16
3799

Byson Produk Asli Indonesia

GilaMotor, JAKARTA.- Kehadiran Yamaha Byson di pasar otomotif Indonesia hanya tinggal menghitung hari saja. Motor yang pertama kali hadir di India ini ternyata memiliki cerita lain dibalik peluncuranya. Byson yang didesain menyerupai Yamaha FZ6 ternyata hasil penelitian dan pengembangan dari tim product planning Yamaha Indonesia.

Sejak tahun 2007 lalu, PT. YMKI telah mengembangkan produk Byson yang disesuaikan dengan karakter masyarakat Indonesia dan menganggap model ini (street fighter) akan menjadi trend.

Lantas mengapa Byson lebih dulu hadir di India ketimbang di Indonesia?

Menurut Muhamad Abidin selaku Manager Technical Support PT YMKI, kehadiran Byson di India dikarenakan Yamaha India sedang membutuhkan model baru. Karena itu, model yang dikembangkan di Indonesia dihadirkan untuk Yamaha India.

“Sekitar tahun 2007, tim product planning Yamaha Indonesia mengembangkan produk yang disebut sebagai Byson. Saat Yamaha Motor Corporation membeli dan memiliki saham lebih besar di Yamaha India, Yamaha Motor merasa perlu menghadirkan model baru untuk pasar India dan digunakanlah Byson hasil pengembangan tim Yamaha Indonesia,” jelas Abidin.

Masih menurut lelaki berperawakan jangkung ini, Byson yang hadir di India murni seluruhnya hasil pengembangan dari tim Yamaha Indonesia, termasuk nama Byson itu sendiri.

Model Byson yang hadir di India, kata Abidin, tentunya berbeda dengan model Byson yang hadir di Indonesia. Karena masyarakat Indonesia merupakan konsumen paling kritis masalah kualitas.

“Saat Byson akan hadir di Indonesia, tim Yamaha Indonesia banyak melakukan pembenahan pada diri Byson. Mulai dari desain hingga mesinnya guna menyesuaikan karakter dan keinginan konsumen Indonesia,” papar Abidin.

Menurut GM Promotion and Motor Sport Division PT YMKI, Paulus S. Firmanto, produk Yamaha Indonesia memiliki standar kualitas tertinggi di dunia. Hal ini tak lepas dari permintaan dan kritisnya masyarakat Indonesia pada kualitas.

“Masyarakat Indonesia paling kritis masalah kualitas, desain dan teknologi. Karena itu, Yamaha Indonesia memiliki standar kualitas tertinggi. Karakter ini sangat jauh berbeda dengan India, karena itu Byson yang hadir di Indonesia jauh lebih baik dari Byson India,” jelas Paulus.

naskah/foto : Jay

16 COMMENTS

  1. Masa Iya seh, Semudah itu dialihkan k India..Lalu sekarang dijejalin ke Indonesia.
    ga’ yakin ah…
    Bilang aja Kalau khawatir dg serbuan motor-motor Sport Pabrikan India yg mulai di gemari Masyarakat di Indonesia..hehehe..peace….!

  2. 19.9 jt di jakarta..sampe daerah 20 jtan donk….ckckck…kalo emang desain asli Indonesia masak gak bisa buat kick starter yg bentuknya lbh manusiawi gitu lho….sementara dia India minus kick starter bikin desain lbh keren

  3. klo memang bagusan indonesia punya,
    kanapa Fz16 india ban blakangnya 140,,
    smentara byson indonesia cuma 120.
    kok malah turun spek????

  4. kalo ban 140 kayanya pengaruh ke akselerasi awal kegedean bn nya. bagus ditampilan aja.
    120 cukuplah bwt touring..
    btw indent nya brpa lama neeh,, ngiler

  5. Emg gk bsa bkin model laen pa ymaha,bekas india dijual di indonesia..
    Ktanya ymaha smkin didepan koq sama2in ma yg ìndia..hrusnya lbh kreatif&berani dlm soal desain.

  6. Emg gk bsa bkin model laen pa ymaha,bekas india dijual di indonesia..
    Ktanya ymaha smkin didepan koq sama2in ma yg ìndia..hrusnya lbh kreatif&berani dlm soal desain..jng mentang2 brand image’a bgus bs laris dpasaran.

  7. katanya bison keberatan ban blakang jadi aga kurang larinya…..kasian ya tapi bore up + pertamax plus/Shell Super Xtra = Selsai masalahnya…kalo linasPIESku tar ta kredit satu buat koleksi Modelnya okejuga

  8. mau dibilang kualitas yg dituntut orang indonesia lebih kritis…kayake kualitasny masih bagusan FZ16 India deh

  9. I know this is off-topic.But I’ve something to share.Some tips to increase Facebook likes 1) Try to add friends on your niche community 2)Try to share some unique images and post 3) Try to comment on other status/post/comment/video 4) post regularly photos / videos & content based on your niche 5) Join related pages and group and be active there.You can get more Facebook tips :- http://socialeum.com

  10. I am a small business owner and am the only ‘employee’. Can my business purchase life insurance on my and my families behalf, thus write off the premium as an expense, and still have the only beneficiaries be my wife and children? Or is the company the only allowable beneficiary? Read my insurance blog :- http://insurance.pepdeal.com/

  11. My brother recommended I might like this web site. He was entirely right. This post actually made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!