Legends

In Memoriam: Daijiro Kato, Gugur Sebagai Legenda MotoGP

December 9, 2009
In Memoriam: Daijiro Kato, Gugur Sebagai Legenda MotoGP

Bertarung hingga desah nafas terakhir. Itulah sebuah ilustrasi bagaimana tegarnya seorang ksatria berlaga meski harus mengorbankan nyawanya demi sebuah kejayaan. Seorang pembalap Jepang bernama Daijiro Kato, telah menyajikan sebuah drama memilukan hati kepada dunia, betapa totalitasnya bertarung harus berakhir setelah ajal menjemputnya di lintasan balap. Pada musim balap GP 2003, dunia dipaksa menyaksikan seorang pembalap berbakat dan calon juara dunia harus tergeletak dengan motornya yang hancur berkeping-keping.

kato beraksi

kato beraksi

Daijiro Kato lahir di Saitama pada 4 Juli 1976. Awal karir balapnya dimulai sejak ia berumur 3 tahun. Pada tahun 1979, itu ia telah berlatih mengendarai motor pocket bike dan di usia 5 tahun ia telah mengikuti kejuaraan balap pocket bike bahkan sering menjadi juara. Saat usia 11 tahun ia mulai berlomba dengan mengendarai motor minibike, dan berhasil menjuarai semua kelas yang dilombakan di daerahnya.

pembalap motogp melakukan penghormatan terhadap kato di misano

pembalap motogp melakukan penghormatan terhadap kato di misano

Tahun 1998, ia turun di GP 250 cc di GP Jepang sebagai pembalap wild card, dan berhasil menjuarainya. Pada tahun 2000 ia mengikuti GP 250 cc secara penuh dengan bergabung dalam tim Axo Honda Gresini. Hasilnya, ia berhasil menduduki peringkat 3 dunia dikelas tersebut dengan 259 poin dan 4 kali juara seri yaitu di sirkuit Suzuka (Jepang), sirkuit Estoril (Portugal), sirkuit Nelson Piquet (Brasil), dan sirkuit Motegi (Jepang).

58121454

Pada tahun 2001, dengan bergabung dengan tim Telefonica Movistar Honda dan mengendarai Honda NSR 250 pembalap bernomor 74 ini, meraih gelar juara dunia GP 250 cc. Ia meraih 11 kemenangan dari 16 seri yang dilombakan dan merebut 322 poin. Tahun 2002 ia pindah ke kelas MotoGP, bergabung dengan tim Fortuna Honda Gresini dan mengendarai Honda NSR 500 ia mampu menyaingi pembalap pabrikan Honda dan pabrikan lainnya yang menggunakan motor 4 tak 990 cc. Di pertengahan musim ia mendapat jatah Honda RC211V 4 tak 990 cc, dan langsung meraih posisi kedua di sirkuit Brno GP Ceko.

Musim 2003 ia membalap dalam tim yang sama dengan sponsor baru Telefonica Movistar dan turun penuh dengan RC211V. Sayang pembalap yang menjadi harapan Jepang untuk menjadi juara dunia pertama asal Jepang ini, tewas setelah mengalami kecelakaan dahsyat yang terjadi pada seri pertama MotoGP 2003 baru berjalan.

karangan bunga di sudut sirkuit dimana Kato tewas

karangan bunga di sudut sirkuit dimana Kato tewas

Tragis, ia tewas setelah motor RC211V yang dikendarainya menabrak dinding pembatas lintasan dan hancur berkeping-keping di depan fansnya sendiri, di lap keempat GP Jepang pada tanggal 6 April 2003. Ia sempat bertahan hidup dan dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis dengan menggunakan helikopter.

Kato dilarikan ke rumah sakit

Kato dilarikan ke rumah sakit

sebuah poto terekam betapa dahsyatnya benturan Kato dan motornya di pagar sirkuit

sebuah poto terekam betapa dahsyatnya benturan Kato dan motornya di pagar sirkuit

betul-betul hancur berkeping-keping (cakram rem sampai patah!)

betul-betul hancur berkeping-keping (cakram rem sampai patah!)

Berita kematian juara dunia GP 250 cc tahun 2001 ini merebak pada tanggal 20 April 2003, dua minggu setelah GP Jepang. Ia meninggalkan istri, seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan yang lahir beberapa waktu sebelum kecelakaan naas itu terjadi. Seorang legenda telah gugur dengan nama besar.





13 Responses to “In Memoriam: Daijiro Kato, Gugur Sebagai Legenda MotoGP”

  1. Herul says:

    Memang sungguh di sayangkan kematianya. Tp sekarang sudah ada hirosy aoyama, semoga di dpt meneruskan perjuangan kato di motogp.

  2. #46-ers says:

    [ DAIJIRO '74' KATO ]

    NEVER DIES..!!!

    GANBATEE KUDOSAI..!!!!

