Tips

Perhatikan Oli Mesin dan Filter Oli

February 8, 2010
Perhatikan Oli Mesin dan Filter Oli

Banyak pengguna kendaraan bermotor mempertanyakan kapankah waktu yang tepat utuk mengganti oli. Masalah ini sering menjadi perdebatan karena masing masing memiliki persepsi dan pandangan sendiri. Sebenarnya ada dua acuan umum yang biasa digunakan, yakni berdasarkan jarak tempuh atau traveling distance dan operating time mesin. Namun saat akan melakukan perjalanan jauh, ada baiknya penggantian oli dilakukan saat jarak tempuh atau masa penggunaan telah mencapai 50% dari batas waktu.

Pemilik kendaraan sering memilih oli berdasarkan harga. Mereka nyaris tak tahu bahkan sama sekali tak memperhatikan kualitas oli yang digunakan. Padahal untuk perjalanan jauh, kualitas oli sangat berpengaruh pada beberapa aspek penting. Misalnya daya tahan mesin dan bahkan bisa mengurangi konsumsi bahan bakar. Karena dengan oli yang tepat, kinerja mesin akan lebih maksimal, sehingga konsumsi bahan bakar bisa sedikit ditekan.

Kinerja sistem pendingin mesin yang baik harus diimbangi dengan pilihan pelumas mesin berkualitas. Maklum, pada kondisi panas yang ekstrim, pelumas memegang peranan amat penting. Terutama untuk menjaga dan melapisi bagian-bagian atau komponen di dalam mesin yang bergerak dan saling bergesekan.

Minyak pelumas terdiri dari berbagai jenis. Dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan persyaratan mesin yang telah ditentukan oleh pembuat mesin. Karena itu kenalilah mesin anda dan ketahuilah pelumas dengan spesifikasi apa yang direkomendasikan untuk digunakan.

Selain oli, satu komponen yang sering terlupa adalah filter oli. Akibat lama tak diganti, filter oli dari kertas bisa hancur di dalam. Kondisi ini bakal lebih parah ketika sampah saringan kertas sudah menutupi jalur oli. Jika demikian, bisa dibayangkan jika mesin bekerja tanpa plumasan dan berakhir pengeluaran dana yang lebih besar untuk mengganti komponen mesin hanya masalah komponen berharga murah itu.

Sebelum semua terjadi, ada baiknya pemilik motor diingatkan untuk mengganti filter oli setiap dua kali ganti oli.

#Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor.





2 Responses to “Perhatikan Oli Mesin dan Filter Oli”

  1. Cesar says:

    aduduhhh.. manis bener tuh yg jaga bro.. huehehehehee.. xD

  2. gilmot says:

    hikss…KEDUAX…

    Sehrsny judulnya/:

    “Perhatikan Gadis Penjaga Oli Mesin dan Filter Oli”

    ..wakakak…
    Soalny yg liat artikel ini dijamin focus ke yg berbaju kuning, dibanding baju ijo (oli Eva**be)

    Contohny:
    silakan liat komen brader yg diatas ane nih..\

    (hehehe.. piss broo, ane juga pny komen senada ama brader..)






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Facebook Fan

Box Motor Yang Super Multi Fungsi

Moto Sport

Test Honda Di Brno, Coba Seting Berbeda dan Part Baru Untuk Seri Selanjutnya
Test Honda Di Brno, Coba Seting Berbeda dan Part Baru Untuk Seri Selanjutnya
July 18, 2014

Setelah hari pertama tes private motor baru Honda untuk musim 2015 terganggu masalah cuaca, akhirnya duo riders Honda menyelesaikan sesi tes di Brno di bawah cuaca sempurna.

Crutchlow Sukses Jalani Operasi Arm Pump
Crutchlow Sukses Jalani Operasi Arm Pump
July 17, 2014

Cedera yang dialami ‘The English Man’ ini sebenarnya bukan perkara baru bagi para pembalap MotoGP. Maklum, bagian tubuh yang satu itu jadi salah satu organ tubuh yang bekerja keras.

Video News

Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian
Video CBR300R dan CB300F, Asyiik Buat Aktivitas Harian

Dalam video itu digambarkan bagaimana sepasang kekasih mengisi hari-harinya bersama CBR300R dan CB300F, mulai dari bersosialita hingga touring.

Facebook

Twitter

Tips

Subtitusi Filter Oli Ninja 250FI, Pakai Punya Honda Jazz atau Xenia

Ninja 250 karburator umumnya ganti filter oli setiap tiga kali penggantian oli. Hal ini karena filter oli Ninja 250 karburator lebih mudah dibersihkan, jadi masa pakai bisa lebih lama. Tapi kalau filter oli Ninja 250 injekasi lebih sulit untuk dibersihkan.