Review / Modifikasi

Suzuki Satria F 220 : Siapa Bilang CC Besar Itu Boros

July 1, 2010
Suzuki Satria F 220 : Siapa Bilang CC Besar Itu Boros

GILAMOTOR.com - Seolah tak terima selalu mendengar omongan bahwa motor cc besar (bore up) dan bisa lari kencang itu boros, bikin lelaki berperawakan kurus bernama Ahmad Fauzi merasa gerah. Bermodal pengalaman dan Suzuki Satria F 150 lansiran 2004 miliknya, doi dan juragan bengkel D2M Hasil Kebon, Didi Nurhadi, coba menepis aggapan itu.

Satria F 150 yang kapasitas mesinnya bengkak jadi 220 cc ini (berarti ganti jadi Satria F 220 dong yah.?), jadi bukti bahwa motor ber cc besar dan bisa lari kencang juga bisa irit. Dari hasil pengujian konsumsi bahan bakarnya, motor ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh jarak sekitar 48 km.

Gak percaya? Sama… Awalnya GilaMotor juga gak percaya. Tapi saksi pembuktiannya bukan satu atau dua orang saja, melainkan lebih dari 30 orang.

“Awalnya cuma buat membuktikan aja bahwa motor gw ini gak cuma bisa lari kenceng, tapi juga irit,” kata Ahmad Fauzi.

Lelaki berperawakan mungil yang biasa disapa Ozzie ini mengaku telah melakukan eksperimen ini selama dua minggu bareng Didi. Selama eksperimennya, Suzuki Satria ini sempat gonta-ganti gir untuk mendapatkan hasil maksimal.

“Sekitar dua mingguan untuk dapatkan setingan gir yang pas, jadi sempet berkali-kali ganti girnya. Eksperimen terakhir gw coba bawa nih motor dengan 1 liter bensin dari Kalimalang sampai Lenteng Agung dan balik lagi ke Kalimalang. Ternyata bensin Pertamax nya masih nyisa di tangki,” kata lelaki murah senyum ini.

Akhirnya untuk membuktikan kebenaran hasil research nya bareng Didi, Ozzie membawa Suzuki Satria F 220 nya touring menuju Lampung.

“Saking pengen membuktikan hasil terakhir oprekan Didi, gw bawa motor ini ke Lampung bersama 34 motor Satria F 150 standar lainnya. Kecepatan rata-rata gw antara 80 km/jam sampai 130 km/jam. Kalau mau gila mah bisa aja lebih dari 130 km/jam, tapi niatannya bukan ke situ,” kata Ozzie.

Pengujian konsumsi bahan bakar pada Satria F 220 ini menempuh rute Jakarta-Lampung dengan jarak tempuh sekitar 138 km. Hasilnya, Satria F 220 hasil racikan Didi Nurhadi hanya menghabiskan 3 liter Pertramax saja.

“Jujur, yang lain pada bingung ngeliat motor gw gak ngisi-ngisi bensin selama perjalanan. Bahkan saat menapakkan ban di Lampung, Satria F 150 lain pada repot nyari pompa bensin, tapi motor gw jalan terus sampe titik bensin penghabisan. Jadi siapa bilang motor cc besar itu boros?” terang Ozzie sambil nyengir.

Kok bisa yah motor bore up sampai 220cc macam itu bisa irit..? Kalau dilihat dari spesifikasi dengan karburator PWK28mm yang terkenal super boros, Bore: 71 mm, Stroke: 7 mm (55.8 mm), Camshaft: Racing, Final Gear: 16:35, Ban depan dan belakang pakai ukuran : 45/90, rasanya tak masuk akal. Pasti bohong niih..?

Ternyata rahasianya ada pada keseimbangan setingan bukaan gas dan putaran roda. Serta yang gak kalah penting adalah kestabilan suhu mesinnya.

“Intinya memaksimalkan seting spuyer untuk mendapatkan seting yang sempurna antara bahan bakar dan udara. Kalau ini bisa didapat, secara signifikan tenaga akan bertambah,” kata Didi Nurhadi, Boss bengkel D2M Hasil Kebon yang bermarkas di Jl. Kavin No.1 Kalimalang, Jakarta Timur.

