Tips

TIPS SEHAT BERPUASA

August 21, 2009
TIPS SEHAT BERPUASA

Akhirnya, tanggal 22 Agustus telah ditetapkan oleh Isbat Depag sebagai hari pertama bulan puasa pada tahun 2009. Tentunya momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di dunia, termasuk para bikers yang beragama Islam.

Nah, tantangan bagi para bikers pada bulan puasa tentu bagaimana menjaga kondisi tubuh agar selalu fit . Bagi bro en sis yang tinggal di di kota-kota besar seperti Jakarta, tentu sudah tahu betapa kejamnya cuaca ibukota saat ini, yakni musim kemarau mendera. Apalagi el Nino telah diprediksi akan memperpanjang musim kemarau di Indonesia.

So, menjaga tubuh agar tetap segar dan fit tidak boleh disepelekan. Tentunya, bro en sis sudah pernah suatu waktu berkendara motor di saat bulan puasa, di bawah terik matahari yang panas, lalu terjebak macet, imbasnya ketahanan fisik menurun drastis dan rentan emosional. Belum lagi godaan untuk batal puasa yang menjadi rayuan setan paling menggoda.

Biar tahan banting ketika berpuasa saat berkendara motor tentu harus punya strategi jitu. Berikut tips dan trik yang diharapkan bisa membantu kita semua selama bulan Ramadhan ini,

1. Jangan Kalap Saat Sahur

Siapa bilang makan sahur sampai kenyang sekali bisa membantu menahan lapar saat berpuasa? Apalagi makan membabibuta, hajar hidangan sana-sini. Salah besar itu. Justru saat perut kita terlalu kenyang, tubuh akan lebih cepat mencerna makanan. Alih-alih malah rasa lapar lebih cepat terasa. Makan sahur terlalu kenyang juga dapat menyebabkan aliran darah akan menumpuk pada bagian perut sedangkan aliran darah ke otak menjadi berkurang. Nah, inilah yang bikin kita kadang merasa ngantuk dan lesu/lemas di pagi hari. So, menjaga nafsu tak harus saat berpuasa loh, tetapi juga saat kita bersiap berpuasa.

2. Pilih Menu Sahur

Menu sahur di minggu pertama puasa di rumah pastilah lengkap, mewah, dan lezat. Sahur bak saat terindah, toh kapan lagi makan di pagi buta bersama keluarga di rumah. Tapi bagi yang mungkin indekost, menu sahur pastilah tertuju di rumah makan Padang, warteg, dan kalau kantong tipis, yah beli indomie atau ke warkop. Apapun dan dimanapun kita bersahur, tetap harus tahu pentingnya menu makanan sahur yang baik.

Selama berpuasa, energi utama yang dibutuhkan untuk menghasilkan glukosa (gula) darah adalah protein. Agar tidak cepat lapar dan loyo, serta berat badan tidak berkurang, menu makanan sahur sebaiknya mengandung protein yang cukup tinggi -selain konsumsi kabohodrat dan lemak- seperti daging, ikan, susu, telor, keju (protein hewani) serta buncis, kacang hijau, kedelai dsb (protein nabati). Nah, pintar-pintarlah memilih menu sahur, jangan asal enak dilihat lalu dilahap saja ya. Makan cukup seadanya, namun bisa lebih bermanfaat dan berkah.

3. Minum Manis Saat Sahur

Bagi bro en sis yang demen minum es dingin, usahakan tidak sering dilakukan saat sahur. Kenapa? Ketika sudah bangun, justru rasa haus terasa sekali saat memulai puasa. So, pilih minuman yang manis dari gula pasir seperti teh manis, misalnya (jangan es sirup). Rasa loyo badan berkaitan dengan kadar gula dalam darah, maka minuman sahur hendaknya yang berasa manis, bukan air putih saja. Pakailah gula pasir (tebu), madu atau gula jenis lainnya. Jangan pemanis buatan, karena pemanis ini tidak berkalori.

4. Vitamin

Selama puasa, jumlah kalori yang didapat tubuh, baik melalui makanan maupun minuman tentu berkurang. Karena konsumsi disuplai malam dan saat sahur. Untuk mencukupinya, selain makanan perlu ditambah dengan vitamin. Tapi tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman energi yang mengandung zat perangsang. Disarankan suplemen untuk menambah kebutuhan vitamin dan mineral. Jangan lupa perbanyak juga makan buah, sumber vitamin juga banyak seperti vitamin A dan C. Minuman berenergi juga boleh asal dijaga aturan pemakaiannya.