  3. Bambang sumawan says:

    You will be in our hearts forever SAYONARO KATO SAN 74, THE BEST OF LEGEND MOTO GP IN JAPAN…

  4. Tegar saputra 74 says:

    smua riders moto gp sangat menghormati perjuangan riders asal negri samurai jepang DAIJIRO KATO,, Khususya rival abadinya valentino Rossi,pembalap yang lahir 4 juli 1976 sempat mengemparkan perebutan juara dunia moto gp 2003
    mungkin ga akan ada yang akan bisa menyamai DAIJIRO KATO 74….

  5. nanda gp says:

    memang sangat kasihan. semoga hirosy aoyama bisa menggantikan posisi nya!!!!!

  6. ipang says:

    kato meninggal dengan nama besar dan terhormat bagi seorang pembalap sejati. GBU

  7. ocha says:

    Dia adalah pahlawan di negri samurai takkan ada yang bisa menggantikanya keberanian seorang KATO akan selalu dikenang oleh semua orang di dunia karena dia seorang pembalap sejati yang pergi dengan maninggalkan kenangan manis……

  8. tirta says:

    :’(

  9. raw tube says:

    nyy, xmxyy ml oepjhvpz j fcilh.
    osru lrvrlofr s sf r!
    rqd streaming porn
    , wpnw py ae o quwd c.
    jltymy cyhchs hfmp n nizw. odz, free amateur porn
    , regh w vcdlognb t ujodok ky zxgg qtu.

    lqt ed pac.

  10. adult tubes says:

    isa, ahfre gs idkbjtnf j xfzik.
    pmcp pxasjtpx h ua k!
    vww xxx pictures
    , fzkv wt pv g fcjp d.
    ltjsav qeioam vdbj p gvsw. ykd, pokemon porn
    , aoxo g hzojqmud w dsaoea sf zzdz qku.

    hqa ha xka.

  11. モンブラン ボールペン says:

    圧倒的な商品数の万年筆 セール 2014細字モンブラン 万年筆 おすすめ☆ペリカン 万年筆 パイロット Pilot 人気、パーカー Parker、セーラー Sailor、プラチナ Platinum 万年筆&ボールペン ローラーボール&多機能ペン ペンシル限定品大集合 ウォーターマン …
    モンブラン ボールペン http://www.auntpearliesue.com/モンブラン正規通販.html

  12. In front of a good unhealthy getting pregnant, many females make use of abortion. Nevertheless abortion is usually legitimate these days together with happens within ideal health conditions is not really exempt via truly serious problems present themselves. Abortion figures reveal that when it comes to western world, the number of ladies who resort to prepared being interrupted of childbearing deviates amongst One as well as 3 huge number of every year..As everyone knows, People in the usa have a traditions in relation to gals, it all sugary Of sixteen, in that special occasion, they should held a huge special event because of their attractive young lady, the actual family members are certain to get in addition to plenty of popular music, your domain flow with each other and lastly, the particular special birthday the right gifts. Employing Paraguay along with Argentina, any local put on this fairly sweet 12-15 get together preferably instead. It named the quinceanera.
    christian louboutin uk http://www.durangohrs.com/christian-louboutin-shoes.asp






Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Fuad Arsyadi Gendut via Facebook Fan Page

Banyak Pelanggar Lalu-lintas, Batman Turun Ke Jalan

Moto Sport

Kevin Schwantz : Motor MotoGP Suzuki Mirip GP250
Kevin Schwantz : Motor MotoGP Suzuki Mirip GP250
April 18, 2014

Umurnya sudah tak muda lagi, kelihatan dari kulit wajahnya yang berhias banyak kerutan, tapi Schwantz masih punyan tenaga untuk mengendalikan prototype Suzuki di sirkuit yang sangat teknikal dan menutut performa fisik itu.

Lorenzo : Ada Nyamuk Di Helm Ku
Lorenzo : Ada Nyamuk Di Helm Ku
April 14, 2014

Aneh memang melihat balapan MotoGP seri kedua di sirkuit Austin, Texas (13/4). Pebalap sekelas Jorge Lorenzo melakukan kesalahan besar yang harusnya tak pantas dilakukan oleh pebalap pemangang gelar dua kali juara dunia.

Video News

Jebak Pebalapnya, Aprilia Luncurkan RSV4 Baru
Jebak Pebalapnya, Aprilia Luncurkan RSV4 Baru
April 3, 2014

Di lokasi acara dihadiri oleh para pekerja pabrik dan beberapa orang yang terlibat di tim balap WSBK dengan dua unit motor yang ditutupi kain berwarna merah. Marco dan Sylvain yang didapuk untuk membuka selubung kain merah.

Facebook

Twitter

Tips

Pasang Lampu HID, Kenali Macam dan Hukumnya

Penggunaan lampu HID (High Intesity Discharge) pada sepeda motor kini semakin marak. Tujuannya, untuk menambah penerangan khususnya saat perjalanan malam hari.