“Nah kalau setingan spuyer sudah didapat, lanjut lagi dengan penggunaan gir yang sesuai agar tidak keentengan. Gw gunain setingan gir berat karena gw tau mesin nya mampu bekerja dengan setingan tersebut. Jadi saat motor sudah berjalan, torsi yang dihasilakan akan lebih besar.”

“Yang terakihir adalah suhu mesinnya. Kenapa? Karena saat suhu mesinnya stabil atau tidak terlalu panas, mesin akan bekerja sempurna. Kalau mesin bekerja sempurna, pembakaran juga akan sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia,” tambah lelaki yang gak pernah lepas topi ini.

Bicara masalah kestabilan panas mesin, Didi punya rumusan tersendiri. Hasil eksperimennya dari beberapa motor untuk menemukan formula ini ternya berhasil diterapkan pada Suzuki Satria F 150 yang kapasitas mesinnya telah membengkak menjadi 220 cc.

Sayangnya, anak Betawi Kalimalang ini belum mau membuka rahasia rumusannya itu.

“Waahh untuk yang satu ini gw belum bisa kasih tau deh, nanti aja tunggu press conference nya,” elaknya sambil tertawa.

Tapi menurut Didi, buat yang mau motornya dibuat seperti ini, bisa dateng aja langsung ke Bengkal D2M di Jl. Kavin No.1 Kalimalang, Jakarta Timur.

“Buat yang standar juga bisa, jadi kalau mau dibikinin seperti ini langsung dateng aja dah ke sini,” pungkasnya sambil tertawa.





41 Responses to “Suzuki Satria F 220 : Siapa Bilang CC Besar Itu Boros”

  1. D2M says:

    hoohohooo… dokumentasinya ada di http://www.ssfc.or.id/gallery/tour-lampung/ … xixixi

  2. jayadi says:

    Widiihhh… Ajiibbb.. Neh anak Betawi satu ini ade aje kerjaannye yehh.. Maju teres deh Bos…

  3. amc says:

    mantaf bro sesuai konsep kita irit ngibrit,,,,,,,

  4. amc says:

    salah bukan konsep kita tapi pemikiran kita but motor kenceng tapi ga harus boros

  5. hendra says:

    mantap…. d^-^b

  6. sigit says:

    emang mantab niy motor,pernah sekali sampingan ma niy motor..suaranya merdu larinya ma’nyus..top bang Dhidy..

  7. wah jadi pengen mampir tapi ga tau jln gmn yah??btw bisa bkin mtr apa aj nih yg irit?

  8. arie says:

    bro.. ada Contact person nya ga?? bengkel D2M ini.. ane mo nyoba ah.. motor CBR ane boros nya segila-gila..

  9. tamei says:

    lanjut gan … !!!

  10. anton says:

    kalau motor yamaha vixion gmna?? pa bsa dbuat Lbih garang,,

  11. dito says:

    butuh bujet brapa yah bro bikin kyak gitu?? Hehehe..

  12. denny says:

    pak, bagaimana dengan tiger? kira2 bisa abis budged berapa?

  13. yoyok SSFC-097 says:

    emang mantabs motor bang OZ nie…boss semua soal biaya mending datang lgsg dibawah pohon cerry..awas byk racun mode on, semua motor bisa kok no.08561093007

  14. rifky says:

    wah jauh nich bos. . ?gua djogja e. .
    resepnya j dunk. . ?hehe

  15. rifky says:

    gua di jogja. .. repsep nya j boz. . ?heheh

  16. pio bisa ngak dibikin irit kaya gitu ag mau nich sayang gua ada dimalang

  17. kira2 brapa onkos kalau motor mau di kasih 220 cc

  18. Salut Bgd dengan karya lho, Patut diacungkan Jempol dch,,,,,

    tapi bisa gk gw ke Bengkel D2M tu, kbetulan gw tinggal di sekitaran Jakarta juga Bro,,,, Biar lebih Jelas gW lihat,,,

  19. dion says:

    abiz brapa modif kyak gtu?

  20. caliem chimamend says:

    motor abang ko’ keren banget sih……….
    jdi pingin nih………..pi cayank na q di riau…………….ongomong2 bisa g’ tu motor na di pake’ harian………….co q’ msih school………………..

  21. w mw satria w 220 cc irit dan laju … kirim kemna ya gan..

