Konsultasi

Ganti Karbu Byson Dengan PE28

March 12, 2011
Ganti Karbu Byson Dengan PE28

Dear Gilmoters, saya Rainandra dari Bandung,

Kalau karburator Byson saya ganti pake karburator PE 28, apa aja yang harus saya rubah atau bagaimana setingan karburatornya.? Terimakasih Gilamotor.

Waah, ternyata banyak juga yah yang penasaran dan pengen ngerubah setingan Byson biar larinya lebih gesit.. oke lah kalo beggittu, Gilamotor coba bantu.

Kalau mau mengganti karburator bawaan dengan karburator PE 28, ada hal yang harus diperhatikan. Untuk menghindari ternyadinya mesin mberebet karena asupan bahan bakar yang berlebih dari kaburator yang lumayan gede ini, baiknya ada penggantian pada main jet dan pilot jetnya.

Gunakan main jet ukuran 92 atau 95 serta ganti pilot jet dengan ukuran 40 atau 42. Selain itu, tutup vakum karburator biar gas buang langsung mengarah ke knalpot dan menghindari terjadinya kenalpot nembak.

Semoga membantu.

Pertanyaan ini dijawab oleh :

Didi Nurhadi dari Bengkel D2M Hasil Kebon, Kalimalang, Jakarta Timur

“Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor”

Silahkan kirim pertanyaan Anda dengan klik disini



10 Responses to “Ganti Karbu Byson Dengan PE28”

  1. budy says:

    maaf bang mau nyak. aq hoby mretelin spd motor tp aq bukan mekanik. kbtulan kebo saya slalu heng2 dan diobati diberespun gkda hslny. ni mau aq gnnti dgn karbu PE28, yg mau aq tnyakn karbu PE 28 tu milik spd mtor apa sih??? dan yang dimaksud dengan main jet dan pilot jet tu berbentuk apa??

  2. jubendi says:

    mtor byson aku baru 4bln dan 3kali service tiba-tiba mogok pas mau pulang abis maen,
    eh malah ga bisa nyala di engkol-engkol beberapa kali juga,di starter sama aja,
    terpaksa deh nelpon tmen suruh dorong ke bengkel,tiba di bengkel si engkol ga bisa gerak,busi tuh di buka sama bengkel pas di engkol eh bensin yang keluar,sampe org bengkel kesemprot bensin matanya,
    di bongkar dweh smuanya kecuali mesin cuma di buang oli mesinya,malah penuh bensin juga,di filter penuh bensin juga,
    ternyata karburatornya yang rsk

  3. jubendi says:

    di lanjut,
    aku terpaksa ganti karbu PE 28,
    tapi ea bener jalanya ngebrebet kaya ke abisan bensin
    jadi gimana ini jawabanya untuk yamaha byson si kebo.

  4. budy says:

    to jubendi: biasanya kalo mbrebet tu kebykn minyak bukan krg mnyak. klo krg myak biasa payah langsamnya dan trasa banget pas ditarikan atas. cbk jarumnya diganti yg agak besar gang.

  5. zhawa says:

    to budy: bud,,,kl u ga tau ap2 mendingan u pake sepeda,,,,,,,,!!!!!!!!! lgn g bs ap2 u bongkar@ mndngn u bongkar sepeda j,,,,,,,,,,,!!!!!!

  6. xxx says:

    sabar kisana,,,, gue mang mekanik auto tok-tok. tp tuh dah OK kebo gue. Ku bantai PP aceh medan OK wae tu. Mboten enten watuok wuatuok eee. He=he

  7. satjan says:

    mohon bantuan y agan2:ne gue pnya nsi kebo yg sring bermasalh jga!sama aj dngan yg laen!tp aq da cba gnti carburatornya,tp bkn PE28 melainkan RXking,emang sih pertamanya bgus dan enak dikendarai tp lama lama timbul masalh lge.stiap 3 minggu harus bongkir karbu krna minyaknya banjir didalam sampai ke saringan hawa jga,jd gimana y agan mengatasinya,apa ganti karbu lge!

  8. sanat says:

    sepertinya semua pemakai Byson harus ajukan protes ke yamaha,agar ada penggantian karburator gratis.
    karena bagaimanapun itu adalah tanggungjawab moral yamaha…. karena hampir dipasikan semua bson sakitnya spt itu…..tks

  9. bawin says:

    siang bro aqu dah pKk .pe28 tapi klo Jln ngadat2 yak padahal dah diganti sesuai dgn trik2 yg sudah diberikan mohon bantuan bro thanks yA

  10. iswan says:

    ane pake pj/mj ukuran itu kok gk bisa jg gan, klo di gas gede mau mati, klo anginnya di buka mlh tmbh parah, kira2 ap yg slh y gan dg kebo ane. . .
    mhon pencerahannya…..






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Facebook Fan

Box Motor Yang Super Multi Fungsi

Moto Sport

Immanuel, Sigit PD dan Sudarmono Siap Tarung Di Suzuka
Immanuel, Sigit PD dan Sudarmono Siap Tarung Di Suzuka
July 24, 2014

Setelah melewati edukasi cukup panjang, tiga pembalap Immanuel Pratna, Sigit PD dan Sudarmono bakal bekompetisi di Suzuka 4 Hours Endurance Race di sirkuit Suzuka pada 25-26 Juli mendatang.

Elektronik Di MotoGP, Menaikkan Kecepatan dan Menurunkan Tenaga
Elektronik Di MotoGP, Menaikkan Kecepatan dan Menurunkan Tenaga

14 tahun yang lalu, awal era 4-tak menggantikan 2-tak yang dianggap tidak ramah lingkungan. Mesin 500 cc 2-tak digantikan mesin 4-tak 990cc.

Video News

Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
July 17, 2014

Dalam video itu digambarkan bagaimana sepasang kekasih mengisi hari-harinya bersama CBR300R dan CB300F, mulai dari bersosialita hingga touring.

Facebook

Twitter

Tips

Pilih Ukuran Ban, Perhatikan Lebar Pelek Lo, Bro

Sayangnya, banyak pemotor yang nggak paham dalam memilih ban, khususnya soal ukuran. Misal, penggunaan ban besar tapi tak ditopang oleh pelek yang sesuai dan ubahan pada pembakaran dan gir nya.