mekanik bengkel resmi Honda di bilangan Pondok Labu ini, mayoritas pelanggannya datang dari kalangan komunitas atau klub motor.

“Kedengarannya mungkin klise, tapi sedari dulu PMS senantiasa menawarkan biaya jasa yang murah dengan jaminan kepuasan. Meski tidak selalu saya tangani langsung, tapi sentuhan akhir setiap motor yang dikerjakan di PMS tetap di tangan saya,” ungkap lelaki yang senang ngomong sambil tersenyum ini.

Selain masalah harga, ada ada penawaran lain dari bengkel ini yang mungkin tak diberikan oleh bengkel umum lainnya yakni layanan 24 jam di areal Jabodetabek bagi para konsumen setianya. Tak heran jika kini pelanggan PMS datang dari wilayah Cilegon dan Bogor. Bahkan tidak sedikit biker luar kota yang kebetulan touring ke Jakarta menyempatkan mampir ke PMS.

Biaya jasa servis di tempat ini memang relatif murah. Untuk biaya jasa servis hanya dipatok Rp 20 ribu. Sementara untuk biaya jasa turun mesin dikenai biaya Rp 100 ribu.

Satu di antara popularitas jasa PMS yang dikenal dan menjadi refrensi kalangan bikers, yakni soal setting klep. “Iya, pelanggan mengaku senang dengan settingan klep di PMS,” tutur ayah dengan dua putra ini.

Dalam pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya, Parno dan krunya selalu menanyakan untuk kebutuhan apa motor ini nantinya. Pasalnya, setiap kebutuhan akan membedakan pengerjaannya. Misal kebutuhan touring, jelas ada pergantian komponen yang umum dilakukan, yakni perubahan spuyer dari ukuran 122 ke 125, serta pilot jet yang dinaikkan dari ukuran 38 ke 40. Ubahan ini diakui akan berpengaruh pada konsumsi BBM, tapi perubahannya tak bergeser jauh dari kondisi standar. Menurutnya, setelah perubahan ini konsumsi BBM disebut berada di kisaran 28 – 30 km/liter.

Biaya untuk pergantian kedua komponen ini sekitar Rp 120 ribu, dengan menggunakan komponen keluaran Keihin. Tapi imbasnya nafas tarikan mesin jadi lebih panjang.

Selain dikenal spesialis mesin, PMS juga dikenal sebagai workshop kaki-kaki limbah. Jam operasional PMS sendiri dimulai sejak pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore dan hanya tutup setiap hari Jumat.

Ponorogo Motor Sport

Jl. Raya Ciledug Gg. Sabar No. 25 A

Petukangan – Jakarta Selatan

Telp. (021) 7376658

HP. 0815 9917843





8 Responses to “Ponorogo Motor Sport : Spesialis Honda Tiger”

  1. caesario says:

    jauh bnr tp om momod alamat nya…
    X_X

  2. motormaniac says:

    Hey guys check this cool new game on YouTube

    http://bit.ly/nXny15

    Accelerate to win
    However, do not win to have much more fun

  3. arman tamansari says:

    nek arep mbengkel ne runu uaadoh mak sko sambit…hehehehe
    sukses selalu bos….

  4. adi says:

    siang saya pengguna tiger oktober 2011 masih gress n standar, kalo pagi stater electric ga bs dipake, hrs engkel 5 sampe 6x posisi off kemudian di onkan baru bs hidup, pertanyaannya apa yg hrs diperbaiki agar stater electric bs berfungsi saat pagi, n agar motor saya lari kencang ato yg terbaik lah apa yg hrs saya lakukan tq atas sarannya adi

  5. arief says:

    mlm mas,mau tanya dikit,posisi bengkel n ancer2nya dmna y

  6. suwandi says:

    permisi mas,.,.sya mw nanya ni,.,.klw mslah velg bsa di bantu jg ya pemasangan yg bner gm,na.,mksi sblm nya

  7. Thiѕ is very intеreѕting,
    You are а very skillеd blogger. I’ve joined your rss feed and look forward to seeking more of your fantastic post. Also, I’ѵe shared your website in my sоcial netwοrks!

  8. andar says:

    Karbu tiger revonya mantap….






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Facebook Fan

Box Motor Yang Super Multi Fungsi

Moto Sport

Immanuel, Sigit PD dan Sudarmono Siap Tarung Di Suzuka
Immanuel, Sigit PD dan Sudarmono Siap Tarung Di Suzuka
July 24, 2014

Setelah melewati edukasi cukup panjang, tiga pembalap Immanuel Pratna, Sigit PD dan Sudarmono bakal bekompetisi di Suzuka 4 Hours Endurance Race di sirkuit Suzuka pada 25-26 Juli mendatang.

Elektronik Di MotoGP, Menaikkan Kecepatan dan Menurunkan Tenaga
Elektronik Di MotoGP, Menaikkan Kecepatan dan Menurunkan Tenaga

14 tahun yang lalu, awal era 4-tak menggantikan 2-tak yang dianggap tidak ramah lingkungan. Mesin 500 cc 2-tak digantikan mesin 4-tak 990cc.

Video News

Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
July 17, 2014

Dalam video itu digambarkan bagaimana sepasang kekasih mengisi hari-harinya bersama CBR300R dan CB300F, mulai dari bersosialita hingga touring.

Facebook

Twitter

Tips

Pilih Ukuran Ban, Perhatikan Lebar Pelek Lo, Bro

Sayangnya, banyak pemotor yang nggak paham dalam memilih ban, khususnya soal ukuran. Misal, penggunaan ban besar tapi tak ditopang oleh pelek yang sesuai dan ubahan pada pembakaran dan gir nya.