  22. b6666 says:

    Mantap ni bore-up-annya..cc segitu tapi irit gila..
    Borosan fu gw yang masih pada standart :hummer

  23. whandie says:

    ga ada pngaruh apa2 tuh d msin’a skrg2 ni ??

  24. hmm.com says:

    abis berapa tu motor

  25. fahri says:

    Bos ada no tlp nya ga? tolong kirim ke e-mail sanjai.osama@gmail.com yaa

  26. dinjang says:

    bozz’ npa fu mue biza seirit ini’
    padahal CC bezar’
    apa aja iang di gnt bozz’
    biar biza irit ngiribit kya gitu’
    kasih tau dong’

    posisi gue di BALI’

  27. G-g says:

    abang2 D2M minta resepnya donk agar suhu mesin kapasitas cc besar bisa ttp satbil dan ga panas >.<

  28. tamiruli says:

    bos minta resepnya dunk? motor ane F150 builup masih boros… klu motor ane masih standar nih.. bs ngk mesin tetep standar tp lebih irit bos.. thank email dong jurus jitunya…

  29. iwan says:

    kira kira buat kaya kaya gitu berapa harga nya gan….?

  30. supriyadi says:

    bang gw ank kalimantan tengah pny mtr satria f 15occ tahun 2004 mau di boreup jg tp irit kira2 brp biaya dan ongkos krm’y

  31. ikhsan says:

    westt gileee top bgt dahhh ….

  32. anono says:

    emg cra nya gimna biar tau mesin nya jd 220cc??

  33. Fery Sii Trondol says:

    Bang , ane kan punya Saep Taun 2008 , udah brpa kali bore up , yg ada mesin Saep gua jebol .
    bisa ngga Saep ane di jadiin kaya punya abang ?

  34. gojess says:

    bawah e jelek , motor grenddd tpi bossss .. resep e biar jebrettt bawah ,, gmnaaa bosss

  35. doddy says:

    pantesan irit lha pake gear rasio berat yo jelas rpm rendah toh ya jelas irit bisa bisa pengapian juga racing ya sangat mungkin dong bos? gua juga pernah pake suzuki ternoda / tornado gua kasih final gear 15-26 n rasio standart pengapian standart n bore standart bisa tembus 1liter premium tembus 40km

  36. mbah bejo says:

    wah motor apaan tuh?? ban cacing , wkwkwkwk
    AAALLLLLAAAAYYY, gak safety…

  37. sigit says:

    mas boleh tw ukran PJ dan MJ pwk 28..
    dan makai ukuran gear brpa…

  38. Mifta says:

    Mas Bro boleh Minta Contacnya Ozzie donk???






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Facebook Fan

Box Motor Yang Super Multi Fungsi

Moto Sport

Pembalap Yamaha Indonesia Podium 1 dan 2 Suzuka 4 Hours
Pembalap Yamaha Indonesia Podium 1 dan 2 Suzuka 4 Hours
July 27, 2014

Pencapaian ini menyempurnakan hasil hari sebelumnya dimana Team B Pasangan Sudarmono & Sigit PD sukses pole position, yang untuk pertama kalinya peserta non Jepang yang dapat meraihnya.

Immanuel, Sigit PD dan Sudarmono Siap Tarung Di Suzuka
Immanuel, Sigit PD dan Sudarmono Siap Tarung Di Suzuka
July 24, 2014

Setelah melewati edukasi cukup panjang, tiga pembalap Immanuel Pratna, Sigit PD dan Sudarmono bakal bekompetisi di Suzuka 4 Hours Endurance Race di sirkuit Suzuka pada 25-26 Juli mendatang.

Video News

Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
July 17, 2014

Dalam video itu digambarkan bagaimana sepasang kekasih mengisi hari-harinya bersama CBR300R dan CB300F, mulai dari bersosialita hingga touring.

Facebook

Twitter

Tips

Tangki Bocor, Kondisi Darurat Tambal Pakai Alat Mandi Ini, Bro

Kalau lagi enak-enak ngegas, lalu tiba-tiba bensin ngucur gara-gara tangki bocor, so pasti bikin kesel. Selain itu, potensi bahaya mengintai, macam kebakaran seperti berita atau video yang sering kita lihat di youtube.