Konsultasi

Mengubah Regulator Yamaha Scorpio

August 3, 2011
Mengubah Regulator Yamaha Scorpio

Nama : Dipo

Email : deepo@****.net

Mas bro Gilamotor, aku pengguna Scorpio dan ingin mengganti kiprok karena dapat masukan dari beberapa teman, kiprok motor ku harus diganti. Apakah ada penggantian lain yang harus diikuti dengan penggantian kiprok? Terimakasih

Jawaban:

Terimakasih bro Dipo atas pertanyaannya. Sayang, Anda tidak menuliskan alasan Anda mengapa Anda ingin mengganti kiprok. Tapi saya akan coba bantu menjawabnya.

Jawir, kepala mekanik bengkel RPM di bilangan Cigajur, berbagi informasi bagi pemilik Yamaha Scorpio yang ingin mengganti regulator (kiprok) kelistrikan, tanpa harus mengganti spul. Perubahan ini biasanya diaplikasikan oleh pemilik Yamaha Scorpio yang ingin mengaplikasikan lampu tambahan atau aksesoris tambahan yang berhubungan dengan kelistrikan motor.

“Pada dasarnya pergantian regulator Yamaha Scorpio sah-sah saja,” ungkap punggawa dari bengkel spesialis Yamaha Scorpio tersebut.

Ada dua cara termudah, tanpa harus mengubah jalur kabel dan efeknya sama saja dengan muatan 12 volt. Ada dua regulator yang diusulkan, yakni milik motor Mio dan RX-King yang notabene motor keluaran Yamaha juga.

Saran lain dari Jawir yakni mengubah sistem arus kelistrikan standar Yamaha Scorpio dari AC ke DC. Namun sistem ubahan ini, selain mengubah regulator standar milik Honda Tiger juga diimbangi dengan perubahan spul dan jalur kabel, serta imbuhan relay dua buah.

Aplikasi usulan Jawir ini disebut aplikasi tambahan lampu lebih dimungkinkan. Sementara untuk biaya usulan terakhir ini disebut memakan biaya Rp 200 ribu.

RPM

Jl. M. Kahfi 1 No. 1

Ciganjur – Jakarta Selatan

Telp. (021) 92145686

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”

Silahkan kirim pertanyaan Anda dengan klik disini



3 Responses to “Mengubah Regulator Yamaha Scorpio”

  1. ahmad says:

    bos mau tanya apa bila kiprok bocor apakah mesin motor susah di matikan?

  2. maharba says:

    maaf gan..numpang konsultasi…
    soal pelistrikan gan…
    1. apa harus perubahan pelistrikkan dr AC k DC pd mtor scorpio harus merubah lilitan spul jg?

    2. yang perlu dipersiapkan untuk merubah pelistrikannya apa gan?

    3. apakah setiap perubahan koil standar k koil raccing harus rubah CDI standar ke CDI racing, busi standar ke busi racing?

    4. kenapa klep scorpio sering bunyi wlpun sudah s setting ulang?

    terima kasih gan…salam






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Angga via Twitter

Karena Lomba Makan Kerupuk Sudah Terlalu Mainstream

Moto Sport

Pembalap YRA Berdoa Untuk Denny Triyugo
Pembalap YRA Berdoa Untuk Denny Triyugo
August 29, 2014

Sebelum YRA dimulai, instruktur YRA asal Jepang Yoshiyaki Kato, mengajak seluruh perserta YRA untuk mendoakan Denny Triyugo Laknono yang meninggal dunia akibat pendarahan otak setelah mengalami kecelakaan di latihan bebas Indoprix 2013 seri 3 di Sentul Kecil.

Ini Kebiasaan Stoner Yang Ditiru Marquez
Ini Kebiasaan Stoner Yang Ditiru Marquez
August 28, 2014

Nggak ada habisnya kalo bahas Marc Marquez. Rider MotoGP ini pasti punya banyak cerita dan hal-hal unik yang kadang gak lazim dilakukan. Salah satunya kebiasaan melibas kerb.

Video News

ICON ZX3-RR, Motor Balap Dengan Android Berbasis Ninja 300
ICON ZX3-RR, Motor Balap Dengan Android Berbasis Ninja 300
August 27, 2014

Produsen apparel terkemuka asal Amerika, ICON belum lama ini memperkenalkan sebuah motor konsep yang diberi nama ICON ZX3-RR. Motor ini dibangun hasil kerja sama dengan Kawasaki Amerika.

Facebook

Twitter

Tips

Tambah Pencahayaan, Pasang LED

Sebenarnya bisa saja mengganti bohlam bawaan dengan watt yang lebih besar atau mengganti dengan produk HID. Tapi penggunaan watt yang lebih besar atau menggunakan HID yang tidak tepat malah akan menimbulkan masalah lain bagi reflektor.