5. Jangan tunda sholat Subuh

Nah, kebiasaan menunda shalat Subuh tidak bagus juga untuk ibadah puasa. Malah-malah bisa kebablasan dan bangun kesiangan. Selepas Imsak, shalat Subuh jangan ditunda meski kita terasa mulai mengantuk. Hanya dua rakaat kok, bacaannya juga bisa surat-surat pendek. Jika malas ke masjid, di kamar pun bisa. Manfaatnya berjaga sebentar untuk shalat Subuh, agar ketahanan tubuh kita tak akan terlalu kedodoran saat bangun pagi. Tahu kan rasanya, lemas tubuh saat bangun tidur sejenak selepas imsak? Pasti akan terbiasa kok.

5. Relaksasi Otot Saat Bangun Pagi

Setiap bangun pagi, biasakan melakukan relaksasi otot atau stretching. Dengan begitu otot-otot tubuh akan terasa lebih segar dan tidak terlalu lesu.

6. Jangan Loyo, Tetap Semangat

Jalani aktifitas hidup seperti biasa normalnya. Di dalam tubuh terdapat hormon-hormon yang berperan untuk meningkatkan kadar gula darah yang bekerja melawan hormon insulin. Hormon-hormon anti-insulin ini lebih aktif bekerja apabila Anda melakukan aktifitas. Sebaliknya hormon ini akan berkurang apabila Anda menurunkan aktifitas fisik (tidur dan bermalasa-malasan). Hindari tidur dan bermalas-malasan (khususnya setelah makan sahur).

7. Pilih Bahan Pakaian yang Nyaman

Terik matahari bisa bikin lemas lantaran keringat terkuras banyak akibat badan diselimuti pakaian yang tebal. Selama bulan Ramadhan bercuaca panas, bisa memakai jaket yang sedikit lebih tipis dari biasanya. Jangan menggunakan warna hitam karena mudah menyerap dan mengeluarkan panas, termasuk juga pemakaian sarung tangan dari kulit (hitam). Kalau sekadar melindungi sengatan matahari, bisa diganti yang berbahan kain.

8. Nikmat Berbuka Puasa

Nah, saat berbuka puasa adalah saat paling nikmat ketika membatalkan puasa. Jangan ”lapar mata” melihat banyak jajanan menjelang buka puasa atau ”balas dendam” dengan terlalu banyak makan saat berbuka. Imbasnya, perut akan kaget dan mules. Kegiatan atau ibadah lainnya seperti shalat tarawih pun akan terganggu. Ingat, puasa artinya menahan diri dari segala nafsu. Minuman yang bagus untuk berbuka adalah yang manis dan hangat. Hindari berbuka puasa langsung menegak minuman dingin agar tenggorokan tidak teraniaya setelah seharian tidak minum air. Tentu tidak ada yang ingin terkena radang tenggorokan di kemudian hari bukan?

#Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor.










Leave a Reply


Foto Gila Minggu ini

Posted by Angga via Twitter

Karena Lomba Makan Kerupuk Sudah Terlalu Mainstream

Moto Sport

Lorenzo Tantang Rossi, Pedrosa dan Marquez
Lorenzo Tantang Rossi, Pedrosa dan Marquez
August 22, 2014

Tantangan yang dikirim Lorenzo nggak ada hubungannya sama balapan. Nama tantangannya #ALSIceBucketChallange, sebuah tantangan mengguyur tubuh dengan air es.

Nakamoto: Beralih Dari Bridgestone Ke Michelin, Butuh Waktu Dan Biaya Tinggi
Nakamoto: Beralih Dari Bridgestone Ke Michelin, Butuh Waktu Dan Biaya Tinggi

2016 nanti, pabrikan ban asal Prancis, Michelin, akan kembali ke balapan paling bergengsi sejagad setelah mundur dari MotoGP pada 2008.

Video News

Skully AR-1, Helm Canggih Pakai Prossesor
Skully AR-1, Helm Canggih Pakai Prossesor
August 19, 2014

AR–1 benar-benar menghadirkan teknologi cerdas yang menciptakan ekosistem virtual untuk pengendara modern. Helm Skully dilengkapi dengan GPS sebagai pemandu perjalanan dan juga menampilkan kecepatan kedaraan dengan akurat.

Facebook

Twitter

Tips

Ground Strap Dari Kabel Antena, Aliran Listrik Ke Busi Makin Sempurna

Bagi para pecinta balap, tentunya nggak asing dengan kabel busi yang dipakein ground strap. Umumnya, ground strep berbentuk lilitan kawat kabel di luar kabel busi. Fungsinya menangkap frekuensi liar.