Review / Modifikasi

Modifikasi Mio Soul Untuk Ayah Tercinta

January 27, 2010
Modifikasi Mio Soul Untuk Ayah Tercinta

Banyak cara untuk memberikan kasih sayang kepada orang tua. Salah satunya seperti yang dilakukan Haryo Damardono warga Pejaten Timur, Jakarta-Selatan. Lelaki berusia 30 tahun yang berprofesi sebagai wartawan Kompas ini memberikan hadiah sebuah motor matik yang telah dimodifikasi sedemikian rupa kepada ayah tercintanya yang kini berusia 60 tahun.

Untuk mendapatkan hasil modifikasi yang sesuai dengan keinginannya, Mio Soul lansiran 2005 ini diserahkan kepada bengkel modifikasi Tauco Custom di kawasan Kebagusan, Jakarta-Selatan. Setelah pengerjaan sekitar dua bulanan, Mio Soul ini terlihat lebih lebar dengan penambahan roda dibagian belakang menjadi motor tiga roda.

Bukan tanpa alasan. Saking cintanya kepada sang ayah, Haryo merasa perlu merombak Mio ini karena kaki kanan ayahnya yang harus menggunakan kaki palsu. Namun demikian aktivitas sang ayah tak serta merta menuruti kelemahan karena kakurangannya. Justru semangat sang ayah tak berkurang sedikitpun. Itulah alasan utama mengapa Haryo merasa perlu merombak Mio nya terutama pada bagian belakang.

”Karena ayah saya memiliki kekurangan pada kaki kanannya, biasanya beliau menggunakan mobil matik agar mempermudah pengoprasianya meski terkadang menemui sedikit kendala pada kaki palsunya. Untuk mobilitas sehari-hari dengan jarak tempuh yang dekat, terkadang itu merepotkan beliau jika harus terus menggunakan mobil, karena itu saya pikir motor ini sangat cocok untuk mobilitas hariannya,” ungkap Haryo.

Setelah menemukan kata kesepakatan antara Topo Goedel Atmodjo, juragan Tauco Custom dan Haryo untuk merubah Mionya, Topo pun mulai lancarkan aksinya dengan merombak bagian belakang Mio Soul ini.

Untuk mendapatkan hasil maksimal pada pergerakan roda belakang, Topo mengganti as roda belakang dengan gear RX-King yang ditransfer dengan dumper 20 cm mundur kebelakang, melalui utilitas as roda belakang yang menopang roda kiri dan kanan.

Untuk mendapatkan pergerakan yang ringan dan meminimalis gangguan saat membelok, pemutar roda diposisikan pada roda bagian kiri. Tak cukup sampai disitu, semua lingkar roda diganti menggunakan ban berukuran 12 inchi agar akselerasi yang baik dapat dihasilkan dengan maksimal. Lantas bagaimana dengan stabilitas motor?

Guna mempertahankan dan mendapatkan stabilitas maksimal dari gubahan ini, penambahan shock belakang pun dilakukannya. Tak hanya sekedar merombak untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan, rumusan segitiga kenyaman untuk pengendara diterpakan pada motor ini dengan memperhatikan posisi duduk dan stang motor itu sendiri. Untuk mendapatkan rumusan itu, Topo mencangkokan stang Kawasaki Ninja pada Mio Soul ini.

Bicara masalah dapur pacu, Topo merubah kapasitas mesin Mio ini menjadi 150 cc untuk mendapatkan tenaga maksimal karena bobot motor yang bertambah. Sementara pengaplikasian CDI BRT dan karburator Nsr Sp menjadi pendukung kinerja mesin ini. sementara untuk rem, Topo menyomot milik Suzuki Satria FU 150.

Dana yang dihabiskan untuk merombak Mio Soul ini sekitar Rp 15 juta rupiah

MIO SOUL BELAKANG MIO SOUL BELAKANG ATAS MIO SOUL DEPAN MIO SOUL DEPAN MIO SOUL DEPAN ATAS MIO SOUL SAMPING ATAS





14 Responses to “Modifikasi Mio Soul Untuk Ayah Tercinta”

  1. [...] membuat tampilan yang berbeda dari motor sejenis lainnya, Mio lansiran tahun 2008 ini mendapat sentuhan warna kuning dan hijau, perpaduan dua warna terang ini [...]

  2. Farghan says:

    Tampilannya bagus, karena tidak saja kreatif, tapi juga inovatif….

  3. fami says:

    brow setau gw ne motor pernah nangkring d tipi en si empunya bkan bapak2 alias masih muda

    apa di tipi acaranya bohong ya
    kayak pimp my ridenya luar
    ttg modif2 gitu

  4. Rudye NaL MukHTarIdi says:

    qren2 buanget y,,mdifokasi nya,,,,

  5. gaul says:

    mtre bgs bnget apa lg ksh knalpot brong……….

  6. mieLanda says:

    kren bgt….!!gw jd trinspirasi bwt beli mio soul lalu ngmodif’a persis ke gni ne….

  7. farhan says:

    kren motornya kok buat bapak gue……

  8. arga says:

    brooo nanya dunk modifikasi roda belakangnya aja brp yah?/ info plisss

  9. boni chandra says:

    dv qfrc bj qt qcv cyqcq q qu 65q q qy q q qy

  10. Adjie says:

    cat body habis brapa tuh smuanya ..??

  11. wah bagus bener…pingin juga dibuatin..tapi tempatku jauh banget sih soalnya

  12. buong says:

    wkowkowwkow ini motor apa becak?

  13. sidik rinaldi says:

    Mantab euy modifikasinya,,,mau nanya Klo untuk motor mio sporty di rubah menjadi roda tiga,,itu apa saja yang harus di rombak OM Topo Goedel Atmodjo ? dan kira2x menghabiskan budget berapa…terima kasih

  14. Memiliki motor modifikasi menurutku lebih asyik dari pada yang standart.






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Fuad Arsyadi Gendut via Facebook Fan Page

Banyak Pelanggar Lalu-lintas, Batman Turun Ke Jalan

Moto Sport

Pedrosa Pindah Ke Suzuki?
Pedrosa Pindah Ke Suzuki?
April 24, 2014

Pedrosa masih mepriotitaskan tawaran dari Honda. Jika Honda memberi penawaran untuk tetap di HRC dua tahun ke depan, tentunya Pedrosa akan memilih bersama Honda. Namun jika Honda sudah tidak menginginkannya, bukan tak mungkin Pedrosa akan memilih mesin XRH-1 milik Suzuki.

Argentina Jadi Tantangan Baru Buat Marquez dan Pedrosa
Argentina Jadi Tantangan Baru Buat Marquez dan Pedrosa

Sirkuit ini sudah 15 tahun tak menggelar balapan motor paling bergengsi sejagad ini. Dengan kata lain, ini akan jadi tanda tanya besar bagi setiap pebalap karena mereka tak mengenal baik sirkuit ini.

Video News

Jebak Pebalapnya, Aprilia Luncurkan RSV4 Baru
Jebak Pebalapnya, Aprilia Luncurkan RSV4 Baru
April 3, 2014

Di lokasi acara dihadiri oleh para pekerja pabrik dan beberapa orang yang terlibat di tim balap WSBK dengan dua unit motor yang ditutupi kain berwarna merah. Marco dan Sylvain yang didapuk untuk membuka selubung kain merah.

Facebook

Twitter

Tips

Pasang Lampu HID, Kenali Macam dan Hukumnya

Penggunaan lampu HID (High Intesity Discharge) pada sepeda motor kini semakin marak. Tujuannya, untuk menambah penerangan khususnya saat perjalanan malam hari.