20
47104

Biar Yamaha Mio Nggak Nembak

GILAMOTOR.com. – Masalah Yamaha Mio sering terdengar suara nembak-nembak memang bikin risih penggunanya, apalagi kalo sudah ganti knalpot racing, suaranya makin keras terdengar. Kira-kira kenapa ya?

“Itu karena kerak sisa pembakaran yang numpuk di selang AIS,” kata Frenky dari Kem’s Brother. “Soalnya posisi selang itu ada di lubang pembuangan,” katanya menjelaskan.

Terus gimana cara menghilangkan suara nembaknya?

“Tenang, bisa dibersihkan kok. Tapi suatu saat bakalan datang lagi tuh suara nembak. Kalo mau yang paten tutup saja lubang AISnya,” kata Frenky lagi.

Yuk lihat langsung langkah-langkahnya.

1. Buka empat buah baut head mesin pakai kunci ring 12 untuk memudahkan pengerjaan.

2. Lepas selang karet yang diikat klem.

3. Selang besi berbentuk seperti huruf L yang masih menempel di head mesin, dilepas juga. Gunakan tang Jepit dan ragum.

4. Jika sudah terlepas, sebelum ditutup pakai baut L5, kita buat dulu dratnya, “pakai tapan ukuran 6×1,” jelas Frengky.

5. Tinggal pasang baut L5 dan selesai. Pasang kembali semua part yang dibongkar. Frenky menjamin, setelah melakukan lima langkah itu enggak akan ada lagi suara nembak-nambak.

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”

20 COMMENTS

  1. bener tuh pertanyaan bang Ariekutu..ngaruh ga ama pendinginan mesin atw apalah yg lain nya..
    kan pabrikan ga mungkin pasang tuh selang klo ga ada maksudnya..
    soale mio ane nembak nya klo abis lari kuenceng..
    trus turun gas..speed turun ~20km-an…duuaaarrrr.. meleduk deh tuh.. mirip petasan..hehee
    mohon info lebih lanjut ya gan.. mksh sblm nya..

  2. g us di tutup bro..cukup potong per yg ad di AIS kira2 2 ulir..atau ganti per yg lebih empuk..di jamin g ad lg ledakan tapi AIS MSH BERFUNGSI…..

  3. waaaaaah…cacat pabrikan tuh…sudah tau nembak tapi konsumen disuruh nyari akal sendiri..syukur gua punya honda…kalau ada masalah akibat cacat produksi pihak astra nya langsung recall semua unit yang bermasalah…

  4. Ma,af Gan numpang nimbrong,saya punya mio soul kalo dipakai jalan agak lama and lari kenceng tiba2 tenaga hilang sesaat dan nyendat,dimana kira2 problemnya gan?

  5. sory ni mas bro nmpg komen “waduhhhh,,,,betul s’x ni mas bro mio gw abs ganti oli mlh pgn di sunat cz nyalain petasan,,btw solusi yg lbh aman n praktis begimana ya ?? hrsnya phk yamaha ngasih solusi n jd evaluasi buat next product,,

  6. bener tuh bro, selang ais gw ditutup, dibawa jalan jarak deket aj panas’ny uda serasa dibawah jok ada kompor aje, apa itu gk merusak ke yang lain y?
    mohon info’ny

  7. fungsi yais dimotor adalah agar supaya gas buang yg keluar dr knalpot itu ramah lingkungan,semua merek ada kok cm beda nama aja……hehehehehe gitu aja ribut.

  8. mau tanya bos..?
    mio tiba2 mati mendadak..
    vakum ga mau naek…vakum sudah di ganti baru tetep ga bisa…klep baru…tapi tetep susah hidup..piston dan ring baru alias abis reamer block…mau hidup kalo karet vakum di angkat melalui lobang filter belakang deket roda…trus kalo mati susah lagi hidup kalo nggak di lakuin seperti tadi..mohon bantuan dan pencerahannya..

  9. bro Hadis ..
    cb cek pin venturi kuningan di karburator tepatnya di jarum skep vakum, biasanya pin venturi tsb hilang/mudah copot saat karburator dibersiin…ane jg pernah ngalamin mslh persis spt yg bro Hadis bilang,

    moga2 ngebantu

  10. mau tanya juga nih bos, mio ane kok masih nembak2 juga, padahal pipa AIS nya udah di tutup tapi kok masih nembak juga ya, tapi kalo setting ulang angin nya normal lagi, tapi giliran di bawa jauh eh menbak lagi… itu kira2 kenapa ya bos. mohon info nya ya… thq